311. Peningkatan Hasil Belajar dengan Menerapkan Model PBL pada Muatan Pelajaran PPKN di SD 4 Dersalam

Authors

  • Luluk Muhimatul Ifadhoh
  • Ferina Agustini
  • Supriyanto

Keywords:

hasil belajar, Problem Based Learning, PPKn

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam muatan pelajaran PPKn kelas III di SD 4 Dersalam dengan menerapkan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang merupakan model pembelajan yang berbasis masalah dengan mencakup empat komponen yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas III SD 4 Dersalam semester genap 2022/2023 yang berjumlah 8 perempuan dan 12 laki-laki. Instrumen pengumpulan data dengan menggunakan soal tes, dokumentasi dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian yang etlah dilakukan menunjukkan adanya peningkatan ahsil evaluasi peserta didik pada siklus 1 sebesar 70%, pada siklus 2 menjadi 80%, rata-rata persentase sebesar 60,75% meninkat 9,95%, pada siklus 1 dengan rat-rata persentase sebesar 76,65%, kemudian meningkat 6,25% pada siklus 2 dengan rata-rata persentase sebesar 82,9%.

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Ifadhoh, L. M. ., Agustini, F. ., & Supriyanto. (2023). 311. Peningkatan Hasil Belajar dengan Menerapkan Model PBL pada Muatan Pelajaran PPKN di SD 4 Dersalam. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 2779–2788. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4129

Issue

Section

Prosiding 2023