85. Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Model PBL Berbantuan Media Interaktif Malang 3D Kelas VI SD 1 Samirejo

Authors

  • Naili Hidayati Universitas PGRI Semarang
  • Ervina Eka Subekti Universitas PGRI Semarang
  • Maslam SD Negeri 1 Samirejo

Keywords:

Hasil Belajar, Problem Based Learning, media interaktif MALANG 3D, IPA

Abstract

surya yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA  pada siswa kelas VI SDN 1 Samirejo Tahun pelajaran 2022 / 2023. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN 1 Samirejo yang berjumlah 19 siswa yang terdiri dari 9 siswa laki – laki dan 10 siswa perempuan. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan mulai bulan Maret s.d Juni Tahun Pelajaran 2022 / 2023. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian pada pra siklus 42% dan pada siklus I yaitu 79%, selanjutnya pada siklus II 94%. Dengan rata-rata Dengan rata rata nilai hasil belajar IPA siswa dari prasiklus sebesar 68,42, siklus 1 memperoleh rata-rata sebesar 73,15 , dan pada siklus 2 memperoleh rata-rata sebesar 76,31. Hal ini membuktikan bahwa penelitian ini memiliki peningkatan di setiap siklusnya. Simpulan penelitian ini adalah melalui penerapan Problem Based Learning Berbantuan Media Interaktif Malang 3D dapat meningkatkan hasil belajar  IPA pada siswa kelas VI SDN 1 Samirejo tahun ajaran 2022 / 2023.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Hidayati, N., Subekti, E. E., & Maslam. (2023). 85. Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Model PBL Berbantuan Media Interaktif Malang 3D Kelas VI SD 1 Samirejo. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 765–771. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4024

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)