329. Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model PBL Berbantu Metode Mind Mapping di Kelas VA Negeri Bango 1

Authors

  • Rina Widyaningrum
  • Rina Dwi Setyawati
  • David Indrianto

Keywords:

Hasil belajar, Problem Based Learning, Mind Mapping

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif dengan tujuan meningkatkan hasil belajar IPS melalui model Problem Based Learning berbantu metode Mind Mapping. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VA SD Negeri Bango 1 Demak. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah minat Peserta Didik yang rendah dalam mempelajari IPS mengakibatkan hasil belajar Peserta Didik rendah. Metode yang digunakan adalah Penelitian tindakan kelas menggunakan dua siklus, setiap siklus dua kali pertemuan. Menurut Kemiss & MC Teggart prosedur atau langkah-langkah dalam penelitian PTK terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah RPP dan soal evaluasi. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif ini adalah Hasil belajar kognitif Peserta Didik pada mata pelajaran IPS telah mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Peningkatan ini dapat dilihat dari persentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus I sebesar 45,45% meningkat pada siklus II sebesar 95,45% Berdasarkan nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditetapkan.

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Widyaningrum, R. ., Setyawati, R. D. ., & Indrianto, D. . (2023). 329. Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model PBL Berbantu Metode Mind Mapping di Kelas VA Negeri Bango 1. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 2939–2945. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4237

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)