UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT TINGGI MELALUI PENDEKATAN CRT SISWA KELAS X FKK 2 SMK YAYASAN PHARMASI SEMARANG

Authors

  • Muhammad Fahmi Prayoga Universitas PGRI Semarang
  • Fajar Ari Widiyatmoko Universitas PGRI Semarang
  • Suwarso

Keywords:

Curturally Responsive Teaching (CRT), Hasil Belajar, Lompat Tinggi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar lompat tinggi melalui pendekatan CRT siswa kelas X FKK 2 SMK Yayasan Pharmasi Semarang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X FKK 2 SMK Yayasan Pharmasi Semarang, sebanyak 28 siswa. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data pada penelitian ini adalah observasi serta lembar penilaianlompat tinggi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah secara deskriptif yang didasarkan pada analisis kuantitatif dengan prosentase. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh pada pra-siklus terdapat hasil ketuntasan siswa hanya sebesar 21% atau sebanyak 7 siswa dan siswa yang belum tuntas sebesar 79% atau sebanyak 26 siswa. Hasil penelitian siklus I siswa dengan kategori tuntas dengan jumlah 45% atau sebanyak 15 siswa dan siswa yang belum tuntas sebesar 55% atau sebanyak 18 siswa. Sedangkan untuk siklus II siswa dengan kategori tuntas berjumlah 25 siswa sudah termasuk pada kategori tuntas yaitu sebesar 76 % dan kategori yang belum tuntas sebanyak 8 siswa yaitu sebesar 24%. Maka dari hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa  melalui pendekatan metode culturally responsive teaching (CRT) dapat meningkatkan hasil belajar lompat tinggi siswa kelas X FKK 2 SMK Yayasan Pharmasi Semarang.

References

Ariawan, D. C., & Hartono, M. (2014). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Dan Loncat Melalui Permainan Tali Merdeka. E-Jurnal Physical Education, 1(2), 125–128.

Arikunto, S. (2017). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Depdiknas. (2007). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Depdiknas. Firdaus,

Enjelina, F. R., Damayanti, R., & Dwiyanto, M. (2024). Penggunaan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT)untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD mempengaruhi hasil belajar siswa. Edutama : Jurnal Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas, 1(1), 39–51. https://ejournal.rizaniamedia.com/index.php/edutama

Fahmi Prasetio Nugroho, & Yudha Febrianta. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pembelajaran PJOK di SDN Sidareja 01. JSH: Journal of Sport and Health, 5(1), 29–41. https://doi.org/10.26486/jsh.v5i1.3677

Hamdi, S., Triatna, C., & Nurdin, N. (2022). Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Pedagogik. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 7(1), 10–17. https://doi.org/10.30998/sap.v7i1.13015

Harfia, A. Z., & Kusumawardana, B. (2025). Implementasi Model Pembelajaran Culturally Responsive Teaching pada Mata Pelajaran PJOK Kelas VII SMP. 15(1), 7–11.

Hendra, R., Pratama, Y., & Juwarmini, S. (2024). Upaya Peningkatan Hasil Belajar dengan Penerapan Pendekatan CRT pada Mata Pelajaran IPAS Kelas 4 SDN Kelun. 1616–1625.

M. Akbar Alpiqi, Jujur Gunawan Manullang, W. H. (2024). Survei Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Pembelajaran Pjok Di Sma Negeri Se-Kecamatan. 22(2), 79–94.

Murdiyoko, M. (2022). Peningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olah Raga Dan Kesehatan Materi Lompat Tinggi Gaya Gunting Melalui Model Belajar Demonstrasi Pada Siswa Kelas IX A SMPN 2 Tegalrejo. Science and Education Journal (SICEDU), 1(2), 290–297. https://doi.org/10.31004/sicedu.v1i2.42

Putri, S. A., Heryanto, D., Aisyah, M., & Sutaryo, U. (2024). Penerapan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (Crt) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bilangan Cacah Fase B Sekolah Dasar. 2(10), 874–886.

Rahmawati, D. Z., Januar, H., & Abdullah, K. (2024). Pengaruh Pendekatan CRT terhadap Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Kelas V pada Materi Bunyi dan Sifatnya. 4, 16756–16763.

Shahnaz Surayya, Patonah, S., & Sumiyatun. (2024). Pengaruh pendekatan culturally responsive teaching (CRT) untuk meningkatkan berpikir kritis peserta didik kelas IV SDN Peterongan Semarang. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 7(2), 214–222. https://doi.org/10.22460/collase.v7i2.22504

Downloads

Published

2025-06-11

How to Cite

Fahmi Prayoga, M., Widiyatmoko, F. A., & Suwarso. (2025). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT TINGGI MELALUI PENDEKATAN CRT SISWA KELAS X FKK 2 SMK YAYASAN PHARMASI SEMARANG. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 2503010170. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/6981

Issue

Section

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.