Peningkatan Hasil Belajar dan Self Confidence Siswa Melalui Model PBL Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi Berbantuan LKPD
Keywords:
Problem Based Learning, Pembelajaran Berdiferensiasi, Hasil Belajar, Self ConfidenceAbstract
Dalam menciptakan suasana kelas yang berbasis pada perkembangan sosial emosional peserta didik, perlu diterapkan suatu strategi pembelajaran berdiferensiasi dengan mengombinasikan model Problem Based Learning (PBL). Penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika dan self confidence peserta didik ini menggunakan alur Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan refleksi. Data yang diperoleh berasal dari lembar observasi dan hasil tes evaluasi di setiap akhir siklus pembelajaran menggunakan instrumen tes. Dari data tersebut, dianalisis menggunakan analisis kuantitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada peserta didik kelas XI A2 semester ganjil di SMA Negeri 11 Semarang tahun pelajaran 2023/2024. Adapun hasil penelitian yang dilaksanakan pada 35 peserta didik pada kegiatan Siklus I menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dan self confidence dari pembelajaran yang diterapkan sebelumnya, dengan rata-rata self confidence peserta didik pada pra siklus sebesar 71,97, Siklus I sebesar 75,75 dan Siklus II sebesar 80,25. Sementara untuk hasil belajar peserta didik juga mengalami peningkatan dari pra siklus ke Siklus I kemudian Siklus II. Pada pra siklus persentase yang tuntas KKM sebesar 37% dengan rata-rata hasil belajar 64,86, sedangkan pada Siklus I sebesar 71% dengan rata-rata hasil belajar 80,6 dan Siklus II sebesar 89% dengan rata-rata 86,68. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat dinyatakan bahwa model PBL dengan strategi pembelajaran berdiferensiasi berbantuan LKPD dapat meningkatkan hasil belajar dan self confidence peserta didik kelas XI A2 SMA Negeri 11 Semarang.
References
Aang, Abdulbari., Muhaemin, Himni. (2020). Peningkatan Hasil Belajar matematika Siswa Melalui Model Problem Based Learning., PRISMA Universitas Suryakancana, 9(2): 213-220.
Arends, R. I. (2013). Belajar untuk Mengajar (9th ed). Translated by Made Frida Yulia. 2013. Jakarta: Salemba Humanika.
Asmal, Muthmainnah. (2023). Perbandingan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal on Education, 5(2): 5413-5420.
Azwar, Syarifuddin. (2012). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hanum, L., Istikomah, D. A., dan Jana, P. (2019). Perbandingan Keefektifan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Discovery Learning (DL) Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah. EduMa, 8(1): 67-74.
Harefa, Darmawan., Gee, Efrata., Ndruru, Mastawati., Sarumaha, Murnihati., Ndraha, L. D. M., Ndruru, Kalvintinus., & Telaumbanua, Tatema. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika, JKPM: Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 6 (1): 13-26.
Indryana, I. G. N. A. (2022). Penggunaan Langkah Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA 2 Semester 1 SMA Negeri 8 Denpasar Tahun Pelajaran 2018/2019. Widyadari, 23(1): 48-58.
Isabela., Surur, M. & Puspitasari, Yesi. (2021). Penerapan Model PBL (Problem Based Learning) untuk Meningkatkan Kemampuan Percaya Diri Siswa. Jurnal Pendiidkan Tambusai, 5(2): 2729-2739.
Iskandar, D. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Report Text Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi di Kelas IX. A SMP Negeri 1 Sape Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2): 123-140.
Jaya, A., Waluyo, S. B., & Siswanto, B., (2019). Implmentasi Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Percaya Diri Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Semarang. PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2: 410-415.
Kamal, Syamsir. (2021). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 8 Barabai. Julak: Jurnal Pembelajaran dan Pendidik, 1(1): 89-100.
Kasyadi, Y., Kresnadi, H., dan Sugiyono (2018). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Menggunakan Tipe Jigsaw di Kelas IV. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(8): 1-12.
Khofshoh, Jazilatul. Zuhri, M. S., Purwati, Heni., & Wibawa Adi. (2023). Efektivitas Model DL Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi dan Model PBL terhadap Hasil Belajar. JURNAL MathEdu (Mathematic Educatiob Journal), 6 (2): 1-7.
Khofshoh, Jazilatul., Winarti, E. R., & Drajat, D. Y. (2021). Model PBL dan Strategi Pembelajaran Writing in Performance Tasks dengan Performanse Assessment untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau dari Self-Confidence. PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4: 239-246.
Lestari, Witri. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal ASAP, 2(1): 64-74.
Maslahah., Wijayanti, R. A. R., dan Aini, Nur. Perbandingan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. SIGMA, 7(1): 21-29.
Novtiar, C. & Aripin, U. (2017) Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kepercayaan Diri Siswa SMP Mellaui Pendekatan Open Ended. Jurnal PRISMA Universitas Suryakancana, 6(2): 119-131.
Rompis, F. F.(2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Aritmetika Soal Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 7(1): 219-236.
Sa’adah, Nailis.,Batuleu, M. Y. G., & Arifah, Nur. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI SMA Melalui Model Pembelajaran Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Berdiferensiasi Berbantuan PhET Stimulations, Jurnal Lontar Physics Today, 2(2): 67-78.
Safitri, E., Wawan. Setiawan, A. Darmayanti, R. (2023). Eksperimentasi Model Pembelajaran Problem based Learning Berbantuan Kahoot terhadap Kepercayaan Diri dan Prestasi Belajar. JPTK: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 1(1): 80-90.
Sapto, A. D., Suyitno, H., & Susilo, B. E. (2015). Keefektifan Pembelajaran Strategi REACT dengan Model SSCS Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika dan Percaya Diri Siswa Kelas VIII. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(3): 223-229.
Suwartiningsih, S. (2021). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan di Kelas IXb Semester Genap SMPN 4 Monta Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2): 80-94.
Syarifuddin. & Nurmi. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX Semester Genap SMP Negeri 1 Wera Tahun Pelajaran 2021/2022. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 2(1): 93-102.
Wondo. M. T. S., Meke, K. D. P. (2021). Analisis pengaruh Sikap Percaya Diri Siswa dalam pembelajaran Matematika Menggunakan Model PBL Berbantuan Bahan Manipulatif. JUPIKA: Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Flores, 4(1): 11-21.