254. Upaya Peningkatan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas V SD Mijen 2 Demak
Keywords:
Problem Based Learning, Hasil Belajar, TematikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 5 SD Negeri Mijen 2 Kabupaten Demak dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Menurut Glazer PBL merupakan suatu strategi pengajaran di mana siswa secara aktif dihadapkan pada masalah kompleks dalam situasi yang nyata.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif komparatif yang berupa presentase dari hasil belajar Tema 8 Usaha Pelestarian Lingkungan antara pra siklus dan setelah siklus. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model PBL dapat meningkatkan hasil belajar Tema 8. Sebanyak 15 peserta didik kelas 5 SDN Mijen 2 yang menjadi subjek penelitian. Kriteria ketuntasan kelas minimal 70. Hasil sebelum dilakukan tindakan yaitu pada pra siklus hanya 8 peserta didik atau 53% yang tuntas, pada siklus I meningkat menjadi 10 peserta didik atau 67 % yang tuntas, pada siklus II meningkat lagi menjadi 13 peserta didik atau 87 %. Penelitian ini dikatakan berhasil karena mencapai indikator kriteria ketuntasan klasikal yaitu ≥ 85% dari seluruh peserta didik. Adanya permasalahan tersebut, maka dilakukan upaya memperbaiki pembelajaran agar hasil belajar peserta didik dapat meningkat melalui penelitian tindakan kelas. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan tiga sikus. Hasil penelitian mengalami peningkatan presentase hasil belajar peserta didik yang mencapai KKM pada setiap siklusnya. Guru sebaiknya menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran.