Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Fitri Novitasari Universits PGRI Semarang

Keywords:

Hasil Belajar, Kooperatif,, Penelitian Tindakan Kelas, Teams Games Tournament

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Game Tournament (TGT). Jenis penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif (PTKK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilaksanakan dalam 2 pertemuan. Subjek penelitian ini siswa kelas IX I SMPN 21 Semarang tahun ajaran 2023/2024. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Game Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dan persentase siswa yang mencapai KKM minimal 80%. Pada tahap pra siklus nilai rata-rata hasil belajar adalah 56 dengan persentase ketuntasan siswa sebesar 27,3%. Pada siklus 1, nilai rata-rata hasil belajar  adalah 72 dengan persentase ketuntasan siswa sebesar 57,6%. Pada siklus 2, nilai rata-rata hasil belajar adalah 84 dengan persentase ketuntasan siswa sebesar 81,8%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX I SMPN 21 Semarang.

References

Gusdiana, V., Anggraini, V., & Ramadoni. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournaments) Terhadaphasil Belajar dan Motivasi Belajar Siswa. Journal on Education, 6(1), 64–73.

Indriyati, N., Harun, L., Purwati, H., & Winanti, K. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Kelas XI. Journal on Education, 06(01), 4903–4910.

Maruf, A., Indiati, I., & Harun, L. (2020). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Visual. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 26–32. https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i1.5761

Munawaroh, F., Prasetyaningtyas, F. D., & Arlinda, F. D. (2023). UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI NGALIYAN 03. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP), 1(2), 314–341.

Nugraha, C. P., & Subroto, W. T. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan Media Role Card Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Kediri. JUPE, 8(3), 70–75.

Nurhaliza, A. F., & Sagala, P. N. (2023). Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Di SMP Negeri 14 Binjai. Journal of Student Research (JSR), 1(3), 216–229.

Paramita, N. C., Harlita, Sari, D. P., & Widowati, D. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan Media Puzzle untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa SMA Kelas XI pada Materi Jaringan Tumbuhan. BIOEDUKASI: Jurnal Pendidikan Biologi, 12(2), 162–165.

Parhusip, G. D., Kristanto, Y. D., & Partini, P. (2023). Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT). JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 11(2), 293–306.

Rachmawaty, & Sunarti. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Kartu Soal untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa Pada Materi Hidrokarbon di Kelas X-5 SMAN 4 Banjarmasin. QUANTUM, Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 6(2), 87–95.

Risqullah, F., Pratiwi, Y., Hasanah, U., Manasikana, A., & Karimah, S. (2022). PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA ERA SOCIETY 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika IV (Sandika IV), 435–446.

Setianingsih, D., Afiani, K. D. A., & Mirnawati, L. B. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI PERKALIAN SISWA KELAS III SD MUHAMMADIYAH 8 SURABAYA. ALPEN: Jurnal Pendidikan Dasar , 5(1), 24–37.

Suhartini. (2020). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Realistik pada Siswa Kelas V SDN 144/IX Solok Muaro Jambi. Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Realistik pada Siswa Kelas V SDN 144/IX Solok Muaro Jambi. . PHI:Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 146–159.

Sumandya, I. W., & Saraswandewi, K. G. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Quizwhizzer Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 14(1), 1–6.

Widolaksono, D. A. S., Harun, L., Ariyanto, L., & Supriyanto, A. (2023). Implementation of discovery learning model to improve student learning outcomes. Union: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 11(2), 294–304. https://doi.org/10.30738/union.v11i2.14864

Yunita, A., Juwita, R., & Kartika, S. E. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 23–33.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Novitasari, F. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 1506–1517. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5287

Issue

Section

Prosiding 2023