Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Shooting Sepak Bola Melalui Pendekatan TaRL
Keywords:
Menembak, Sepak Bola, TaRLAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar shooting sepak bola melalui pendekatan TaRL siswa kelas X TO 1 SMK Negeri 7 Semarang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TO 1 SMK Negeri 7 Semarang, sebanyak 36 siswa. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data pada penelitian ini adalah observasi serta lembar penilaian shooting. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah secara deskriptif yang didasarkan pada analisis kuantitatif dengan prosentase. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh pada pra-siklus terdapat hasil ketuntasan dengan jumlah 13 siswa atau sebesar 36% dan siswa yang belum tuntas berjumlah 23 siswa atau sebesar 64%. Hasil penelitian siklus I siswa dengan kategori tuntas dengan jumlah 21 siswa atau sebesar 58% dan kategori belum tuntas berjumlah 15 siswa atau 42%. Sedangkan untuk siklus II siswa dengan kategori tuntas berjumlah 30 siswa atau 83% dan kategori belum tuntas berjumlah 6 siswa atau 17%. Maka dari hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa melalui pendekatan metode TaRL dapat meningkatkan hasil belajar shooting sepak bola siswa kelas X TO 1 SMK Negeri 7 Semarang.
References
Ahmad, A.-G. K. (2022). E-Learning: An Implication of Covid-19 Pandemic for the Teaching and Learning of Arabic and Islamic Studies in Ogun State’s Tertiary Institutions. International Journal of Social Learning (IJSL), 2(2), 217–234. https://doi.org/10.47134/ijsl.v2i2.115.
Arikunto, S. (2017). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Depdiknas. (2007). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Depdiknas. Firdaus,
Darmadi. (2017). Pengembangan Model Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.
Fahmi Prasetio Nugroho, & Yudha Febrianta. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pembelajaran PJOK di SDN Sidareja 01. JSH: Journal of Sport and Health, 5(1), 29–41. https://doi.org/10.26486/jsh.v5i1.3677
Faradila, A., Priantari, I., & Qamariyah, F. (2023). Teaching at The Right Level sebagai Wujud Pemikiran Ki Hadjar Dewantara di Era Paradigma Baru Pendidikan. Jurnal Pendidikan Non Formal, 1(1), 10. https://doi.org/10.47134/jpn.v1i1.101
Hamdi, S., Triatna, C., & Nurdin, N. (2022). Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Pedagogik. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 7(1), 10–17. https://doi.org/10.30998/sap.v7i1.13015
Jusran et al. (2022). Bahan Ajar Sepakbola (Issue Mkb 7056).
Laelani, E., Putri, Y. E., & Yuliadi, I. (2024). Evaluasi Pendekatan TaRL Modifikasi CaDik dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa (Studi Kasus di SD Negeri 1 Sumbawa. Seminar Nasional Manajemen Inovasi, 7(2), 248–257.
M. Akbar Alpiqi, Jujur Gunawan Manullang, W. H. (2024). Survei Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Pembelajaran Pjok Di Sma Negeri Se-Kecamatan. 22(2), 79–94.
Nadhiroh, S, and I Anshori. 2023. “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Fitrah: Journal of Islamic Education 4(1): 1–13. http://jurnal.staisumatera- medan.ac.id/fitrah.https://doi.org/10.53802/fitrah.v4i1.292.
Pambagyo, D., Pratama, D. S., & Penulis, K. (2024). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DENGAN PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL ( TARL ) DALAM PROSES PEMBELAJARAN PJOK DI SMK NEGERI 3. 9(2), 257–269.
Pin Harjanti, A. P. (2021). Mengoptimalkan Pembelajaran Dengan Pendekatan TaRL Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar di SD Negeri Condongcatur Sleman Optimizing. Jurnal Pengabdian Sosial Dan Kemanusiaan, 48(2), 39–62. www.ine.es
Qohhar, W., & Pazriansyah, D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teaching Games For Understanding (TGFU) terhadap Peningkatan Hasil Belajar Teknik Dasar Sepakbola. Physical Activity Journal, 1(1), 27. https://doi.org/10.20884/1.paju.2019.1.1.1998.
Syah, D. F., Suryaningsih, L., & Ridwan, M. (2024). OPTIMALISASI HASIL BELAJAR GERAK DASAR SHOOTING SEPAK BOLA MELALUI PENDEKATAN TARL. 2, 1–7.
Yunuz Hamzah dan Heldy. (2018). Perencanaan Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013. Yogyakarta : Deepublish.