PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA
Keywords:
Hasil Belajar Matematika, Problem Based Learning, Teaching at The Right LevelAbstract
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas XI pada materi bunga majemuk melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang menggunakan 2 siklus. Setiap siklus pada peneliatan ini terdiri dari kegiatan plan, do see. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian pada penelitian ini adalah terjadi peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan Teaching at The Right Level mulai dari prasiklus, siklus 1 dan siklus 2. Peningkatan ini dapat dilihat dari persentase ketuntasan setiap siklusnya. Persentase ketuntasan yang diperoleh pada prasiklus 25%, siklus 1 64%, dan siklus 2 89%. Dengan demikian Penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran PBL dengan pendekatan TaRL dapat menjadi alternatif efektif untuk hasil belajar matematika peserta didik.
References
Ahsani, F. A., & Utami, R. E. (2024). Pengaruh Kesiapan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel (SPLTV). 7(1), 68–75.
Fitriani, S. N. (2022). Analisis Peningkatan Kemampuan Literasi Siswa Dengan Metode ADABTA Melalui Pendekatan TARL. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 69–78. https://doi.org/10.37216/badaa.v4i1.580
Ginanjar, E. G., & Darmawan, B. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Partisipasi Belajar Peserta Didik Smk. In Journal of Mechanical Engineering Education (Vol. 6, Issue 2).
Jauhari, T., Rosyidi, A. H., & Sunarlijah, A. (2023). PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN TaRL UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK. 9(1), 59–74. https://doi.org/10.18592/ptk.v%vi%i.9290
Juliana, M. (2022). 88 Copyright (c) 2022 FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika (Vol. 5, Issue 1).
Listyaningsih, E., Nugraheni, N., & Yuliasih, I. B. (2023). Peningkatan Hasil Belajar (Erna Listyaningsih dkk.) | 620 Madani. Jurnal Ilmiah Multidisipline, 1(6). https://doi.org/10.5281/zenodo.8139269
Made Ika Priyanti, N., & YPPK Yoanes XXIII Merauke, S. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA YOUTUBE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR. In Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR (Vol. 4, Issue 1).
Novitasari, F., Harun, L., Utami, R. E., & Susilawati, P. (2023). UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI TURUNAN FUNGSI ALJABAR. Eksponen, 13(2), 77–89. https://doi.org/10.47637/eksponen.v13i2.806
Rohmah, O. T., Julia, J., & Syahid, A. A. (2023). Partisipasi Peserta Didik SD Dalam Proses Pembelajaran Berbasis Teknologi Pada Blended Learning. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 208. https://doi.org/10.35931/am.v7i1.1818
Sari, E., Pd1, M., Rahma, K., Pohan, D., Pd, S., Pendidikan, I., & Selatan, T. (2023). Pengaruh Kesiapan Belajar Dan Pengulangan Materi Pelajaran Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X Ips Sma Negeri 1 Batang Angkola (Vol. 4).
Sukmawati, R. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS II SDN WONOREJO 01. 2(2).