Penerapan Gerakan Tiktok Velocity Sebagai Brain Break Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Xi Dpib 2 Pada Pembelajaran PJOK Di Jam Terakhir

Authors

  • Mufti Ahmad Mufti Fuadi PPG UPGRIS
  • Maftukin Huda Universitas PGRI Semarang
  • Siti Musarokah Universitas PGRI Semarang
  • Erria Soedjadianto SMK Negri 5 Semarang

Keywords:

TikTok Velositi, Brain Break, Motivasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui penerapan gerakan TikTok Velocity sebagai brain break dalam pembelajaran PJOK. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart yang terdiri atas dua siklus, masing-masing meliputi tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI DPIB 2 SMK Negeri 5 Semarang. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, angket, dokumentasi, dan jurnal harian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, motivasi belajar siswa meningkat dari kategori rendah (rata-rata skor 60) menjadi sedang (rata-rata skor 72). Pada siklus II, dengan penambahan variasi gerakan dan durasi brain break, motivasi belajar siswa meningkat lebih signifikan ke kategori tinggi (rata-rata skor 85). Selain itu, keterlibatan dan antusiasme siswa dalam pembelajaran juga meningkat secara nyata. Temuan ini memperkuat bahwa penggunaan media sosial populer seperti TikTok yang dikemas secara edukatif dan menyenangkan dapat menjadi strategi inovatif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PJOK, khususnya di jam terakhir. Oleh karena itu, gerakan TikTok Velocity sebagai brain break dapat dijadikan alternatif solusi untuk membangun suasana belajar yang lebih aktif dan termotivasi.

References

Alfarabi, A., & Kuntjoro, S. (2024). Pengaruh waktu pelaksanaan pembelajaran terhadap minat belajar siswa pada pelajaran PJOK. Jurnal Pendidikan Olahraga, 12(1), 20–29. → Jurnal cetak

Alfarabi, M. R., & Kuntjoro, B. F. T. (2024). Pengaruh jam pelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan terhadap minat belajar siswa SMAN 1 Sidayu Gresik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 13588–13594. → Jurnal cetak

Ali, M. (2023). Pengaruh ice breaking terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PJOK. Jurnal Pendidikan Jasmani, 10(1), 55–63. → Jurnal cetak

Ali, M. I. (2023). Upaya meningkatkan motivasi belajar siswa melalui ice breaking dalam pembelajaran PJOK. Global Journal Sport Science, 3(2). → Jurnal cetak

Andini, R., & Suryadi, H. (2020). Pengembangan instrumen evaluasi motivasi belajar siswa sekolah menengah. Jurnal Ilmu Pendidikan, 26(2), 140–149. → Jurnal cetak

Cahyono, A., et al. (2021). Penerapan model PTK Kemmis & McTaggart dalam peningkatan kualitas pembelajaran. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 6(2), 88–95. → Jurnal cetak

Cahyono, B., et al. (2021). Metode Penelitian Tindakan Kelas: Model Kemmis dan McTaggart. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. → Buku

Fai, A. A. M., Wahjoedi, & Gunarto, P. (2023). Pengembangan media pembelajaran berbasis TikTok pada pembelajaran PJOK materi narkoba pada peserta didik kelas X MAN Karangasem. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha, 10(3). → Jurnal cetak

Fai, M. R., et al. (2023). Pemanfaatan TikTok sebagai media pembelajaran PJOK untuk meningkatkan minat belajar siswa. Jurnal PJOK Inovatif, 8(3), 45–53. → Jurnal cetak

Jusri, J. (2023). Pengaruh jadwal pelajaran PJOK dan kompetensi guru terhadap kecerdasan emosional dan minat peserta didik SMA Se-Kota Baubau. (Unpublished thesis). Universitas Negeri Yogyakarta. → Tesis

Jusri, M. (2023). Pengaruh waktu pelajaran PJOK terhadap kecerdasan emosional dan motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan, 15(2), 88–97. → Jurnal cetak

Kemmis, S., & McTaggart, R. (dalam Cahyono et al., 2021). Model penelitian tindakan kelas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. → Buku

Pramono, D., & Wibowo, S. (2023). Pengaruh kondisi lingkungan terhadap motivasi belajar siswa di Kota Semarang. Jurnal Pendidikan Olahraga, 11(1), 23–32. → Jurnal cetak

Pratama, R., & Hidayat, D. (2023). Media sosial sebagai sarana pembelajaran PJOK di era digital. Jurnal Media Pendidikan, 11(2), 91–102. → Jurnal cetak

Pratama, R. A., & Hidayat, R. (2023). Efektivitas brain break berbasis TikTok terhadap motivasi belajar siswa SMA. Jurnal Pendidikan Jasmani, 5(2), 40–50. → Jurnal cetak

Rahmawati, D., & Sutarto, E. (2022). Brain break TikTok: Upaya meningkatkan fokus dan motivasi siswa dalam pembelajaran PJOK. Jurnal Olahraga, 14(1), 65–72. → Jurnal cetak

Rahmawati, E., & Santosa, A. (2018). Penilaian afektif dalam pembelajaran PJOK. Jurnal Pendidikan Fisik, 13(1), 20–28. → Jurnal cetak

Saputro, H. A., & Suharno. (2020). Efektivitas model Kemmis & McTaggart dalam PTK. Jurnal Penelitian Pendidikan, 7(3), 112–119. → Jurnal cetak

Sardiman, A. M. (2016). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Rajawali Pers. → Buku

Syafitri, D., et al. (2021). TikTok sebagai media alternatif dalam pembelajaran PJOK di masa pandemi. Jurnal Olahraga dan Kesehatan, 9(1), 71–80. → Jurnal cetak

Syafitri, L., Arsil, & Hariandi, A. (2021). Implementasi pembelajaran daring dalam muatan PJOK melalui penggunaan aplikasi TikTok sebagai media pembelajaran di kelas II sekolah dasar. Repository Universitas Jambi. → Repository/tesis

Uno, H. B. (2015). Teori motivasi dan pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara. → Buku

Utami, D. S., et al. (2021). Analisis data kuantitatif dan kualitatif dalam penelitian tindakan kelas. Jurnal Riset Pendidikan, 10(4), 310–319. → Jurnal cetak

Wijaya, A. (2017). Strategi pembelajaran inovatif dalam PJOK. Bandung: Alfabeta. → Buku

Yuliana, L., & Rahman, T. (2021). Penyusunan instrumen motivasi belajar menggunakan model Likert dalam pembelajaran daring. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 12(1), 32–45. → Jurnal cetak

Downloads

Published

2025-07-04

How to Cite

Ahmad Mufti Fuadi, M., Maftukin Huda, Siti Musarokah, & Erria Soedjadianto. (2025). Penerapan Gerakan Tiktok Velocity Sebagai Brain Break Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Xi Dpib 2 Pada Pembelajaran PJOK Di Jam Terakhir. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 2503010155. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7033

Issue

Section

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Similar Articles

<< < 85 86 87 88 89 90 91 92 93 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.