PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN AKTIVITAS PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA
Keywords:
Kemampuan representasi, Aktivitas Belajar, PjBLAbstract
Penelitian tindakan kelas ini dilakukan guna meningkatkan kemampuan representasi matematis dan aktivitas peserta didik kelas XI-2 di SMA N 10 Semarang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi dan tes pada prasiklus yang menunjukkan rendahnya kemampuan representasi matematis dengan presentase 68% belum tuntas secara klasikal dan 32% tuntas secara klasikal berada pada kategori tidak baik. Subjek penelitian adalah 34 peserta didik kelas XI-2 SMA N 10 Semarang. Model penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Prosedur penelitian meliputi empat tahap yaitu perencanan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan representasi matematis pada prasiklus memperoleh 32% pada kategori kurang baik, siklus 1 sebesar 76% kategori baik, siklus 2 sebesar 91% kategori sangat baik. Berdasarkan hasil observasi aktivitas peserta didik, presentase aktivitas belajar pada prasiklus sebesar 79% pada kategori cukup baik, siklus 1 sebesar 83% pada kategori baik, dan siklus 2 sebesar 90% pada kategori sangat baik. Hasil penelitian ini menunjukkan terjadi peningkatan kemampuan representasi matematis dan aktivitas peserta didik melalui model pembelajaran project based learning berbantuan geogebra.
References
Aulia Ilma, Z., & Turmudi, T. (2021). Optimalisasi Kemampuan Representasi Matematis Siswa Melalui Project-Based Learning Berbantuan Software Geogebra. Judika (Jurnal Pendidikan Unsika), 9(2), 163–180. https://doi.org/10.35706/judika.v9i2.5496
Fitri, N., Munzir, S., & Duskri, M. (2017). Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis melalui Penerapan Model Problem Based Learning. Jurnal Didaktik Matematika, 4(1), 59–67. https://doi.org/10.24815/jdm.v4i1.6902
Handoko, B. T. (2022). Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Pembelajaran Flipped-Project-Based Learning. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1). https://doi.org/10.24176/anargya.v5i1.7593
Hanifah, N., Koeswanti, H. D., & Sadono, T. (2021). Penerapan Model Project Based Learning guna Meningkatkan Keterampilan Representasi Matematis Peserta Didik Kelas IV. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(1), 54–59. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i1.147
Huinker, B. D. 2015. Representational Competence: A Renewed Focus for Classroom Practice in Mathematics. Wisconsin Teacher of Mathematics, 4–8.
Kahar, L., & Ili, L. (2022). Implementasi project based learning untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa. Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa, 2(2), 127–134. https://doi.org/10.30998/ocim.v2i2.8129
Kamilah, S. R., Budilestari, P., & Gunawan, I. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Berbantuan GeoGebra untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMK. Intermathzo: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 4(2), 70–77. http://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/intermathzo/article/view/298/278
Laila tunnahar, T. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Project Based Learning Guna Meningkatkan Hasil Belajar IPA di Masa Pandemi Covid 19 pada Siswa Kelas VII.1 di SMP Negeri Binaan Khusus Kota Dumai Triani. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1084–1094.
Lindquist, M. M., & Gates, J. D. (2020). National Council of Teachers of Mathematics. Teaching Children Mathematics.
OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. In OECD Report. Permendikbud. (2014). Permendikbud 79 Tahun 2014. Permendikbud 79
Pramana, B. W. A., Susanto, Suwito, A., Lestari, N. D. S., & Murtikusuma, R. P. (2022). Pengembangan E-Modul Berbantuan Geogebra pada Materi Transformasi Geometri SMA. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1–14. https://doi.org/10.30656/gauss.v5i2.5694
Putri, A. N., Ode, W., Nasri, L. A., & Renata, D. (2022). Discovery learning untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa. Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa, 2(1), 33–38. https://doi.org/10.30998/ocim.v2i1.6770
Restu, N. K., Ruqoyyah, S., & Samsudin, A. (2020). Kemampuan Representasi Matematis Bilangan Pecahan pada Siswa SD Kelas III dengan Menggunakan Model Project Based Learning. Journal of Elementary Education, 3(3), 73–81.
Sari, S. P., Manzilatusifa, U., & Handoko, S. (2019). Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, 5(2), 119–131. http://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/jp2ea/article/view/329
Sudjana. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar (p. 118). Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Syafri, F. S. (2017). Kemampuan Representasi Matematis Dan Kemampuan Pembuktian Matematika. Jurnal Edumath, 3(1), 49–55. http://ejournal.stkipmpringsewu-lpg.ac.id/index.php/edumath
Widana, W., & Diartiani, P. A. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Etnomatematika untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, X, 88–98.
Widari, R. P., Harun, L., Istianah, N., & Semarang, K. (2023). Kata Kunci : Kemampuan representasi matematis; Discovery Learning; GeoGebra; Siswa SMK 110. Integral : Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 5(2), 110–121.