Meningkatkan Kemampuan Self Control Melalui Bimbingan Klasikal dengan Teknik Problem Based Learning pada Siswa Kelas X-1 SMA N 11 Semarang
Keywords:
Bimbingan Klasikal, Problem Based Learning, Self ControlAbstract
Masa remaja merupakan masa transisi dimana individu sedang mengalami masa peralihan dari masa kanak-kanak menuju masa dewasa. bimbingan dan arahan pada masa ini sangat diperlukan untuk bisa memberikan wawasan dan pemahaman tentang dirinya dan lingkungan serta pengalaman dalam menentukan arah kehidupan untuk mencapai tahap yang optimal sesuai dengan fase perkembangannya. tugas perkembangan pada masa remaja yaitu memperkuat self-control (kemampuan dalam mengendalikan diri) atas dasar skala nilai, prinsip-prinsip atau falsafah hidup. ) self control itu sendiri merupakan kemampuan untuk Menyusun, membimbing, mnegatur dan mengarahkan bentuk perilaku yang dapat membawa ke arah positif serta merupakan salah satu potensi yang dapat dikembangkan remaja dalam kehidupan atau lingkungan sekitarnya. dengan kenyataan dilapangan berdasarkan hasil analisis assessment yang telah dilakukan di SMA N 11 Semarang berkaitan dengan self control peserta didik masih rendah. Hal ini dapat dilihat dengan masih banyaknya siswa yang memilih item, masih sering menunda tugas sebanyak 68%, sering malas dan mengantuk ketika belajar, 67%, belum mampu untuk memahami dan mengenal diri sendiri 65%. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindak kelas (PTK), dilaksanakan di SMA N 11 Smearang, dengan metode pengumpulan data menggunakan skala psikologis, dan teknik analisis menggunakan uji paired sampel T test. Hasilnya menyatakan bahwa taraf signifikansinya yaitu 0.003 dan 0.004 kurang dari 0,05 dengan ini maka dapat disimpulkan adanya pengaruh layanan bimbingan klasikal untuk meningkatkan keterampilan self control peserta didik kelas X-1 di SMA N 11 Semarang
References
Marsela, R. D., & Supriatna, M. (2019). Konsep diri: Definisi dan faktor. Journal of Innovative Counseling: Theory, Practice, and Research, 3(02), 65-69.
Yusuf, S., & Nurihsan, A. J. (2019). Landasan bimbingan dan konseling.
Suri, S. I. (2022). Hubungan Self Control Dengan Kenakalan Remaja Di Smk Pembina Bangsa Kota Bukittinggi. 'AFIYAH, 9(1).
Pradina, T., Zakari, S., & Imorou, I. T. (2017). Hubungan antara pengendalian diri (self control) dengan kematangan emosi siswa kelas XI di SMK Pelayaran Hangtuah Kediri Tahun ajaran 2016/2017. Artikel Skripsi Universitas Nusantara PGRI Kediri, 12(01.01), 0029
Arikunto, S. (2010). Metode peneltian. Jakarta: Rineka Cipta, 173.