183. Peningkatan Pemahaman Konsep Menggunakan Model Problem Based Learning Tema Perkembangan Teknologi pada Siswa Kelas III SD 1 Dersalam Kudus

Authors

  • Amira Henny Mahmudah
  • Agnita Siska Prmasdyahsari
  • Bayu Iskandar

Keywords:

Pemahaman Konsep, Picture and Picture

Abstract

Pemahaman konsep merupakan suatu kemampuan memahami materi yang digunakan untuk menggambarkan gagasan yang ada dalam pikiran dan memberikan contoh dan penjelasan secara lebih luas. Kemampuan pemahaman konsep dapat meningkat melalui penerapan model pembelajaran picture and picture. Picture & picture adalah suatu model belajar menggunakan gambar dan dipasangkan atau diurutkan menjadi urutan logis yang bertujuan agar siswa lebih mudah menerima materi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa model picture and picture dapat meningkatkan kemampuan konsep siswa siswa di SD 1 Dersalam Kudus dalam memahami Tema 7 Perkembangan teknologi subtema 2 Perkembangan Teknologi Produksi Sandang subtema 3 Perkembangan Teknologi Komunikasi. Peningkatan pemahaman konsep secara klasikal dari siklus I ke siklus II. Pemahaman konsep siklus I muatan Bahasa Indonesia memperoleh persentase sebesar 75% muatan PPKn memperoleh presentase sebesar 71%, siklus II muatan IPS memperoleh nilai sebesar 91% muatan PPKn memperoleh presentase sebesar 86%.

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Mahmudah, A. H. ., Prmasdyahsari, A. S. ., & Iskandar, B. . . (2023). 183. Peningkatan Pemahaman Konsep Menggunakan Model Problem Based Learning Tema Perkembangan Teknologi pada Siswa Kelas III SD 1 Dersalam Kudus. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 1645–1650. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4262

Issue

Section

Prosiding 2023