Implementasi Metode Teaching at the Right Level (TaRL) dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan

Authors

  • Ardian Yoga Pangestu Universitas PGRI Semarang
  • Intan Indiati Universitas PGRI Semarang
  • Dani Slamet Pratama Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Kata kunci: Teaching at the Right Level, prestasi belajar, Pendidikan Jasmani, SMK, Teaching at the Right Level, prestasi belajar, pendidikan jasmani, SMK

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas melalui penerapan metode Teaching at the Right Level (TaRL) dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PJOK di SMK Negeri 3 Semarang. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar akibat heterogenitas kemampuan siswa yang tidak terakomodasi dalam pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) selama empat siklus, dengan partisipasi 32 siswa kelas X. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan refleksi pada tiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada nilai rata-rata kelas dari 68,25 (pra-siklus) menjadi 83,94 (siklus IV), serta persentase ketuntasan belajar dari 34,38% menjadi 90,63%. Implementasi TaRL yang mengedepankan diferensiasi instruksional dan kolaborasi antar siswa, termasuk sistem tutor sebaya dan pendekatan integratif teori-praktik, terbukti efektif meningkatkan partisipasi aktif, pemahaman konseptual, serta keterampilan sosial siswa. Temuan ini menegaskan bahwa metode TaRL mampu menciptakan pembelajaran yang inklusif dan adaptif, serta berdampak positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa secara berkelanjutan.

References

Azzahra, L., & Darmiyanti, A. (2024). Peran psikologi pendidikan dalam proses pembelajaran di kelas untuk peserta didik yang beragam. Jurnal Psikologi, 1(4), 23.

Bertills, K., Granlund, M., & Augustine, L. (2019). Inclusive teaching skills and student engagement in physical education. Frontiers in Education, 4, 74.

Bintari, U. R. (2022). Peran Guru sebagai Fasilitator dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VIII di SMPN 1 Balaraja. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Cahyani, K. N., & Siagian, I. (2024). Optimalkan Proses Pembelajaran dalam Penerapan Prinsip-Prinsip Pengembangan Belajar dalam Dunia Pendidikan. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(6), 5433–5444.

Duflo, E., Dupas, P., & Kremer, M. (2011). Peer effects, teacher incentives, and the impact of tracking: Evidence from a randomized evaluation in Kenya. American Economic Review, 101(5), 1739–1774.

Dweck, C. S. (2006). Mindset: The new psychology of success. Random house.

Gouvea, M., Cyrino, E. S., Ribeiro, A. S., Da Silva, D. R. P., Ohara, D., Valente-Dos-Santos, J., Coelho-e-Silva, M. J., & Ronque, E. (2016). Influence of skeletal maturity on size, function and sport-specific technical skills in youth soccer players. International Journal of Sports Medicine, 37(06), 464–469.

Helaskoski, L. (2022). “It’s boring because I know a lot.” Gifted Students’ Experiences of Differentiation in Finnish Elementary Schools. University of Helsinki.

Karina, M., Judijanto, L., Rukmini, A., Fauzi, M. S., & Arsyad, M. (2024). Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Prestasi Akademik: Tinjauan Literatur Pada Pembelajaran Kolaboratif. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(5), 6334–6343.

Kasi, R. (2023). Pembelajaran Aktif: Mendorong Partisipasi Siswa.

Kristin, F., & Rahayu, D. (2016). Pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas 4 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(1), 84–92.

Kusnadi, A. (2024). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Berbasis Informations and Communication Technologies: Increasing Teacher Pedagogical Competence Based on Information and Communication Technologies. Thawalib: Jurnal Kependidikan Islam, 5(1), 209–226.

Maulia, S. (2023). Peran komunikasi efektif guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa sekolah dasar (SD). Elementa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1).

Nisa, C. N., Maulana, A. A., & Agyl, A. A. (2024). Pembelajaran diferensiasi dalam PJOK: Literatur review. SEMINAR NASIONAL LPPM UMMAT, 3, 684–693.

Penney, A. (2013). Louisa Neville, c. 1793-1841: Mrs. Thomas Chandler Haliburton. Journal of the Royal Nova Scotia Historical Society, 16, 105.

Penney, D., Jeanes, R., O’Connor, J., & Alfrey, L. (2018). Re-theorising inclusion and reframing inclusive practice in physical education. International Journal of Inclusive Education, 22(10), 1062–1077.

Qomarrullah, R., & Sokoy, F. (2024). Legal Perspective in the Curriculum of Physical Education, Sports, and Health in Indonesia. ACTIVE: Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 13(2).

Ryder, M. (2024). Perceptions of Middle School Teachers: Expectations of Students’ Academic Potential Based on Their Mathematics Ability. Centenary University.

Siswanto, D. H., Tarso, T., & Pisriwati, S. A. (2025). Tantangan implementasikan pendekatan TaRL untuk meningkatkan kemampuan matematis siswa. Academicus: Journal of Teaching and Learning, 4(1), 45–51.

Suyato, S., Setyawan, H., Sukarti, S. E. E., Shidiq, A. A. P., Darmawan, A., HB, G., Zulbahri, Z., Eken, Ö., Pavlovic, R., & Latino, F. (2024). The integration of social values in physical education and sport to develop teenage students’ character: a systematic review. Retos, 58, 960–968.

Taylor, D. L., Jackson, A. U., Narisu, N., Hemani, G., Erdos, M. R., Chines, P. S., Swift, A., Idol, J., Didion, J. P., & Welch, R. P. (2019). Integrative analysis of gene expression, DNA methylation, physiological traits, and genetic variation in human skeletal muscle. Proceedings of the National Academy of Sciences, 116(22), 10883–10888.

Tomlinson, C. A. (2017). Differentiated instruction. In Fundamentals of gifted education (pp. 279–292). Routledge.

Umam, I. M., Nursodiq, N., & Yudasmara, D. S. (2025). PENINGKATAN HASIL PEMBELAJARAN LAY UP SHOOT MELALUI TUTOR SEBAYA DI KELAS VII C SMPN 13 MALANG. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 5(4), 1.

Vanslambrouck, S., Zhu, C., Lombaerts, K., Philipsen, B., & Tondeur, J. (2018). Students’ motivation and subjective task value of participating in online and blended learning environments. The Internet and Higher Education, 36, 33–40.

Vygotsky, L. S. (1978). 4-Vygotsky.

Wahyu, Y. (2017). Pembelajaran berbasis etnosains di sekolah dasar. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 1(2), 140–147.

Wulandari, W., Asyari, H., Suryandari, K. C., & Hidayah, N. (2024). Implementasi Pendekataan Teaching at The Right Level (TaRL) Untuk Meningkatkan Hasil Pelajaran Matematika Peserta Didik Kelas II. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 7(3).

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Yoga Pangestu, A., Indiati, I., & Slamet Pratama, D. (2024). Implementasi Metode Teaching at the Right Level (TaRL) dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 2503020318. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7034

Issue

Section

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

<< < 88 89 90 91 92 93 94 95 96 97 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.