Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Model Problem Based Learning Berbantu Media Powerpoint Di Kelas V Sd Supriyadi Semarang
Keywords:
hasil belajar, problem based learning, media powerpointAbstract
Berdasarkan hasil refleksi peneliti, sebagai guru kelas V SD Supriyadi Semarang, peneliti menemukan beberapa permasalahan pembelajaran, terutama pada proses pembelajaran ipa. Pada Pelajaran ipa peserta didik cenderung kesulitan dalam memahami materi dengan baik, hal tersebut terungkap saat peneliti melakukan pre-test tanya jawab terkait konsep ini, hasil penelitian pada tindakan di pra siklus yang memiliki ketuntasan dengan nilai rata-rata 57 mengalami peningkatan pada tindakan siklus I. Pada siklus I ketuntasan mencapai nilai rata-rata 64. Penelitian berakhir pada siklus II mencapai ketuntasan nilai rata-rata 85. Pembelajaran diarahkan pada konsep pembelajaran tatap muka. Yang mana mengingat latar belakang peserta didik di SD Supriyadi Semarang masih cukup kesulitan dalam proses pembelajaran, maka untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam pembelajaran ipa, dirumuskan sebuah solusi yaitu menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantu media powerpoint . Pendekatan yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan tahapan yaitu 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, 4) refleksi. Penelitian ini direncanakan berlangsung selama 3 siklus, tiap siklus 1 pertemuan dengan materi menganalisis bunyi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa, model pembelajaran problem based learning berbantu media powerpoint dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi bunyi. Melalui pembelajaran dengan model problem based learning, peserta didik dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan aktif dalam materi pembelajaran. Melalui model pembelajaran problem based learning berbantu media powerpoint pembelajaran tampak lebih menarik bagi peserta didik serta akan memudahkan pengajar dalam menyampaikan isi materi.
References
Mayasari, A.,Arifudin, O.,& Juliawati E (2022). Implementasi Model Problem Based (PBL) dalam Meningkatkan Keefektifan Pembelajaran Jurnal Tahsinta, 3(2), 167-175.
Hermanto, I. Made, Indrawati Tahir, and Muhammad Yunus. "Penerapan model guided context-and problem-based learning untuk meningkatkan pemahaman konsep pada materi gelombang bunyi." JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar 11.1 (2023): 151-162.
Ismail, Susi. "Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Bunyi." Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 8.3 (2022): 276-287.
Mustofa, M. R., Arif, S., Sholihah, A. K., Aristiawan, A., & Rukmana, A. W. (2021). Efektivitas model pembelajaran problem based learning berbasis STEM terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(3), 375-384.
Metalin, A. M. I. P. A., Puspita, I., Puspitaningsih, F., & Diana, K. Y. (2020). Keefektifan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. TANGGAP: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Dasar, 1(1), 49-
Alatas, Fathiah. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik pada Materi Gelombang Bunyi. BS thesis. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Hasmar, Fahmi Asyrof, Siswoyo Siswoyo, and Cecep E. Rustana. "Pengembangan video pembelajaran gelombang bunyi menggunakan model problem based learning (PBL)." Prosiding Seminar Nasional Fisika (e-JournaL). Vol. 9. 2020.
Hasmar, Fahmi Asyrof, Siswoyo Siswoyo, and Cecep E. Rustana. "Pengembangan video pembelajaran gelombang bunyi menggunakan model problem based learning (PBL)." Prosiding Seminar Nasional Fisika (e-JournaL). Vol. 9. 2020