Peningkatan Hasil Belajar IPAS melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantu Media Nyata Siswa Kelas IVb Sd Negeri Bendungan

Authors

  • Laras Widia Ningrum
  • Fenny Roshayanti
  • Lolok Eko Wati

Keywords:

Hasil Belajar, IPAS, Problem Based Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas IV melalui model pembelajaran problem Based Learning berbantu dengan media nyata di SD Negeri Bendungan.  Model dalam penelitian ini berupa penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan melalui dua siklus dengan model Kemmis dan Taggart. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menyelesaikan soal IPAS peserta didik melalui Problem Based Learning (PBL) dengan berbantu media nyata mengalami peningkatan. Melalui model pembelajaran berbasis masalah kemampuan peserta didik meningkat dalam menyelesaikan soal IPAS dengan indikator memahami soal, membuat perencanaan, melaksanakan rencana, serta membuat kesimpulan. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan rata-rata persentase skor indikator dalam kemampuan menyelesaikan soal IPAS  sebesar 56% pada siklus I menjadi 84% pada siklus II.

References

Anita Sri W. (2007. Strategi Pembelajaran di SD, Jakarta:Universitas Terbuka.

Arikunto. (2006). Metode Dokumentasi, Jakarta:Bina Aksara.

Bahri, Syaiful djamarah (2000).Kegunaan metode demonstrasi dalam pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Elizar.(1996). Metode Demonstrasi dalam Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Dimyati dan Mujiono. (2000). Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta

Hamalik, Oemar. (1990). Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara

Mujiono.(2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Nasution Noehi. (2007). Pendidikan IPA di SD, Jakarta: Universitas Terbuka.

Nawawi.(1981). Hasil Belajar Siswa. Bandung: Pustaka Martina.

Purwanto.(1985). Metode Observasi. Jakarta: Angkasa Jaya.

Sukardi.(1983). Pedoman Penilaian. Jakarta: Rineka Cipta.

Sutarno Nono dkk.(2007). Metode dan Pembelajaran IPA SD, Jakarta: Universitas Terbuka.

Usman, Basyirudin. (2002). Metode Demonstrasi dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Wardani I.H.A.K.(2007). Penelitian Tindakna Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Ningrum, L. W. ., Roshayanti, F. ., & Wati, L. E. . (2023). Peningkatan Hasil Belajar IPAS melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantu Media Nyata Siswa Kelas IVb Sd Negeri Bendungan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 2044–2051. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5347

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)