Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Berbantu Media Konkret Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Peserta Didik Kelas Ii Sdn Peterongan

Authors

  • Agus Tri Atmojo Universitas PGRI Semarang

Keywords:

matematika, PBL, media konkret, kemampuan berhitung

Abstract

Matematika merupakan ilmu yang sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Pada mata pelajaran matematika peserta didik akan belajar berhitung, sehingga mereka memiliki kemampuan berhitung yang baik. Kemampuan berhitung peserta didik fase A, khususnya kelas 2 A masih tergolong rendah. Peneliti ingin melakukan perbaikan pembelajaran dengan mencoba melakukan Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif (PTKK) dengan mengajak guru pamong, guru kelas, dan DPL. PTK Kolaboratif ini bertujuan agar mahasiswa dapat berkolaborasi untuk bisa menemukan solusi dari permasalahan yang dihadapi. Sehingga ditemukan suatu solusi yaitu dengan penerapan model PBL berbantu media konkret untuk meningkatkan kemampuan berhitung peserta didik kelas II. Berdasarkan hasil belajar melalui penerapan model Problem Based Learnig (PBL) berbantu media konkret pada mata pelajaran matematika di kelas II SDN Peterongan mengalami peningkatan dapat dilihat dari hasil siklus I yang mencapai ketuntasan sebesar 53% kemudian mengalami peningkatan pada siklus II yaitu sebesar 84%. Dapat diketahui juga penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantu media konkret pada peserta didik Kelas II SDN Peterongan Semarang juga meningkatkan kemampuan berhitung peserta didik. Dari data yang diperoleh disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantu media konkret dapat meningkatkan kemampuan berhitung peserta didik. Berdasarkan data mengalami peningkatan dengan perolehan ketuntasan dari siklus I sebesar 53%, siklus II sebesar 84%.

References

Arikunto. 2015. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Hasan, M., Milawati, M., Darodjat, D., Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M, & Indra, I. (2021). Media Pembelajaran. http://eprints.unm.ac.id/20720/1/Media%20Pembelajaran%202.pdf

Hopkins, David. (2011). Panduan Guru Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarhta: Pustaka Pelajar.

Keputusan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dalam BSKAP No. 033 Tahun 2022 tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah

Kurino, Y. (2018). Problem Solving Dapat Meningkatkan hasil belajar siswa pada materi operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat di kelas V sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(1). https://unma.ac.id/jurnal/index.php/CP/article/download/706/718

Masitah, M. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Strategi Problem Based Learning Siswa Kelas 1 Sdn 3 Sakra Selatan Kecamatan Sakra Semester Ii Tahun Pelajaran 2020/2021. Paedagogy: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Psikologi, 1(2), 210-217. https://www.jurnalp4i.com/index.php/paedagogy/article/download/888/893

Rahmi, H., Saputra, J., Desriati, W., & Fatmawati, F. (2020). Peningkatan Kemampuan Berhitung Siswa Kelas II Dengan Menggunakan Sempoa Aritmatika Di Sekolah Dasar. Madani: Indonesian Journal of Civil Society, 2(2), 50-56. https://ejournal.pnc.ac.id/index.php/madani/article/download/148/131

Reafani, S. L., Fatmawati, F., & Irdamurni, I. (2018). Media Puzzel Kartu Angka Meningkatkan Kemampuan Operasi Pengurangan bagi Anak Diskalkulia. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 2(1), 13-18. https://jpkk.ppj.unp.ac.id/index.php/jpkk/article/download/93/6

Rohani, R. (2020). Media pembelajaran. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. http://repository.uinsu.ac.id/17641/1/Diktat%20Media%20Pembelajaran%20Nai k%20Pangkat.pdf

Rukinah, R. (2023). Peningkatan Kemampuan Berhitung Penjumlahan Dan Pengurangan Melalui Strategi Problem Based Learning:(Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas 2 SDN Kasomalang VIII Kecamatan Kasomalang Tahun 2022/2023). JPG: Jurnal Penelitian Guru FKIP Universitas Subang, 6(1), 88-96. http://www.ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/download/1625/1316

Romlah, M., Kurniah, N. & W. (2016). Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Kegiatan Bermain Sempoa. 1(2), 72–77.

Sani, Ridwan Abdullah. 2014. Pembelajaran saintifik untuk kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Sary, R.M., & Ristiana. (2019). Pembelajaran Keliling Dan Luas Bangun Datar Menggunakan Metode Matematika Gasing. JHM(Journal of Honai Math), 2 (2), 143-150.

Tampubolon, Manahan P. (2014). Manajemen oprasi dan rantai pemasok. Jakarta: Mitra Wacana Media

Toruan, N. L. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Metode Demonstrasi dan Media Potongan Lidi. Jurnal Global. http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JGE/article/download/595/5

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Atmojo, A. T. . (2023). Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Berbantu Media Konkret Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Peserta Didik Kelas Ii Sdn Peterongan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 1902–1910. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5333

Issue

Section

Prosiding 2023