Pengaruh PjBL Berdiferensiasi pada Materi Pemasaran Buah Melon terhadap Kemandirian Siswa

Authors

  • titis risni Universitas PGRI Semarang
  • Atip Nurwahyunani
  • Rivanna Citraning Rachmawati
  • Taat Sutarso

Keywords:

Kemandirian Belajar, Model PjBL, Berdiferensiasi

Abstract

Kemandirian merupakan komponen penting untuk membentuk karakter siswa sebagai pembelajar sepanjang hayat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model PjBL dengan materi berdiferensiasi terhadap kemandirian siswa. Penelitian dilaksanakan di SMKN H. Moenadi kelas XI ATPH 4 dengan jumlah siswa sebanyak 22 orang. Penelitian dilaksanankan sebanyak 2 siklus dan setiap siklus mencakup kegiatan utama yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data penelitian ini terdiri dari data hasil observasi oleh guru dan oleh siswa itu sendiri. Data yang sudah diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukan kenaikan kemandirian dari siklus 1 ke siklus 2, dimana pada siklus 1 rata-rata nilai kemandirian siswa 69,6 dan pada siklus 2 mendapat rata-rata nilai 75,6. Hal ini menunjukan bahwa PjBL dengan materi berdiferensiasi berhasil meningkatkan kemandirian siswa.

References

Asnil, A. (2023). Upaya Meningkatkan Kreativitas dengan Menggunakan Pendekatan Project Based Learning pada Pokok Bahasan Klasifikasi Produk pada Siswa SMK KELAS XI Pemasaran SMKN 5 Muaro Jambi. Jurnal Ilmiah Dikdaya. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v13i2.526

Aghra Tia, J. N., & Wangid, M. N. (2024). Impact of Project Based Learning (PjBL) on Enhancing Student Self-Confidence. Al-Ishlah, 16(3). doi: 10.35445/alishlah.v16i3.5425

Aisah, D. N., Munandar, K., Wadiono, G., & Jannah, S. R. (2023). Increasing Students’ Creative Thinking Through Differentiated Learning with an CRT-Integrated PjBL Model. doi: 10.21580/bioeduca.v5i2.17299

Alfiana L., Dewanti R.P. (2024). Manajemen Pemasaran Melon (Cucumis melo L.) di PT Indigen Karya Unggul Yogyakarta. Journal of Cooperative, Small and Medium Enterprise Development, 3(2), 36-49. DOI : https://doi.org/10.20961/cosmed.v2i2.94095

Anggraini D. N., Nurwahunani A., Rahayu P. (2025). Meningkatkan Kreativitas Dan Minat Belajar Siswa Materi Perubahan Lingkungan Dengan Menggunakan Model Project Based Learning. Jurnal Pendidikan Biologi (Biogenerasi), 10(2), 766-775

Ariyanto, A. Sutama, Markhamah. (2022). Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk Penguatan Karakter Kemandirian. Jurnal Ilmiah Mitra Swara Ganesha, 9(2), 101-116

Cahyani, F. N., Muhlis, M., & Kusuma, A. S. (2024). Project-Based Learning (PjBL) Learning Model on Motivation and Biology Learning Outcomes. Jurnal Pijar Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 19(6), 938–945. doi: 10.29303/jpm.v19i6.7712

Fadilah, S., Yuberti, Y., & Hidayah, N. (2023). PjBL Learning Model Assisted by YouTube: The Effect on Student’s Critical Thinking Skills and Self-Confidence in Physics Learning. Online Learning In Educational Research (OLER). doi: 10.58524/oler.v3i1.198

Harahap, N. A., Simamora, V., Ginting, D. A. Br., Sidebang, L. K., & Umar, A. T. (2024). Penerapan Model PjBL ditinjau dari Kurikulum Merdeka dalam Mengembangkan Kreativitas Belajar Ekonomi SMAN 12 Medan. Jurnal Nakula, 2(4), 160–170. doi: 10.61132/nakula.v2i4.945

Hardiansyah AY, Sudjoni MN, Apriliawan H. (2024). Strategi Pemasaran Buah Melon Davina. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian dan Agribisnis (SEAGRI), 12(6), 1-18

Hatuwe OSR, Syobah N, Idris H. (2023). Implementation of Project Base-Learning in Improving Critical Thinking Skills in Early Childhood. Jurnal Ilmu-ilmu Kependidikan (ITQAN), 14(1), 53-66

Kasiyanti, Hayati KN, Aisyah S. (2022). Efektivitas Model Project Based Learning Terhadap Kemandirian dan Disiplin Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri : 8(2)

Lema Y, Nurwahyunani A, Hayat MS, Rachmawati S. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Dengan Model PJBL Materi Bioteknologi Untuk Mengembangkan Ketrampilan Kreativitas Dan Inovasi Siswa SMP. Journal Of Social Science Research (INNOVATIVE), 3(2), 7229-7243

Mansyur, A., Bahar, A. A., & Dasari, D. (2024). The effectiveness of implementing the steam appr oach based on project-based learning (pjbl) on middle school students’ self-confidence and creativity. Mapan, 12(2), 354–365. doi: 10.24252/mapan.2024v12n2a9

Minasti NA, Wahyuningsih S, Ni’mah LU, Prabowo R. (2024). Analisis Efisiensi Pemasaran Melon (Cucumis melo L.) Sistem Hidroponik di CV. Tirta Fertindo Pratama Kota Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pembangunan dan Pendidikan Vokasi Pertanian Politeknik Pembangunan Pertanian Manokwari. Hal : 360 - 373. DOI : https://doi.org/10.47687/snppvp.v5i1.1119

Mona N, Rachmawati RC, Anshori M. (2023). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi dan Kreativitas Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Guru Profesional, 1(2), Hal 150-167

Muamar, M. R., & Suhari, Y. (2022). Pengaruh Dukungan Sosial Guru dalam Memoderasi Hubungan Motivasi dan Passion Belajar Siswa Terhadap Student Engagement Mata Pelajaran Pjok di SMA Negeri 1 Randudongkal Kabupaten Pemalang. Gelanggang Olahraga, 5(2), 215–224. doi: 10.31539/jpjo.v5i2.3921

Namaskara, WC, Arbarini M, Loreta AF. (2023). Project Based Learning untuk Menstimulasi Kemandirian Anak di Kelompok Bermain. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini (Obsesi) : 7(5) : 5155-5170. DOI: 10.31004/obsesi.v7i5.5257

Nurhamidah, S., Nurachadijat, K. (2023). Project Based Learning dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Inovasi, Evaluasi, dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 3(2), 42-50

Prihatin, R., Sukmawati, F., Cahyono, B. T., Santosa, E. B., Juwita, R., & Suparmi, S. (2024). The Effect of PJBL and IBL on the Learning Independence of Vocational School Students. Tafkir, 5(4), 598–611. doi: 10.31538/tijie.v5i4.1171

Rydze, O. (2023). Development of Learning Independence: Cooperation Between a Teacher and a Schoolchild. Начальное Образование, 11(1), 8–12. doi:10.12737/1998-0728-2023-11-1-8-12

Sa’adah, H., & Wahyuni, S. (2024). A critical review: students outcomes of project based learning (pjbl ). Prominent, 7(2), 1–15. doi: 10.24176/pro.v7i2.11784

Safitri, R., Alnedral, A., Gusril, G., Wahyuri, A. S., & Ockta, Y. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning dan Problem Based Learning dengan Self Confidence Terhadap Hasil Belajar Atletik Lari Jarak Pendek. doi: 10.31539/jpjo.v7i1.7292

Sanam, S., Ramdani, S. D., & Susanto, T. (2024). Preparing students of smkn 7 kota serang for 21st century work environment through pjbl. Jurnal PTK & Pendidikan, 9(2), 145–152. doi: 10.18592/ptk.v9i2.11554

Setiadi A, Utami DP, Wicaksono IA. (2022). Efisiensi Pemasaran Melon (Cucumis melo L) di Desa Wonosari Kecamatan Ngombol Kabupaten Purworejo. Jurnal Surya Agritama, 11(1), 42-60

Suryani A.A., Haryan E.H.W., Nurwahyunani A., Murniati E. (2023). Pengaruh PjBL pada Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Keberhasilan Belajar Ditinjau dari Aspek Produk secara Holistik. Jurnal Pendidikan Biologi (Bioed), 11(2), 168-174

Zubaidi A., Sa’diyah A. (2012). Analisis Efisiensi Usaha Tani dan Pemasaran Buah Melon di Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi. Buana Sains : 12(2) : 19-26

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

risni, titis, Nurwahyunani, A., Citraning Rachmawati, R., & Sutarso, T. (2024). Pengaruh PjBL Berdiferensiasi pada Materi Pemasaran Buah Melon terhadap Kemandirian Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 2503020376. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7042

Issue

Section

Agri Bisnis dan Tanaman

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 80 81 82 83 84 85 86 87 88 89 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.