Peningkatan Literasi Berbasis Digital dalam Pembelajaran Puisi Kelas X SMK Menggunakan QR Kode
Keywords:
digital, literasi, puisi, QR Kode, X SMKAbstract
Penguasaan keterampilan literasi pada kelas X SMK dalam pembelajaran pada prasiklus atau pendahuluan masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil keterampilan literasi dari hasil belajar yang mengutamakan penguasaan keterampilan digital peserta didik kelas X SMK Negeri 2 Semarang dalam pembelajaran berdiferensiasi berbantu media QR Kode. Penelitian yang dilakukan menggumakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan dua siklus dan setiap siklus teridiri dari dua pertemuan. Pada pelaksanaan setiap siklus dilaksanakan dengan alur perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui media QR Kode mampu meningkatkan penguasaan keterampilan peserta didik dalam literasi digital. Hasil peningkatan yang diperoleh menunjukkan melalui rata-rata nilai mengalami peningkatan dalam setiap pelaksanaan siklus. Hasil rata-rata nilai peserta didik mengalami peningkatan bertururut-turut pada prasiklus sebesar 70, pada siklus 1 sebesar 81,5, dan pada siklus 2 sebesar 90. Selain itu, perilaku peserta didik selama mengikuti kegiatan pembelajaran berdiferensiasi mengalami perubahan yang lebih baik seperti berpikir kritis dan kreatif pada pembelajaran materi puisi.
References
Alpin, Yayan, dkk. 2019. Pentingnya Pendidikan Bagi Manusia. Jurnal Buana Pengabdian. Vol. 1, No. 1, hal. 66—72.
Amin, Nur Fadilah, Sabaruddin Garancang, dan Kamaluddin Abunawas. 2023. Konsep Umum Populasi dan Sampel dalam Penelitian. Jurnal Pilar: Jurnal Kajian Islam Kontemporer. Vol. 14, No 01, hal.15—31.
Amri, C. O., Jaelani, A. K., & Hadi Saputra, H. (2021). Peningkatan Literasi Digital Peserta Didik: Studi Pembelajaran Menggunakan E-Learning. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 546–551. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.291.
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Azizah, Aida. 2015. Pembelajaran Menulis Puisi dengan Memanfaatkan Teknik Brainwriting Pada Peserta Didik SD/MI Kelas V. Jurnal Ilmiah “PENDIDIKAN DASAR”. Vol II, No. 2, hal. 136—140.
Azizah, Anisatul. 2021. Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru dalam Pembelajaran. Jurnal Auladuna. Vol. 3, No. 1, hal. 15—22.
Fitriani, Yani, dan Ikhsan Abdul Aziz. 2019. Literasi Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding SENASBASA. hal. 100—104.
Irawan, Joseph Dedy dan Emmalia Adriantantri. 2018. Pemanfaatan QR-Code Sebagai Media Promosi Toko. Jurnal MNEMONIC. Vol. 1, No. 2, hal. 56—61.
Kristanti, Yulita Dyah, Subiki, dan Rif’ati Dina Handayani. 2016. Model Pembelajaran Berbasi Proyek (Project Based Learning Model) Pada Pembelajaran Fisika Disma. Jurnal Pembelajaran Fisika. Vol. 5, No. 2, hal. 122—128.
Kuncoro, K. S., Sukiyanto, S., Irfan, M., Amalia, A. F., Pusporini, W., Wijayanti, A., & Widodo, S. A. (2022). Peningkatan Literasi Digital Guru Guna Mengatasi Permasalahan Pembelajaran di Era Pandemi Covid-19. Abdi Wiralodra : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 17–34. https://doi.org/10.31943/abdi.v4i1.50.
Lestari, Aprilia Dwi, dkk. 2023. Pengembangan Media Pembelajaran Flashcard Berbasis AKM Pada Materi Perbandingan Menggunakan Scan QR. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik. Vol. 4, No. 2, hal. 311—317.
Marni, Silvia. 2016. Analisis Makna Intensi Pada Puisi-Puisi Penyair Pemula Analisis Puisi Karya Siswa SMAN Agam Cendekia. Jurnal Gramatika STKIP PGRI Sumatera Barat. Vol. 2, No. 1, hal. 25—32.
Murniarti, Eni. 2016. Penerapan Metode Project Based Learning dalam Pembelajaran. http://ap.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2016/03/28-Erni-Murniarti.pdf. (diakses 18 Mei 2024).
Husna, Nurul, Mariyam, dan Nadea Mudi. 2016. Implementasi Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia. Vol. 1, No. 1, hal. 39—43.
Prathivi, Rastri. 2018. Analisa Sistem QR Code Untuk Identifikasi Buku Perpustakaan. Jurnal Pengembangan Rekayasa dan Teknologi. Vol. 02, No. 02, hal. 37—40.
Sari, Meita Sekar, dan Muhammad Zefri. 2019. Pengaruh Akuntabilitas, Pengetahuan, dan Pengalaman Pegawai Negeri Sipil Beserta Kelompok Masyarakat (Pokmas) Terhadap Kualitas Pengelola Dana Kelurahan di Lingkungan Kecamatan Langkapura. Jurnal Ekonomi. Vol. 21, No. 03, hal. 308—316.
Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa (Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan secara Linguistis. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Turnip, R. S. (2023). Peningkatan Literasi Digital di Kalangan Pelajar: Pengenalan dan Praktik Penggunaan Teknologi Pendidikan. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2302–2310.
Widayati, Ani. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. Vol. VI, No.1, hal. 87—93.
Yusuf, Muhammad, dan Lukman Daris. 2018. Analisis Data Penelitian Teori & Aplikasi dalam Bidang Perikanan. Bogor: PT Penerbit IPB Press.