267. Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika Materi Volume Bangun Ruang Kelas V SDN Sitirejo Tahun 2022/2023
Keywords:
Kualitas Pembelajaran, matematika, model PBLAbstract
Abstrak penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan kualitas pembelajaran matematika materi volume bangun ruang melalui model Problem Based Learning (PBL) di kelas V SDN Sitirejo Kabupaten Pati tahun 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini peserta didik kelas V SDN Sitirejo yang berjumlah 23 orang. Penelitian ini dilaksanakan tiga siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Instrumen tes berupa tes tertulis berbentuk pilihan ganda. Instrumen non tes berupa lembar observasi keterampilan guru dan aktivitas peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) keterampilan guru siklus I mendapatkan skor 38 dengan kriteria baik, siklus II mendapatkan skor 42 dengan kriteria sangat baik, siklus III mendapatkan skor 46 dengan kriteria sangat baik; 2) aktivitas peserta didik siklus I mendapatkan skor 33,60 dengan kriteria baik, siklus II mendapatkan skor 34,43 dengan kriteria baik, siklus III mendapatkan skor 35,74 dengan kriteria baik; 3) hasil belajar kognitif siklus I mendapat rata-rata kelas 7,2 ketuntasan klasikal 65,21%, siklus II mendapat rata-rata kelas 8,1 ketuntasan klasikal 82,60%, dan siklus III mendapat rata-rata kelas 8,8 ketuntasan klasikal 91,30%.