267. Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika Materi Volume Bangun Ruang Kelas V SDN Sitirejo Tahun 2022/2023

Authors

  • Ridha Dwi Lestari Universitas PGRI Semarang
  • Joko Sulianto Universitas PGRI Semarang
  • Suwarsih SDN Sitirejo

Keywords:

Kualitas Pembelajaran, matematika, model PBL

Abstract

Abstrak penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan kualitas pembelajaran  matematika materi volume bangun ruang melalui model Problem Based Learning (PBL) di kelas V SDN Sitirejo Kabupaten Pati tahun 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini peserta didik kelas V SDN Sitirejo yang berjumlah 23 orang. Penelitian ini dilaksanakan tiga siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Instrumen tes berupa tes tertulis berbentuk pilihan ganda. Instrumen non tes berupa lembar observasi keterampilan guru dan aktivitas peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) keterampilan guru siklus I mendapatkan skor 38 dengan kriteria baik, siklus II mendapatkan skor 42 dengan kriteria sangat baik, siklus III mendapatkan skor 46 dengan kriteria sangat baik; 2) aktivitas peserta didik siklus I mendapatkan skor 33,60 dengan kriteria baik, siklus II mendapatkan skor 34,43 dengan kriteria baik, siklus III mendapatkan skor 35,74  dengan kriteria  baik; 3) hasil belajar kognitif siklus I mendapat rata-rata kelas 7,2 ketuntasan klasikal 65,21%, siklus II mendapat rata-rata kelas 8,1 ketuntasan klasikal 82,60%, dan siklus III mendapat rata-rata kelas 8,8 ketuntasan klasikal 91,30%.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Lestari, R. D., Sulianto, J., & Suwarsih. (2023). 267. Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika Materi Volume Bangun Ruang Kelas V SDN Sitirejo Tahun 2022/2023. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 2354–2362. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4381

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)