BIMBINGAN KLASIKAL TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP SISWA KELAS X SMA
Keywords:
Interpersonal communication, role playing, classicalAbstract
Komunikasi interpersonal pada hakikatnya merupakan salah satu bentuk komunikasi personal. Komunikasi interpersonal merupakan komunikasi antar orang yang bertatap muka, sehingga memungkinkan peserta didik untuk menangkap reaksi orang lain secara langsung. Dinamika kelas yang baik dalam bimbingan klasikal meliputi adanya interaksi yang aktif antara peserta didik dengan guru Bimbingan Konseling. Permasalahan komunikasi interpersonal dapat diatasi dengan bimbingan klasikal, peserta didik belajar berbicara dan berani mengemukakan pendapat dari teman sekelasnya. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Bimbingan & Konseling sebagai pendekatan utamanya. Desain penelitian mengadopsi langkah-langkah yang diambil dari model penelitian Tindakan Kelas yang dikembangkan oleh Kemmis dan McTaggart. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan antara sebelum dan sesudah diberikan teknik bermain peran dalam proses layanan bimbingan. Secara klasikal. Dapat disimpulkan bahwa bimbingan klasikal teknik bermain peran dapat meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal siswa SMA. Berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan dalam penelitian diketahui bahwa komunikasi interpersonal siswa SMP ke atas mengalami peningkatan setelah diberikan bimbingan klasikal teknik bermain peran. Hasil uji yang dilakukan menunjukkan hipotesis menunjukkan adanya peningkatan pada kedua siklus yang dilaksanakan sehingga Bimbingan Belajar Klasikal dengan Teknik Bermain Peran dapat meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal siswa Sekolah Menengah Atas.
References
Munawwarah Ridwan, M., Muhammad Aminullah, A., Jamaluddin, N., Elihami, E., & Perpustakaan, P. (2020). Analisis Penerapan Komunikasi Interpersonal Dalam Melayani Pemustaka Di Perpustakaan UIN Alauddin Makassar. Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(1), 95–106.
Ni’mah, M., Hardjajani, T., & Karyanta, N. A. (2010). Hubungan Antara Komunikasi Interpersonal Dan Interaksi Teman Sebaya Dengan Penyesuaian Sosial Pada Remaja Di SMP Negeri 1 Sukoharjo. Jurnal Wacana Psikologi, 000, 85–105.
Novita, K. (2019). Strategi membangun keterampilan komunikasi dan kepercayaan diri dalam pembelajaran public speaking melalui metode presentasi dan role playing miss universe asean (studi kasus materi interaksi keruangan dalam kehidupan di negara-negara asean kelas viii smp. Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa, 9(2), 21–28. http://jurnal.makmalpendidikan.net/index.php/JPD/article/view/172/131
Nursalim, Mochamad. (2013). Strategi dan Intervensi Konseling. Jakarta Barat: Akademia Permata.
Yulita, Amelia. (2021). UPAYA MENINGKATKAN SIKAP TANGGUNG JAWAB BELAJAR MELALUI KONSELING KELOMPOK PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 SUBAH . Jakarta Barat: Akademia Permata.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.
Supardi. (2019). Dasar Metodologi Penelitian. Semarang: UPGRIS PRESS.
Sidik, Z., & Sobandi, A. (2018). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Kemampuan Komunikasi Interpersonal Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(2), 50. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i2.11764