eningkatan Sikap Sopan Santun melalui Model PBL Berbantu Media Ular Tangga Kelas II

Authors

  • Intan Nurdiana Universits PGRI Semarang
  • Farida Mursyahidah Universits PGRI Semarang
  • Suherni Universits PGRI Semarang

Keywords:

Sopan santun, Model Problem Based Learning, Media ular tangga

Abstract

Penelitian ini di latar belakango oleh kurangnya sikap sopan santun pada siswa kelas II B SDN Sendangmulyo 02 Semarang. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan sikap sopan santun pada kelas 2B SDN Sendangmulyo 02 Semarang dengan jumlah populasi 28 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data ini adalah teknik non test, antara lain observasi, angket, dokumentasi. Hasil dari penelitian ini bahwa rata-rata sikap sopan santun siswa kelas II B pada siklus I memperoleh presentasi sebesar 73% dengan kategori baik, artinya termasuk dalam kategori baik. Pada siklus II mendapatkan presentase sebesar 80% sehingga masuk pada kategori sangat baik karena adanya peningkatan pada siklus II sebesar 7%. Rata-rata keseluruhan persentase dalam keaktifan belajar sudah mencapai 75% lebih, sehingga peneliti menetapkan bahwa penelitian ini sudah mencapai keberhasilan. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning berbantu media ular yang dapat meningkatkan sikap sopan santun peserta didik kelas II B SDN Sendangmulyo 02.

References

Astutik, Ida Sri. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran “Kalingga” Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Perkalian dan Pembagian. http://idealmathedu.p4tkmatemati ka.org/articles/IME-V5.9-35- Astutik.pdf . Artikel. Diakses 18 April 2023

Malik, Irfan. 2021. Sopan Santun : Nilai Sopan Santun, Indikator Nilai Kesopanan, Cara Menanamkan Nilai Kesopanan, Faktor-faktor Mempengaruhi. https://www.pengetahuanku13.net/ 2021/11/sopan-santun-nilai-sopan- santun.html. Artikel. Diakses 17 September 2023.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 22 tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Markhamah. 2009. Analisis Kesalahan dan Kesantunan Berbahasa. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Bagus, Lorens. 2000. Kamus Filsafat. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Rosita, Siska. 2015. Penanaman Self Regulation melalui KegiataBasic Spiritual Quotient pada Siswa Kelas XI di SMAN 1 Mejayan Caruban. Ponorogo: STAIN Ponorogo.

Krisnaningsih, Gunarti. 2021. Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matemati sPada Materi Eksponen Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Kelas X SMA Negeri 2 Semarang. Vol. 17 No. 2.

Muhamimin Azzet, Akhmad. (2014). Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia: Revitalisasi Pendidikan Karakter terhadap Keberhasilan Belajar dan Kemajuan Bangsa. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Wibowo, Agus. (2013). Pendidikan Karakter Di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Oetomo, Hasan. 2012. Pedoman Dasar Pendidikan Budi Pekerti. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Tyasdi, Nur Rakhmad. 2023. Penelitian Tindakan Kelas Penerapan Model Project Based Learning Berdasarkan Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Gotong Royong Siswa Kelas 4 Sdn Jomblang 01 Semarang. Universitas Negeri Semarang

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Intan Nurdiana, Farida Mursyahidah, & Suherni. (2023). eningkatan Sikap Sopan Santun melalui Model PBL Berbantu Media Ular Tangga Kelas II. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 2270–2277. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5379

Issue

Section

Prosiding 2023