Upaya Peningkatan Teknik Lari Estafet Melalui Metode Drill Pada Siswa Kelas XI 8 Sma Negeri 2 Semarang

Authors

  • Irfan Toni Saputro Universitas PGRI Semarang
  • Intan Indiati UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
  • Osa Maliki Universitas PGRI Semarang
  • Tomi Rully Winarto

Keywords:

Relay Race, Drill Method, Physical Education Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar gerak dasar lari estafet siswa kelas XI-8 SMA Negeri 2 Semarang tahun ajaran 2024/2025 melalui metode drill. Menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Kemmis dan McTaggart dalam dua siklus, penelitian melibatkan observasi, dokumentasi, dan tes praktik. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dari siklus I ke siklus II, dengan peningkatan kategori baik dari 14% menjadi 58,33% dan sangat baik menjadi 41,67%. Metode drill terbukti efektif meningkatkan keterampilan estafet secara bertahap. Peneliti menyarankan penerapan metode ini pada materi gerak lainnya dan di jenjang kelas berbeda untuk uji efektivitas lebih lanjut.

Author Biography

Intan Indiati, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

Pendidikan Jasmani Kesehatann dan Rekreasi, Universitas PGRI Semarang

References

Ananda, R., Putri, L. S., & Wijaya, M. (2024). Efektivitas pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) dalam meningkatkan keterampilan motorik siswa sekolah menengah. Jurnal Pendidikan Jasmani, 12(1), 35-45.

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2010). A taxonomy for learning, teaching, and assessing: A revision of Bloom’s taxonomy of educational objectives. Longman.

Albi, A., & Johan, S. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Rineka Cipta.

Daryanto. 2011. Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. : PT.Gramedia2012Action Research. Brighton, Sussex: Falmer Press.

Depdiknas. (2008). Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan SMP dan SMA. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

Dini Rosdiani. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta. Jakarta

Fahrurrozi, & Dkk. (2022).Implementasi Metode DrillSebagai Peningkatan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan, 4326

Islamin, M., Rahman, S., & Fauzi, A. (2022). Pembelajaran PJOK berbasis online selama pandemi: Tantangan dan solusi. Jurnal Pendidikan Olahraga, 10(2), 10-20.

Nugroho, T. (2021). Tantangan pembelajaran olahraga di sekolah menengah: Studi kasus senam lantai. Jurnal Olahraga dan Kesehatan, 9(3), 30-38.

Pangestu, D., & Pratama, H. (2025). Penerapan strategi pembelajaran Teaching at the Right Level (TaRL) untuk meningkatkan hasil belajar PJOK pada siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 8(1), 50-60.

Rahayu, S. (2018). Latihan dasar dalam pembelajaran gerakan senam lantai untuk pemula. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 7(1), 65-70.

Rahman, F. (2022). Pendekatan bertahap dan terarah dalam pembelajaran pendidikan jasmani. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 14(2), 12-18.

Roestiyah, N.K. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Sari, L., & Hartono, P. (2023). Pengaruh pembelajaran diferensiasi terhadap hasil belajar olahraga siswa SMA. Jurnal Pendidikan Olahraga Terapan, 11(2), 25-32.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Alfabeta.

Suryani, E. (2020). Peran pendidikan jasmani dalam pembentukan karakter siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 5(1), 40-50.

Wijaya, R. (2019). Koordinasi motorik dalam senam lantai: Analisis gerakan loncat kangkang. Jurnal Olahraga dan Kesehatan, 8(2), 75-82.

Yusuf, M. (2018). Perbedaan pengaruh latihan plyometric depth jump dan knee tuck jump terhadap peningkatan vertical jump padapemain bola voli. JHeS (Journal of Health Studies), 4(1), 4–13.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Toni Saputro, I., Intan Indiati, Maliki, O., & Rully Winarto, T. (2024). Upaya Peningkatan Teknik Lari Estafet Melalui Metode Drill Pada Siswa Kelas XI 8 Sma Negeri 2 Semarang . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 2503020321. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7103

Issue

Section

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Similar Articles

<< < 68 69 70 71 72 73 

You may also start an advanced similarity search for this article.