Upaya Meningkatkan Kemampuan Lompat Jauh Melalui Permainan Engklek Pada Siswa Kelas VII E SMPN 37 Semarang Tahun Pelajaran 2024/2025
Keywords:
pembelajaran, penelitian tindakan kelas, lompat jauhAbstract
ABSTRAK
Lompat jauh merupakan cabang olahraga yang mengintegrasikan unsur lari, tolakan, melayang di udara, dan pendaratan untuk mencapai jarak sejauh mungkin. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan untuk meningkatkan pemahaman dan prestasi peserta didik dalam pembelajaran lompat jauh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pendekatan pembelajaran permainan engklek dalam meningkatkan motivasi belajar dan perkembangan motorik siswa kelas VII E SMPN 37 Semarang.
Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus yang melibatkan 32 siswa. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian berupa observasi dan tes unjuk kerja, dengan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum tindakan (pre-test), hanya 16 siswa (50%) yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal. Setelah siklus pertama dan kedua, hasil meningkat menjadi 20 siswa (62,5%) dan 22 siswa (68,7%) pada post-test.
Simpulan dari penelitian ini adalah pendekatan permainan engklek dan latihan drill efektif dalam meningkatkan hasil belajar lompat jauh. Peneliti menyarankan agar guru PJOK menggunakan variasi pendekatan pembelajaran untuk meningkatkan efektivitas dan minat siswa dalam kegiatan pembelajaran olahraga lainnya.
References
Desi Pristiwanti, Bai Badariah, Sholeh Hidayat, & Ratna Sari Dewi. (2022). Pengertian Pendidikan. 4. http://repo.iain-
Festiawan, R. (2020). Belajar dan Pendekatan Pembelajaran.
Fitriyah, A., & Khaerunisa, I. (2018). Pengaruh Penggunaan Metode Drill Berbantuan Permainan Engklek Termodifikasi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(2), 267. https://doi.org/10.31331/medives.v2i2.653
Halim, A., Savitri Noor, L., Putu, I., Dharma Hita, A., Cahyo, A. D., Risdwiyanto, A., & Utomo, J. (2023). PELATIHAN PENULISAN KARYA ILMIAH BIDANG PENDIDIKAN JASMANI. Community Development Journal, 4(2), 1601–1606.
Imam Abdul Hafidz, Rolly Afrinaldi, & Muhammad Mury Syafei. (2021). Survei Pengetahuan Siswa Terhadap Pembelajaran Atletik Nomor Lompat Jauh di SMAN 1 Rengasdengklok. 104–109. https://journal.unsika.ac.id/index.php/JLO
Indriyani, D., Yusuf Muslihin, H., & Mulyadi, S. (2021). Manfaat Permainan Tradisional Engklek dalam Aspek Motorik Kasar Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 349–354. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/index
Nurfauzan, P. (2018). PENGARUH MODEL QUANTUM LEARNING TERHADAP PENGUASAAN TEKNIK DASAR LOMPAT JAUH SISWA PADA PEMBELAJARAN ATLETIK DI SEKOLAH DASAR. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 2(2), 254. https://doi.org/10.32934/jmie.v2i2.77
Puspitasari, R. N. (2016). PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL KARETAN TERHADAP PEMBELAJARAN MOTORIK KASAR ATLETIK LOMPAT JAUH.
Setiawan. (2017). Belajar dan Pembelajaran.
Syamsul Arifin. (2017). PERAN GURU PENDIDIKAN JASMANI DALAM PEMBENTUKAN PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK. Jurnal Multilateral.
Tangse, U. H. M., & Dimyati, D. (2021). Permainan Estafet untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 9–16. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1166
Ukti Lutvaidah. (2015). PENGARUH METODE DAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN TERHADAP PENGUASAAN KONSEP MATEMATIKA.
Yulia Sari, Y., Putri Ulfani, D., & Ramos, M. (2024). PENTINGNYA PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA TERHADAP ANAK USIA SEKOLAH DASAR (Vol. 6, Issue 2). https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/pgsd/login