Peningkatan Hasil Belajar Ipas Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Video Pembelajaran Kelas V A Sdn Rejosari 01

Authors

  • Maftuhah Universits PGRI Semarang
  • Intan Indiati Universits PGRI Semarang
  • Rustantiningsih Universits PGRI Semarang
  • Lidya Septia Devega Universits PGRI Semarang

Keywords:

Problem Based Learning, Video Pembelajaran, Hasil Belajar IPAS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPAS bagi siswa SDN Rejosari 01 kelas V A semester ganjil tahun  ajaran  2023/ 2024 melalui  model Problem  Based  Learning  (PBL).  Penelitian  ini  adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dua siklus,  tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan 3 jenis yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh berupa nilai tes IPAS pada akhir siklus I dan pada akhir siklus II. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif komparatif . Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar IPAS. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilainya yang mencapai KKM sebelum tindakan pada prasiklus 37%, siklus I 74%, dan siklus II  85%. Berdasarkan uraian di atas, disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL berbantuan video pembelajaran dalam pembelajaran IPAS dapat meningkatkan hasil belajar IPAS siswa.

References

Andriani, E. Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Hasil Belajar Di Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1).

Arikunto, Suharsimi. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: RinekaCipta.

Erna Fitria Ningrum E., F., Agrissto, B., A., P., Kun, H., H. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Papan Kompetisi Bangun Datar (Pakom Bantar) Terhadap Pemahaman Konsep Matematika. Prosiding14th Urecol: Seri Pendidikan. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Muhammadiyah Cilacap. 1199-1211.

Jayanti, N. & Dedy, S. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Dan Berbantuan Media Kartu Pecahan Pada Peserta Didik Kelas V/B SDN-2 Bukit Tunggal Palangkaraya Tahun Pelajaran 2017/2018. Tunas Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 4(2), 1-8.

Joenaidy, A. M. (2019). Konsep dan Strategi Pembelajaran di Era Revolusi 4.0. Yogyakarta: Laksana

Lestari, I. (2015). Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2), 115–125. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i2.118

Mutia, R., Adlim, & Halim, A. (2017). Pengembangan Video Pembelajaran IPA Pada Materi Pencemaran dan KerusaKan Lingkungan. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(2).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhelayanti dkk. (2023). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Medan : Yayasan Kita Menulis.

Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia

Trimurtini & Nur L. (2020). Keefektifan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(2), 375-383.

Yuanita, F., L., & Siti, A. (2021). Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media (PASIPUT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Di Kelas III SDN 6 DAMPIT. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 5(4), 1086-1091.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Maftuhah, Intan Indiati, Rustantiningsih, & Lidya Septia Devega. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Ipas Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Video Pembelajaran Kelas V A Sdn Rejosari 01 . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 2295–2303. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5382

Issue

Section

Prosiding 2023