303. Improving Students’ Writing Skill in Descriptive Text Using Mind Mapping Method at SMK Negeri 6 Semarang
Keywords:
kemampuan menulis, teks deskriptif, mind mappingAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa pada teks deskriptif. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Perhotelan , di SMK Negeri 6 Semarang tahun ajaran 2022/2023, yang berjumlah 35 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Di setiap siklus terdiri dari perencanaan, penerapan, pengamatan, refleksi. Data dianalisa menggunakan metode kuantitatof dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan ada peningkatan kemampuan menulis siswa pada teks deskripsi. Hal tersebut dinuktikan dengan hasil tes dimana nilai rata-rata: pre-tes 72 dan hanya 31.43% siswa yang tuntas. Kemudian pada siklus 1 meningkat menjadi 77 dan 57.14% yang tuntas. Pada siklus 2 mengalami peningkatan lagi menjadi 84.6% dan persentase ketuntasan mencapai 97.14%. peningkatan didukung oleh hasil pengamatan bahwa siswa aktif dan antusias pada kegiatan pembelajaran. Sebagaian besar siswa juga merasa senang dan efektif utnuk meningkatkan kemampuan menulisnya. Kesimpulannya, metode mind mapping dapa meningkatakan kemampuan menulis, khususnya menulis teks descriptive.