Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik Dengan Pendekatan TaRL (Teaching at The Right Levels)
Keywords:
Peningkatan, Motivasi Belajar, TaRL (teaching at the right levels)Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran olahraga, khususnya materi bola basket, dengan menggunakan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL). Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya semangat dan motivasi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran olahraga. Penelitian dilakukan di kelas X-AKL 2 SMK Negeri 2 Semarang dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data diuji melalui triangulasi sumber dan metode. Analisis data dilakukan dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar peserta didik, dengan rata-rata sebesar 77%. Nilai rata-rata hasil belajar juga meningkat menjadi 80. Hal ini membuktikan bahwa pendekatan TaRL dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran bola basket.
References
Ahyar, dkk. (2022) Implementasi Model Pembelajaran TaRL dalam Meningkatkan Dasar Membaca Peserta Didik di Sekolah Dasar Kelas Awal. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan). 5 (11) 5241-5246.
Anggraini, Sintia & Sukartono. (2022). Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6 (3). 5287-5294.
Arianti. (2018). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan, 12(2), 117–134.
Chabibah, L. N., Siswanah, E., & Tsani, D. F. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Barisan Ditinjau Dari Adversity Quotient. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 199–210. Https://Doi.Org/10.21831/Pg.V14i2.29024
Fernando, Yogi., Andriani, Popi & Syam, Hidayani. (2024). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inspirasi Pendidikan (ALFIHRIS), 2 (3). 61-68.
Listyaningsih, Erna., Nugraheni, Nursiwi & Yuliasih, Ira Budi. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Pendekatan Tarl Model PBL Dalam Matematika Kelas V SDN Bendan Ngisor. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1 (6). 620-627.
Masni, Harbeng. (2015). Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Dikdaya, 5 (1). 34-45.
Mubarokah, S. (2022). Tantangan Implementasi Pendekatan TaRL (Teaching at the Right Level) dalam Literasi Dasar yang Inklusif di Madrasah Ibtida’iyah Lombok Timur. BADA'A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 165-179.
Muhammad, Maryam. (2016). Pengaruh Motivasi Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 4 (2). 87-97.
Ning, I. N. A., & Achmad, S. (2020). Permasalahan Pendidikan di Indonesia. Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. 122-128.
Ningrum, Melinda Cahya., Juwono, Budi & Sucahyo, Imam. (2023). Implementasi Pendekatan TaRL untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Fisika. PENDIPA Journal of Science Education, 7 (1). 95-99.
Palittin, I. D., Wolo, W., & Purwanty, R. (2019). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Ivylentine. Magistra : Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6, 101–109.
Prananda, G., & Hadiyanto. (2019). Korelasi Antara Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(3), 909–915.
Pratama, F., Firman, & Neviyarni. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar Ipa Siswa Terhadap Hasil Belajar Di Sekolah Dasar Negeri 01. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 280–286.
Ramadhani, Diana Ayu * Muhroji. (2022). Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar pada Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6 (3). 4844-4861.
Ratnaningsih, S. (2018). Upaya Meningkatan Motivasi Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Gambar Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Mi, 5(2), 275–286.
Rista, K., & Ariyanto, E. A. (2018). Pentingnya Pendidikan & Meningkatkan Motivasi Belajar Anak. Jurnal Karya Pengabdian Dosen Dan Mahasiswa, 01(02), 139.
Simamora, L., & Simamora, H. J. (2022). Upaya Guru Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra (Pendistra), I(1), 92–102. Https://Doi.Org/10.54367/Pendistra.V4i2.1617
Siswanto, Deny Hadi., Tarso., Pisriwati, Siti Atwanto. (2025). Tantangan Implementasikan Pendekatan TaRL untuk Meningkatkan Kemampuan Matematis Siswa. Academicus: Journal of Teaching and Learning, 4 (1). 45-51.
Suharni. (2021). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. G-COUNS: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 6 (1). 172-184.
Suprihatin, S. (2015). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Promosi (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 3(1). Https://Doi.Org/10.24127/Ja.V3i1.144
Tegor, Dkk. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Lakeisha.
Zakariah, M. A., Afriani, V., & Zakariah, K. H. M. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Action Research, Research And Development (R N D). Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah Kolaka.