159. Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII melalui Model Problem Based Learning pada Materi Cahaya dan Alat Optik

Authors

  • Arini Tri Wahyuningtyas Universitas PGRI Semarang
  • Ipah Budi Minarti Universitas PGRI Semarang
  • Budiastuti SMP Negeri 6 Semarang

Keywords:

Hasil Belajar, Motivasi Belajar, Problem Based Learning

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar peserta didik kelas VIII E SMP N 6 Semarang. Berdasarkan hasil observasi di kelas VIII E SMP Negeri 6 Semarang, mayoritas peserta didik masih bersikap pasif selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik melalui model problem based learning. Metode penelitian ini adalah PTK dengan model menurut Kemmis & McTaggart yang terdiri dari tiga tahap yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan dan pengamatan (act and observe), serta refleksi (reflect). Teknik pengumpulan data meliputi observasi, penyebaran angket, serta soal evaluasi berupa penilaian harian. Hasil penelitian diperoleh adanya peningkatan motivasi belajar pada siklus 1 sebesar 60,5% meningkat menjadi 72,05% pada siklus 2 dengan kategori tinggi. Sementara peningkatan hasil belajar diperoleh rata-rata 84,58 pada siklus 1 menjadi 92,7 pada siklus 2 dengan satu peserta didik di kelas VIII E yang tidak tuntas KKM.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Wahyuningtyas, A. T., Minarti, I. B., & Budiastuti. (2023). 159. Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII melalui Model Problem Based Learning pada Materi Cahaya dan Alat Optik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 1450–1457. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4120

Issue

Section

Prosiding 2023