PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PESERTA DIDIK MELALUI ALAT PERAGA JARIMATIKA BERBASIS PBL DI KELAS I SD
Keywords:
Motivasi belajar, pemahaman konsep, matematika, jarimatika, Problem based learningAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman konsep matematika peserta didik melalui alat peraga jarimatika berbasis PBL (Problem Based Learning) di kelas I SDN Tambakrejo 01 Kota Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan rincian siklus 1 terdiri dari 2 kali pembelajaran dan siklus 2 terdiri dari 3 kali pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan pada semester 2 tahun pelajaran 2023/2024 bulan Maret sampai dengan bulan Mei di kelas I B SDN Tambakrejo 01 dengan jumlah peserta didik sebanyak 27 anak. Teknik pengumpulan data melalui tes dengan tes tertulis, dan teknik non tes dengan wawancara, observasi, dan dokumen. Teknik analisis data berupa analisis deskriptif melalui pengamatan motivasi belajar peserta didik dan hasil belajar ranah kognitif pemahaman konsep matematika. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belajar peserta didik pada pra siklus rata-rata 63,33%, mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 73,11%, dan siklus II sebesar 85,58%. Hasil pemahaman konsep matematika pada prasiklus rata-rata 67,75, siklus I 73,27, dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 82,09.
References
Arikunto, S. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Djamah, S.B. 2015. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Husnidar, H., & Hayati, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 2(2), 67–72.
Lestari, P., Winarsih, E., & Aryanang, C. (2023). Peningkatan Kemampuan Berhitung Perkalian dengan Menerapkan Model Problem Based Learning (PBL) dan Media Jarimatika pada Siswa Kelas III SDN Beran 6 Ngawi. Pendas :Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(1), 10–27.
Muharram, M. R. W., & Widani. (2021). Gamifikasi dalam Pembelajaran Matematika Melalui Productive Struggle Sebagai Solusi Pembelajaran selama Pandemi. Journal of Elementary Education, 04(2), 266–277.
RI, P. (2003). Undang-undang (UU) No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional [JDIH BPK RI]. JDIH Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia, 37.
Sadewo, Y. D., Purnasari, P. D., & Muslim, S. (2022). Filsafat Matematika: Kedudukan, Peran, Dan Persepektif Permasalahan Dalam Pembelajaran Matematika. Inovasi Pembangunan : Jurnal Kelitbangan, 10(01), 15–28.
Salsinha, C. N., Binsasi, E., & Bano, E. N. (2019). Peningkatan kemampuan berhitung dengan metode jarimatika di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Neonbat Nusa Tenggara Timur. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 15(2), 73–84.
Surya, Y. F. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 016 Langgini Kabupaten Kampar. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 38–53.
Ulandari, L., Amry, Z., & Saragih, S. (2019). Development of Learning Materials Based on Realistic Mathematics Education Approach to Improve Students’ Mathematical Problem Solving Ability and Self-Efficacy. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(2), 375–383.