Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Dribling Sepak Bola Dengan Metode Latihan Circuit Training Di Kelas X DPIB 1 SMK Negeri 4 Semarang
Keywords:
circuit training, dribling sepakbola, PJOK, SMKAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi teknik dasar dribbling sepak bola melalui penerapan metode latihan circuit training pada siswa kelas X DPIB 1 SMK Negeri 4 Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model spiral dari Kemmis dan McTaggart, yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi aktivitas siswa, rubrik penilaian tes praktik dribbling, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I tingkat ketuntasan belajar siswa baru mencapai 67,65%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 81,82% setelah dilakukan modifikasi pembelajaran berupa penambahan variasi stasiun latihan, penggunaan media video demonstrasi, serta pendekatan latihan berulang dan bertahap. Peningkatan juga terlihat pada aspek afektif dan keterlibatan siswa selama proses pembelajaran. Dengan demikian, metode circuit training terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan motorik dribbling siswa secara signifikan melalui pendekatan yang menyenangkan, variatif, dan kontekstual.
References
Appelbaum, L. G., Lochhead, L., Feng, J., Erickson, G., & Liu, S. (2025). Limited evidence is NOT no evidence: Cognitive skill transfer in sports training.
Becker, M., Köhler, W., Schröder, T. (2020). Neural Correlates of Decision-Making in Ball Dribbling.
Behm, D. G., Young, W. B., & Faigenbaum, A. D. (2021). Resistance training and motor skill transfer: A meta-analysis. Journal of Sports Medicine and Physical Fitness.
Burgomaster, K. A., Hughes, S. C., Heigenhauser, G. J. F., Gibala, M. J. (2018). Eight weeks of circuit training improves aerobic capacity and muscle strength in youth.
Fédération Internationale de Football Association (FIFA). (2019). FIFA Technical Report: Player Development & Skills. Zurich: FIFA.com
Gabbett, T. J., Secomb, J., Nassis, G. P. (2018). Reaction Time and Decision-Making in Team Sports: Training Implications. International Journal of Sports Physiology and Performance.
Gabbett, T. J. (2020). Skill-based conditioning games as an alternative to traditional conditioning for enhancing physical and technical performance in athletes. Journal of Sports Sciences.
Harsono. (2015). Coaching dan Aspek-Aspek Psikologis dalam Olahraga. Jakarta:
Hrysomallis, C. (2021). Balance Ability and Athletic Performance. Sports Medicine.
Ije, D. L. (2024). Pengaruh Latihan Modifikasi Permain Bola Futsal terhadap Kemampuan Dribling pada Tim Ukm Futsal Unimuda Sorong (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong).
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). (2023). Pedoman Implementasi Kurikulum SMK Revisi 2023. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi
Mustafa, P. S. (2021). Problematika Rancangan Penilaian PJOK dalam Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan.
Oktarifaldi, M. (2022). Efektivitas Latihan Kontekstual dalam Pembelajaran Dribel. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan.
Permana, A., Heynoek, S. (2018). Analisis Model Latihan Dribel pada Pembelajaran Sepak Bola di SMK. Jurnal Olahraga Prestasi.
Putra, R. A., Sari, M. Y., & Prasetyo, H. (2024). Integrasi Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran PJOK melalui Circuit Training. Jurnal Kurikulum Dan Pembelajaran.
Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK). (2022). Profil SMK Indonesia 2022. Jakarta: Kemdikbudristek
Sari, T., Ramdhan, F., & Nurdin, H. (2024). Pengaruh Latihan T-Drill dan Hexagon Test terhadap Peningkatan Agility pada Siswa SMK. Jurnal Ilmu Keolahragaan.
Sporis, G., Jukic, I., Milanovic, L., Vucetic, V. (2017). The effect of a skill-based circuit training program on fitness level and skill performance in young soccer players. Journal of Strength and Conditioning Research,.
Sukasno, Arpansyah, M. (2022). Pengaruh Ketersediaan Alat Bantu terhadap Kualitas Latihan Kelincahan Siswa SMK. Jurnal Keolahragaan Dan Kesehatan.
Sukasno. (2022). Peningkatan keterampilan dribel melalui model circuit training pada siswa SMK. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga.
Tomlinson, C. A. (2017). How to Differentiate Instruction in Academically Diverse Classrooms. ASCD.
Young, W., Rogers, N. (2018). The Role of Agility in Soccer Performance: A Biomechanical Perspective. Journal of Strength and Conditioning Research.