148. Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Negosiasi Peserta Didik Melalui Penerapan Model Project Base Learning di Kelas X DPIB 2 SMK Negeri 4 Semarang
Keywords:
Project base learning, Menulis, Teks NegosiasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks negosiasi peserta didik dengan menerapkan project base learning. Penelitian ini mengambil subjek sebanyak 30 peserta didik di kelas X DPIB 2 SMK Negeri 4 Semarang. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang menerapkan 2 siklus yang setiap siklusnya meliputi perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Metode yang digunakan untuk analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, dan pemaparan data. Dalam penelitian ini menunjukan adanya peningkatan kemampuan menulis teks negosiasi peserta didik menggunakan project base learning (PjBL). Pada prasiklus nilai rata-rata yaitu 74 dengan persentase ketuntasan 47%, pada siklus I yaitu 79 dengan persentase ketuntasan 77%, dan pada siklus II yaitu 87 dengan persentase ketuntasan 93%.