Implementasi media LiveWorkSheet dengan pendekatan Tarl Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMK Negeri 4 Semarang
Keywords:
Media pembelajaran, Liveworksheet, Teaching at the Right levelAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran liveworksheet dan pendekatan Teaching at the Right Level (TARL). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 36 siswa kelas XI TE 2 SMK N 4 Semarang. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam hasil belajar Pendidikan Pancasila setelah penerapan media pembelajaran liveworksheet. Peningkatan ini terlihat dari kenaikan nilai rata-rata siswa pada setiap siklus. Pada siklus I, nilai rata-rata siswa sebesar 30,56% meningkat menjadi 41,67% pada siklus II. Temuan ini mengindikasikan bahwa penggunaan media liveworksheet yang dikombinasikan dengan pendekatan TARL efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI TE 2 SMK N 4 Semarang.
References
Cahyono, S. D. (2022). Melalui Model Teaching at Right Level (TaRL) Metode Pemberian Tugas untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran
Suharyani., N. K. A. S., & Farida. H. A. (2023). Impementasi Pendekatan Teaching At The Right Level (TaRL) dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Anak. Jurnal Teknologi Pendidikan. 8 (2) 470-479.
Fitriani, S. N. (2022). Analisis Peningkatan Kemampuan Literasi Siswa dengan Metode ADABTA Melalui Pendekatan TARL. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 69 78.https://doi.org/10.37216/badaa.v4i1.58
Dahlan, A. (2023, NovemberSabtu). Teaching at the Right Level -Pendekatan Pembelajaran TaRL. Retrieved Juni Selasamy, 2023, from matamu.net: https://pendidikan.matamu.net/teaching-at-the-right-level-pendekatan-pembelajaran-tarl/
Kustandi, Cecep, dan Bambang S. (2011). Media Pembelajaran Manual dan Digital.Bogor: Ghalia Indonesia
Kusumah, Wijaya dan Dwitagama, D. (2009). Mengenal penelitian Tindakan kelas. Indeks prtama Puri Media
Slameto, S. (2015). Implementasi Penelitian Tindakan Kelas. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(3), 47. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i3.p47-58
Jalinus, N., & Ambiyar. (2016). Media dan Sumber Belajar. Jakarta: Kencana, 219
Ihsana. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Pustaka Pelajar.