Penggunaan Modifikasi Bola Kertas Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Lemparan Bawah Dalam Permainan Softball Pada Siswa Kelas XI 9 SMA Negeri 9 Semarang
Keywords:
lemparan bawah, softball, alat bantu pembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam keterampilan melempar atas (overhand throw) pada permainan softball melalui penggunaan alat bantu pembelajaran berupa bola plastik dengan tambalan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 36 siswa kelas XI 9 SMA Negeri 9 Semarang tahun ajaran 2024/2025, yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 26 siswa perempuan.
Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan observasi yang melibatkan peneliti, kolaborator, dan siswa. Teknik triangulasi sumber digunakan untuk validasi data, sedangkan analisis data dilakukan secara deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa dari kondisi awal ke siklus I dan kemudian ke siklus II. Pada kondisi awal, siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 75 hanya 27,78% (10 siswa). Setelah tindakan pada siklus I, meningkat menjadi 58,33% (21 siswa), dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 80,55% (29 siswa).
Peningkatan ini menunjukkan bahwa penggunaan alat bantu pembelajaran mampu menciptakan proses belajar yang lebih aktif, efektif, efisien, dan menyenangkan. Kesimpulannya, penerapan alat bantu pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar overhand throw dalam permainan softball pada siswa kelas XI 9 SMA Negeri 9 Semarang.
References
Al Hasyr, Mhh., & Soedarmono, M. (2015). PENGGUNAAN ALAT BANTU PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LEMPARAN ATAS DALAM PERMAINAN SOFTBALL PADA SISWA KELAS VII D SMP NEGERI 3 SEMARANG.
Bangun, S. Y. (2015). Analisis Tujuan Materi Pelajaran dan Metode Pembelajaran Dalam Pendidikan Jasmani. Jurnal Cerdas Sifa, 1(1), 1–10.
Bangun, S. Y. (2016). Peran Pendidikan Jasmani Dan Olahraga Pada Lembaga Pendidikandi Indonesia. Publikasi Pendidikan, 6(3). https://doi.org/10.26858/publikan.v6i3.2270
Gentana, R., Hermawan, R., & Jubaedi, A. (2018). UPAYA PENINGKATAN GERAK DASAR
KAYANG DENGAN ALAT BANTU BOLA, BOX DAN BANTUAN TEMAN (Vol. 14, Issue 2).
Mu’alimin. (2015). Penelitian_Tindakan_Kelas_Teori_dan_Prak.
Nurhasan Ishak, M. (2024). Global Journal Sport MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PSIKOMOTOR SERVIS ATAS PERMAINAN BOLA VOLI MENGGUNAKAN PENDEKATAN
TARL PADA SISWA KELAS IV Artikel info Abstrak. https://jurnal.sainsglobal.com/index.php/gjs
Qodri, Abd. (2017). TEORI BELAJAR HUMANISTIK DALAM MENINGKATKAN PRESTASI
BELAJAR SISWA Abd. Jurnal Pedagogik, 04(02), 188–202.
Riyani, A. (2021). Teknik Pengambilan Sampel dalam Penelitian. Penerbitbukudeepublish, 40– 54.
Subarjah, H. (2019). Asas Pendidikan Jasmani.
Wardana, ahdar jamaludn. (2019). BELAJAR DAN PEMBELAJARAN