Penggunaan Modifikasi Bola Kertas Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Lemparan Bawah Dalam Permainan Softball Pada Siswa Kelas XI 9 SMA Negeri 9 Semarang

Authors

  • Abdil Fatah Universitas PGRI Semarang
  • Bertika Kusuma Prastiwi Universitas PGRI Semarang
  • Muhammad Alimin

Keywords:

lemparan bawah, softball, alat bantu pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam keterampilan melempar atas (overhand throw) pada permainan softball melalui penggunaan alat bantu pembelajaran berupa bola plastik dengan tambalan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 36 siswa kelas XI 9 SMA Negeri 9 Semarang tahun ajaran 2024/2025, yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 26 siswa perempuan.

Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan observasi yang melibatkan peneliti, kolaborator, dan siswa. Teknik triangulasi sumber digunakan untuk validasi data, sedangkan analisis data dilakukan secara deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa dari kondisi awal ke siklus I dan kemudian ke siklus II. Pada kondisi awal, siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 75 hanya 27,78% (10 siswa). Setelah tindakan pada siklus I, meningkat menjadi 58,33% (21 siswa), dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 80,55% (29 siswa).

Peningkatan ini menunjukkan bahwa penggunaan alat bantu pembelajaran mampu menciptakan proses belajar yang lebih aktif, efektif, efisien, dan menyenangkan. Kesimpulannya, penerapan alat bantu pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar overhand throw dalam permainan softball pada siswa kelas XI 9 SMA Negeri 9 Semarang.

Author Biography

Bertika Kusuma Prastiwi, Universitas PGRI Semarang

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Universitas PGRI Semarang

References

Al Hasyr, Mhh., & Soedarmono, M. (2015). PENGGUNAAN ALAT BANTU PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LEMPARAN ATAS DALAM PERMAINAN SOFTBALL PADA SISWA KELAS VII D SMP NEGERI 3 SEMARANG.

Bangun, S. Y. (2015). Analisis Tujuan Materi Pelajaran dan Metode Pembelajaran Dalam Pendidikan Jasmani. Jurnal Cerdas Sifa, 1(1), 1–10.

Bangun, S. Y. (2016). Peran Pendidikan Jasmani Dan Olahraga Pada Lembaga Pendidikandi Indonesia. Publikasi Pendidikan, 6(3). https://doi.org/10.26858/publikan.v6i3.2270

Gentana, R., Hermawan, R., & Jubaedi, A. (2018). UPAYA PENINGKATAN GERAK DASAR

KAYANG DENGAN ALAT BANTU BOLA, BOX DAN BANTUAN TEMAN (Vol. 14, Issue 2).

Mu’alimin. (2015). Penelitian_Tindakan_Kelas_Teori_dan_Prak.

Nurhasan Ishak, M. (2024). Global Journal Sport MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PSIKOMOTOR SERVIS ATAS PERMAINAN BOLA VOLI MENGGUNAKAN PENDEKATAN

TARL PADA SISWA KELAS IV Artikel info Abstrak. https://jurnal.sainsglobal.com/index.php/gjs

Qodri, Abd. (2017). TEORI BELAJAR HUMANISTIK DALAM MENINGKATKAN PRESTASI

BELAJAR SISWA Abd. Jurnal Pedagogik, 04(02), 188–202.

Riyani, A. (2021). Teknik Pengambilan Sampel dalam Penelitian. Penerbitbukudeepublish, 40– 54.

Subarjah, H. (2019). Asas Pendidikan Jasmani.

Wardana, ahdar jamaludn. (2019). BELAJAR DAN PEMBELAJARAN

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Abdil Fatah, Bertika Kusuma Prastiwi, & Muhammad Alimin. (2024). Penggunaan Modifikasi Bola Kertas Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Lemparan Bawah Dalam Permainan Softball Pada Siswa Kelas XI 9 SMA Negeri 9 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 2503010135. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7181

Issue

Section

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.