Peningkatan Hasil Belajar Tema 1 Materi Pertumbuhan Dan Perkembangan Makhluk Hidup Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Quizizz Di Kelas Iii Sd

Authors

  • Mayaratih Universitas PGRI Semarang
  • Mei Fita Asri Untari Universitas PGRI Semarang

Keywords:

tematik, kelas III SD, Problem Based Learning, Quizizz

Abstract

Konteks penelitian ini adalah hasil belajar peserta didik kelas III D SDN Rejosari 01 pada tema 1. Hal tersebut disebabkan karena peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran tema masih tergolong rendah. Hal tersebut diakibatkan karena peserta didik kurang aktif pada saat proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IIID SDN Rejosari 01 dengan menerapkan model Problem Based Learning dengan berbantuan alat evaluasi Quizizz. Permaslaahan pada penelitian ini adalah bagaimana penerapan model Problem Based Learning dengan berbantuan alat evaluasi Quizizz di kelas IIID SDN Rejosari 01 pada tema pertumbuhan dan perkembangan mahkluk hidup. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Subjek penelitian yaitu 27 peserta didik kelas III D SDN Rejosari 01. Dengan pengambilan data tang meliputi dokumentasi dan soal evaluasi selama 2 siklus. Adapun peningkatan hasil belajar peserta didik kelas III D SDN Rejosari 01 pada prasiklus presentasi peserta didik yang mendapatkan nilai yang mencapaik KKM sebanyak 7 peserta didik, kemudian pada saat diterapkannya perlakuan pada siklus I mengalami kenaikan peserta didik yang mendapatkan nilai mencapai KKM sebanyak 11 peserta didik, kemudian dilakukannya perlakuan pada siklus II mengalami kenaikan peserta didik yang mencapai nilai KKM sebanyak 24 peserta didik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan dengan diterapkanya model Problem Based Learning berbantuan alat evaluasi Quizizz pada tema pertumbuhan dan perkembangan mahkluk hidup dapat menigkatkan hasil belajar peserta didik kelas III D SDN Rejosari 01.

References

Benyamin, P. I., Sumarno, Y., & Sinaga, U. (2021). Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Kristen Melalui Penggunaan Media Pembelajaran “Quizizz” di Masa Pandemi Covid-19. Regula Fidei: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 6(2), 145-160.

Camelia, C., & Maknun, L. L. (2021). Implementasi Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran Jarak Jauh di MI Al-Mursyidiyyah Selama Masa.

Hasriadi, H. (2020). Pengaruh E-Learning Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Agama Islam. IQRO: Journal of Islamic Education, 3(1), 59-70.

Ilato, R., & Payu, B. R. (2020). Pengaruh pemanfaatan teknologi informasi terhadap minat belajar siswa. Jambura Economic Education Journal, 2(2), 70-79.

Lider, G. (2022). Penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan aplikasi quizizz untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas VI semester 1 SD Negeri 5 Sangsit. Indonesian

Journal of Educational Development (IJED), 3(1), 189-198.

Mardani, N. K., Atmadja, N. B., & Suastika,

I. N. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem based learning (PBL) terhadap Motivasi dan hasil belajar IPS. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 5(1), 55-65.

Mayaratih, M., Sukamto, S., & Wijayanti, A. (2023). Keefektifan Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Muatan Pelajaran Matematika Materi Satuan Waktu di Kelas III SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 11478-11484.

Mirayani, P., Widana, I. W., Purwati, N. K.

R. (2021). Pengaruh model pembelajaran problem solving dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri 7 Denpasar tahun pelajaran 2020/2021. Widyadari, 22(2),429-438. https://doi.org/10.5281/zenodo.555 0368

Niswara, R., Muhajir, M., & Untari, M. F. A. (2019). Pengaruh model project based learning terhadap high order thinking skill. Mimbar PGSD Undiksha, 7(2).

Nugraha, J., Zulela, M. S., & Fuad, N. (2019, February). Peningkatan keterampilan menulis deskripsi melalui pendekatan saintifik dengan metode problem based learning di kelas iv sekolah dasar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI (Vol. 2).

Sudiarta, I. N. (2022). Penerapan model pembelajaran kuantum berbasis quizizz untuk meningkatkan prestasi belajar pendidikan agama hindu dan budi pekerti. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 3(1), 124-132.

Sukartini, N. N. (2022). Penerapan model problem based learning berbantuan evaluasi quizizz untuk meningkatkan hasil belajar IPS. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 3(1), 73-82.

Sukartini, N. N. (2022). Penerapan model problem based learning berbantuan evaluasi quizizz untuk meningkatkan hasil belajar IPS. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 3(1), 73-82.

Yusril, F. P. (2019). Pemanfaatan teknologi informasi dalam bidang pendidikan (E-education). J. Pemanfaat. Teknol. Inf. Dalam Bid. Pendiikan, 1

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Mayaratih, & Untari, M. F. A. . (2023). Peningkatan Hasil Belajar Tema 1 Materi Pertumbuhan Dan Perkembangan Makhluk Hidup Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Quizizz Di Kelas Iii Sd. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 3216–3222. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5516

Issue

Section

Prosiding 2023