Penerapan Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Topik Di Bawah Atap pada Siswa Kelas IVB SDN Peterongan Semarang
Keywords:
PBL, Bahasa Indonesia, Hasil BelajarAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat penerapan model Problem Based learning dalam
meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia topik di bawah atap pada siswa kelas IVB SDN Peterongan
Semarang. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam dua siklus kelas IVB SD Negeri
Peterongan dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia topik di bawah atap, terdiri dari 23 siswa. PTK ini
bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia. Pada siklus 1 dengan KKM 70 diperoleh
rata-rata pada pertemuan 1 yaitu 67,04, sedangkan pada pertemuan 2 yaitu 77,48. Peserta didik yang
tuntas dalam belajar di pertemuan 1 sejumlah 10 (43,47%) dan tidak tuntas sejumlah 13 (56,52%). Hasil
pembelajaran pada observasi guru memperoleh sebesar 75%, sedangkan bagi peserta didik memperoleh
sebesar 70%. Pada siklus 2 dengan KKM 70 diperoleh rata-rata pada pertemuan 1 yaitu 79,78 Peserta
didik yang tuntas dalam belajar sejumlah 16 (69,56%) dan tidak tuntas 7 (30,42%), sedangkan pada
pertemuan 2 yaitu 83,04 Peserta didik yang tuntas dalam belajar sejumlah 19 (82,60%) dan tidak tuntas
4 (17,39%). Hasil pembelajaran pada observasi guru memperoleh sebesar 90%, sedangkan bagi peserta
didik memperoleh sebesar 85%. Penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)
memberikan oengalaman nyata, berfikir tingkat tinggi, berpusat pada peserta didik, kritis, kreatif,
bertanggung jawab, pengetahuan bermakna dalam hidup, menyelesaikan permasalahan kehidupan
sehari-hari. Selain itu juga meningkatkan hasil belajar peserta didik.
References
Anas, A., Ibad, A. Z., Anam, N. K., &
Hariwahyuni, F. (2023). Implementasi
Kurikulum Merdeka Madrasah
Ibtidaiyah (MI)(Studi Analisis
Kebijakan KMA RI No. 347 Tahun
. Journal of Creative Student
Research, 1(1), 99-116.
Astuti, T. P. (2019). Model problem based
learning dengan mind mapping dalam
pembelajaran IPA abad 21. Proceeding
of Biology Education, 3(1), 64-73.
Awwaliyah, R., & Baharun, H. (2019).
Pendidikan Islam dalam sistem
pendidikan nasional (Telaah
epistemologi terhadap problematika
pendidikan Islam). JURNAL ILMIAH
DIDAKTIKA: Media Ilmiah
Pendidikan dan Pengajaran, 19(1),
-49.
Aziz, F. Z., Setiawan, F., Hariadi, D., &
Setianingsih, F. N. (2022).
Transformasi Kebijakan Kurikulum
Pendidikan di Indonesia Sebagai
Landasan Pengelolaan
Pendidikan. Attractive: Innovative
Education Journal, 4(2), 217-228
Candra, R. A., Prasetya, A. T., & Hartati, R.
(2019). Analisis kemampuan berpikir
kreatif peserta didik melalui
penerapan blended project based
learning. Jurnal Inovasi Pendidikan
Kimia, 13(2), 2437-2446.
Dewi, D. I. H., & Sukma, S. A. (2020). Cinta
Lingkungan Sebagai Implementasi
Nilai Karakter Religius: Suatu
Perspektif Berdasarkan Efesus 5: 1-
Excelsis Deo: Jurnal Teologi,
Misiologi, dan Pendidikan, 4(1), 1-18.
Elizabeth, A., & Sigahitong, M. M. (2018).
Pengaruh Model Problem Based
Learning Terhadap Kemampuan
Berpikir Kreatif Peserta Didik
SMA. Prisma Sains: Jurnal
Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran
Matematika Dan IPA IKIP
Mataram, 6(2), 66-76.
Erniati, E., Lindayani, L., & Rachim, N.
(2021). Penerapan Strategi Think Talk
Write (TTW) dalam meningkatkan
kemampuan menulis teks eksposisi
siswa kelas VIII SMP Negeri 30
Makassar. Jurnal Edukasi
Nonformal, 2(2), 103-114.
Fitri, Y., & Tarsan, D. (2021). VALIDITAS
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
DENGAN MENGGUNAKAN
PENDEKATAN BASED LEARNING
DI SEKOLAH MENENGAH
PERTAMA. THEOREMS (THE
jOuRnal of mathEMatics), 6(1), 50-74.
Hotimah, H. (2020). Penerapan metode
pembelajaran problem based learning
dalam meningkatkan kemampuan
bercerita pada siswa sekolah
dasar. Jurnal edukasi, 7(2), 5-11.
Inthaly, A., & Almubaroq, H. Z. (2022). Nilai
Praksis Pancasila Sebagai Modal
Pengembangan Sumber Daya Manusia
Era Society 4.0 dalam Rangka
Mendukung Pertahanan
Negara. Jurnal
Kewarganegaraan, 19(2), 76-86.
Julaeha, S. (2019). Problematika kurikulum
dan pembelajaran pendidikan
karakter. Jurnal Penelitian
Pendidikan Islam, 7(2), 157.
Magdalena, I., Ulfi, N., & Awaliah, S. (2021).
Analisis pentingnya keterampilan
berbahasa pada siswa kelas IV di SDN
Gondrong 2. EDISI, 3(2), 243-252.
Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., &
Lazuardi, J. (2022). Bahasa sebagai
alat komunikasi dalam kehidupan
manusia. Kampret Journal, 1(2), 1-10.
Marinda, L. (2020). Teori perkembangan
kognitif Jean Piaget dan
problematikanya pada anak usia
sekolah dasar. An-Nisa': Journal of
Gender Studies, 13(1), 116-152.
Mislikhah, M. (2020). Implementasi Higher
Order Thinking Skils dalam
Pembelajaran Bahasa Indonesia di
Madrasah Ibtidaiyah. UNEJ e-
Proceeding, 582-593.
Mukhlasin, A. (2021). Kepemimpinan
Kepala Sekolah Kunci Keberhasilan
dalam Pencapaian Kualitas
Pendidikan. Journal Of
Administration and Educational
Management (ALIGNMENT), 4(2),
-199.
Ningsih, D. A. (2021). PENGEMBAGAN
MODUL PEMBELAJARAN MENULIS
IKLAN LAYANAN MASYARAKAT DI
SMP BERBASIS PENDEKATAN
SAINTIFIK.
Oktaviani, R. E. (2021). PRINSIP-PRINSIP
PEMBELAJARAN BAHASA
INDONESIA SD/MI. PENTAS: Jurnal
Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra
Indonesia, 7(1), 1-9.
Primayana, K. H., & Sastrawan, K. B. (2021).
Urgensi manajemen pendidikan
berbasis nilai-nilai kearifan lokal tri
hita karana dalam meningkatkan
komitmen organisasional
guru. Edukasi: Jurnal Pendidikan
Dasar, 2(2), 163-172.
Purnamaningsih, I. R., & Purbangkara, T.
(2022). Pengelolaan Sarana Dan
Prasarana Pendidikan Dalam
Meningkatkan Kualitas
Pembelajaran. uwais inspirasi
indonesia.
Rahayu, A. P. (2021). Penggunaan Mind
Mapping dari perspektif Tony Buzan
dalam proses pembelajaran. Jurnal
Paradigma, 11(1), 65-80.
Sibagariang, D., Sihotang, H., & Murniarti,
E. (2021). Peran guru penggerak dalam
pendidikan merdeka belajar di
indonesia. Jurnal Dinamika
Pendidikan, 14(2), 88-99.
Sulaiman, A., & Azizah, S. (2020). Problem-
Based Learning Untuk Meningkatkan
Kemampuan Berpikir Kritis Di
Indonesia: Sebuah Tinjauan Literatur
Sistematis. PEDAGOGIK: Jurnal
Pendidikan, 7(1), 107-152.
Wahyuni, D. (2020). Meningkatkan
Pembelajaran Sastra Melalui
Perkembangan Era Digital. Jurnal
Edukasi Kultura: Jurnal Bahasa,
Sastra dan Budaya, 7(1).
Wardana, M. Y. S., & Rifaldiyah, Y. (2019).
Penerapan Model Problem Based
Learning terhadap Hasil Belajar
Kognitif Pemecahan Masalah
Matematika. Thinking Skills and
Creativity Journal, 2(1), 19-26.