Penerapan Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Topik Di Bawah Atap pada Siswa Kelas IVB SDN Peterongan Semarang

Authors

  • Ilma Ludvitasari Universitas PGRI Semarang

Keywords:

PBL, Bahasa Indonesia, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat penerapan model Problem Based learning dalam
meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia topik di bawah atap pada siswa kelas IVB SDN Peterongan
Semarang. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam dua siklus kelas IVB SD Negeri
Peterongan dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia topik di bawah atap, terdiri dari 23 siswa. PTK ini
bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia. Pada siklus 1 dengan KKM 70 diperoleh
rata-rata pada pertemuan 1 yaitu 67,04, sedangkan pada pertemuan 2 yaitu 77,48. Peserta didik yang
tuntas dalam belajar di pertemuan 1 sejumlah 10 (43,47%) dan tidak tuntas sejumlah 13 (56,52%). Hasil
pembelajaran pada observasi guru memperoleh sebesar 75%, sedangkan bagi peserta didik memperoleh
sebesar 70%. Pada siklus 2 dengan KKM 70 diperoleh rata-rata pada pertemuan 1 yaitu 79,78 Peserta
didik yang tuntas dalam belajar sejumlah 16 (69,56%) dan tidak tuntas 7 (30,42%), sedangkan pada
pertemuan 2 yaitu 83,04 Peserta didik yang tuntas dalam belajar sejumlah 19 (82,60%) dan tidak tuntas
4 (17,39%). Hasil pembelajaran pada observasi guru memperoleh sebesar 90%, sedangkan bagi peserta
didik memperoleh sebesar 85%. Penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)
memberikan oengalaman nyata, berfikir tingkat tinggi, berpusat pada peserta didik, kritis, kreatif,
bertanggung jawab, pengetahuan bermakna dalam hidup, menyelesaikan permasalahan kehidupan
sehari-hari. Selain itu juga meningkatkan hasil belajar peserta didik.

References

Anas, A., Ibad, A. Z., Anam, N. K., &

Hariwahyuni, F. (2023). Implementasi

Kurikulum Merdeka Madrasah

Ibtidaiyah (MI)(Studi Analisis

Kebijakan KMA RI No. 347 Tahun

. Journal of Creative Student

Research, 1(1), 99-116.

Astuti, T. P. (2019). Model problem based

learning dengan mind mapping dalam

pembelajaran IPA abad 21. Proceeding

of Biology Education, 3(1), 64-73.

Awwaliyah, R., & Baharun, H. (2019).

Pendidikan Islam dalam sistem

pendidikan nasional (Telaah

epistemologi terhadap problematika

pendidikan Islam). JURNAL ILMIAH

DIDAKTIKA: Media Ilmiah

Pendidikan dan Pengajaran, 19(1),

-49.

Aziz, F. Z., Setiawan, F., Hariadi, D., &

Setianingsih, F. N. (2022).

Transformasi Kebijakan Kurikulum

Pendidikan di Indonesia Sebagai

Landasan Pengelolaan

Pendidikan. Attractive: Innovative

Education Journal, 4(2), 217-228

Candra, R. A., Prasetya, A. T., & Hartati, R.

(2019). Analisis kemampuan berpikir

kreatif peserta didik melalui

penerapan blended project based

learning. Jurnal Inovasi Pendidikan

Kimia, 13(2), 2437-2446.

Dewi, D. I. H., & Sukma, S. A. (2020). Cinta

Lingkungan Sebagai Implementasi

Nilai Karakter Religius: Suatu

Perspektif Berdasarkan Efesus 5: 1-

Excelsis Deo: Jurnal Teologi,

Misiologi, dan Pendidikan, 4(1), 1-18.

Elizabeth, A., & Sigahitong, M. M. (2018).

Pengaruh Model Problem Based

Learning Terhadap Kemampuan

Berpikir Kreatif Peserta Didik

SMA. Prisma Sains: Jurnal

Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran

Matematika Dan IPA IKIP

Mataram, 6(2), 66-76.

Erniati, E., Lindayani, L., & Rachim, N.

(2021). Penerapan Strategi Think Talk

Write (TTW) dalam meningkatkan

kemampuan menulis teks eksposisi

siswa kelas VIII SMP Negeri 30

Makassar. Jurnal Edukasi

Nonformal, 2(2), 103-114.

Fitri, Y., & Tarsan, D. (2021). VALIDITAS

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK

DENGAN MENGGUNAKAN

PENDEKATAN BASED LEARNING

DI SEKOLAH MENENGAH

PERTAMA. THEOREMS (THE

jOuRnal of mathEMatics), 6(1), 50-74.

Hotimah, H. (2020). Penerapan metode

pembelajaran problem based learning

dalam meningkatkan kemampuan

bercerita pada siswa sekolah

dasar. Jurnal edukasi, 7(2), 5-11.

Inthaly, A., & Almubaroq, H. Z. (2022). Nilai

Praksis Pancasila Sebagai Modal

Pengembangan Sumber Daya Manusia

Era Society 4.0 dalam Rangka

Mendukung Pertahanan

Negara. Jurnal

Kewarganegaraan, 19(2), 76-86.

Julaeha, S. (2019). Problematika kurikulum

dan pembelajaran pendidikan

karakter. Jurnal Penelitian

Pendidikan Islam, 7(2), 157.

Magdalena, I., Ulfi, N., & Awaliah, S. (2021).

Analisis pentingnya keterampilan

berbahasa pada siswa kelas IV di SDN

Gondrong 2. EDISI, 3(2), 243-252.

Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., &

Lazuardi, J. (2022). Bahasa sebagai

alat komunikasi dalam kehidupan

manusia. Kampret Journal, 1(2), 1-10.

Marinda, L. (2020). Teori perkembangan

kognitif Jean Piaget dan

problematikanya pada anak usia

sekolah dasar. An-Nisa': Journal of

Gender Studies, 13(1), 116-152.

Mislikhah, M. (2020). Implementasi Higher

Order Thinking Skils dalam

Pembelajaran Bahasa Indonesia di

Madrasah Ibtidaiyah. UNEJ e-

Proceeding, 582-593.

Mukhlasin, A. (2021). Kepemimpinan

Kepala Sekolah Kunci Keberhasilan

dalam Pencapaian Kualitas

Pendidikan. Journal Of

Administration and Educational

Management (ALIGNMENT), 4(2),

-199.

Ningsih, D. A. (2021). PENGEMBAGAN

MODUL PEMBELAJARAN MENULIS

IKLAN LAYANAN MASYARAKAT DI

SMP BERBASIS PENDEKATAN

SAINTIFIK.

Oktaviani, R. E. (2021). PRINSIP-PRINSIP

PEMBELAJARAN BAHASA

INDONESIA SD/MI. PENTAS: Jurnal

Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra

Indonesia, 7(1), 1-9.

Primayana, K. H., & Sastrawan, K. B. (2021).

Urgensi manajemen pendidikan

berbasis nilai-nilai kearifan lokal tri

hita karana dalam meningkatkan

komitmen organisasional

guru. Edukasi: Jurnal Pendidikan

Dasar, 2(2), 163-172.

Purnamaningsih, I. R., & Purbangkara, T.

(2022). Pengelolaan Sarana Dan

Prasarana Pendidikan Dalam

Meningkatkan Kualitas

Pembelajaran. uwais inspirasi

indonesia.

Rahayu, A. P. (2021). Penggunaan Mind

Mapping dari perspektif Tony Buzan

dalam proses pembelajaran. Jurnal

Paradigma, 11(1), 65-80.

Sibagariang, D., Sihotang, H., & Murniarti,

E. (2021). Peran guru penggerak dalam

pendidikan merdeka belajar di

indonesia. Jurnal Dinamika

Pendidikan, 14(2), 88-99.

Sulaiman, A., & Azizah, S. (2020). Problem-

Based Learning Untuk Meningkatkan

Kemampuan Berpikir Kritis Di

Indonesia: Sebuah Tinjauan Literatur

Sistematis. PEDAGOGIK: Jurnal

Pendidikan, 7(1), 107-152.

Wahyuni, D. (2020). Meningkatkan

Pembelajaran Sastra Melalui

Perkembangan Era Digital. Jurnal

Edukasi Kultura: Jurnal Bahasa,

Sastra dan Budaya, 7(1).

Wardana, M. Y. S., & Rifaldiyah, Y. (2019).

Penerapan Model Problem Based

Learning terhadap Hasil Belajar

Kognitif Pemecahan Masalah

Matematika. Thinking Skills and

Creativity Journal, 2(1), 19-26.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Ludvitasari, I. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Topik Di Bawah Atap pada Siswa Kelas IVB SDN Peterongan Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 2540–2548. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5411

Issue

Section

Prosiding 2023