71. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Discovery Learning Berbantu Media Audiovisual Siswa Kelas 1 SD
Keywords:
Hasil Belajar Matematika, Discovery Learning, Audio VisualAbstract
Hasil belajar siswa yang baik tidak hanya didukung oleh kemauan siswa untuk mau belajar dengan baik, tetapi metode pembelajaran yang digunakan oleh guru juga mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar Hasil belajar siswa kelas I SDN Glonggong setelah Penilaian Tengah Semester (PTS) diperoleh bahwa nilai pelajaran matematika dengan rata-rata 56,72 dan di bawah nilai ketuntasan minimal yaitu 65 hal ini dapat terjadi karena siswa kurang tertarik dengan pelajaran matematika. Dari pemasalahan tersebut penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui model Discovery Learning berbantu media audio visual di kelas I semester II. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan empat tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi yang dilakukan dalam dua siklus pembelajaran. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Perolehan data melalui teknik tes dan non tes. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I SD Negeri Glonggong sebanyak 36 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran Discovery Learning berbantu media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas I SD Negeri Glonggong tahun pelajaran 2022/2023 pada materi perbandingan. Dapat dibuktikan dengan data hasil belajar siswa, pada pra siklus jumlah ketercapaian hanya 33%, terjadi peningkatan pada siklus I dengan jumlah ketercapaian 61%, kemudian meningkat menjadi 78% pada siklus II. Penerapan langkah-langkah model pembelajaran Discovery Learning berbantu media audio visual yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas I SD Negeri Glonggong tahun pelajaran 2022/2023 yang meliputi pemberian stimulasi yang menggunakan media audio visual, merumuskan masalah, pengumpulan data, pemrosesan data, pembuktian data, dan menarik kesimpulan.