Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Alat Peraga Manipulatif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Ruas Garis Bangun Datar Pada Siswa Kelas II SD Supriyadi
Keywords:
PROBLEM Based Learning, PTK, Alat peraga manipulatifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep ruas garis bangun datar siswa kelas II SD Supriyadi dengan penerapan model PBL berbantuan alat peraga manipulatif. Serta mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa kelas II SD Supriyadi dengan penerapan model PBL berbantuan alat peraga manipulatif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil daripada penelitian diambil berdasarkan kegiatan prasiklus, siklus I, serta siklus II yang sudah dilakukan. Di tiap-tiap siklus dilaksanakan dengan cara diawali skegiatan pendahuluan, dimana kegiatan pendahuluan tersebut berisi kegiatan pembuka pembelajaran, berdoa sebelum pembelajaran, Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka diperoleh data yakni pada Rata-rata persentase pemahaman konsep matematika yang dicapai siswa pada tahap pra siklus adalah sebesar 14,18% dengan kriteria sangat kurang. Hasil tersebut mengalami peningkatan pada tahap siklus I dengan pencapaian rata-rata persentase sebesar 72,85% dengan kriteria baik, dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan pencapaian rata-rata persentase sebesar 78,59% dengan kriteria baik. Hasil rata-rata persentase pemahaman konsep matematika yang dicapai siswa tersebut telah memenuhi indikator keberhasilan yang minimal harus mencapai 75%. Berdasarkan hasil observasi aktivitas belajar siswa, menunjukkan bahwa melalui penerapan model PBL berbantuan alat peraga manipulatif terbukti mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas II SD Supriyadi. Hal tersebut terlihat dari peningkatan skor rata-rata siklus I sebesar 43,64 dengan kriteria baik, menjadi 51,80 dengan kriteria baik pada siklus II. Hasil yang diperoleh tersebut sudah memenuhi indikator keberhasilan yang harus mencapai > 43.
References
Maula Novendra, A., Maryani, L., & Artikel, I. (2018). Penerapan Lesson Study Melalui Metode PROBLEM Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Mahasiswa Dalam Proses Pembelajaran di FKIP UNPAS. Refleksi Edukatika, 8. https://doi.org/https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2352
Ari Pertiwi, N. L. S. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 58–69. https://doi.org/10.23887/jippg.v1i1.14262
Astuti, W., & Indianto, R. (2014). PENGGUNAAN MEDIA BENDA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA ANAK TUNAGRAHITA PADA POKOK BAHASAN PERKALIAN. In JRR Tahun (Vol. 23, Issue 1).
Dahlia, D. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Berlajar Matematika SD. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 14(2), 59–64. https://doi.org/10.55215/pedagogia.v14i2.6611KOGNITIF SISWA KELAS III. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, Hermawan, Asep Herry. 2010. Belajar dan Pembelajaran SD. Bandung: UPI Press.
Heruman. 2012. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Ibrahim, dan Suparni. 2012. Pembelajaran Matematika Teori dan Aplikasinya.
Yogyakarta. SUKA-Press UIN Sunan Kalijaga.
, 3220–3229.
Kariadinata, Rahayu., dan Maman Abdurahman. 2012. Dasar-Dasar Statistik Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.
Karim, Asrul. 2011. Penerapan Metode Penemuan Terbimbing dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Makalah diseminarkan pada Seminar Nasional Matematika dan Terapan tanggal 28-29 November 2011 di Universitas Almuslim, Bireun-Aceh. ISBN: 978-602-17004-0-2.
Kesumawati, Nila. 2008. Pemahaman Konsep Matematika dan Pembelajaran Matematika. Makalah diseminarkan pada Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika di Universitas Negeri Yogyakarta.
Kosasaih. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran: Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.
Marini, Arita. 2013. Geometri dan Pengukuran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mustikasari., Zulkardi, dkk. 2010. Pengembangan Soal-Soal Open-Ended Pokok Bahasan Bilangan Pecahan di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika. Volume: 4 No. 1.
Muslich, Masnur. 2011. Melaksanakan PTK Itu Mudah (Classroom Action Research): Pedoman Praktis Bagi Guru Profesional. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Moleong, Lexy J. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Novikasari, Ifada. 2009. Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Open-Ended di Sekolah Dasar. Jurnal Insania. Voumel: 14 No. 2.
Novikasari, Ifada, dan Mutijah. 2010. Geometri dan Pengukuran. Yogyakarta: STAIN Purwokerto Press.
Setyosari, Punaji. 2012. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan.
Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.
Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Solihatin, Etin. 2012. Strategi Pembelajaran PPKN. Jakarta: Bumi Aksara. Sudaryono. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu. Sudaryono, Guguk Margono, dkk. 2013. Pengembangan Instrumen Penelitian
Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sudjana, Djudju. 2008. Evaluasi Program Pendidikan Luar Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiarto, dan Isti Hidayah. 2006. Workshop Pendidikan Matematika I. Semarang: FMIPA UNNES.
Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sundayana, Rostina. 2014. Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.
Sutiono, Puguh Kamarullah, dkk. 2013. Penerapan Model Kooperatif Tipe STAD dengan Penggunaan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Luas Daerah Trapesium di Kelas V MIN Merduati Banda Aceh. Jurnal Pionir. Volume 1 Nomor 1 tahun 2013.
Suwandi, Sarwiji. 2011. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta: Yuma Pustaka.
Suyadi. 2013. Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Diva Press.
Syahbana, Ali. 2014. Alternatif Pemahaman Konsep Umum Luas Daerah Suatu Bangun Datar. Jurnal Edumatica. Volume 04 Nomor 02, Oktober 2014. ISSN: 2088-2157.
Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Uno, Hamzah B, dan Satria Koni. 2012. Assasment Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Van de Walle, John A. 2008. Matematika Sekolah Dasar dan Menengah. Jakarta: Erlangga.
Wahyudi, Fajar. 2014. Buku Paten Matematika SD Kelas 4, 5, 6. Yogyakarta: Laksana.
Widada, Slamet. 2010. Teori Ringkas, Latihan Soal dan Pembahasan Matematika SD Kelas IV, V, VI. Yogyakarta: Intersolusi Pressindo.
Wijaya, Ariyadi. 2012. Pendidikan Matematika Realistik: Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Winarno. 2013. Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan: Isi, Strategi, dan Penilaian. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Yeni, Ety Mukhlesi. 2011. Pemanfaatan Benda-Benda Manipulatif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Geometri dan Kemampuan Tilikan Ruang Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Makalah diseminarkan pada Seminar Nasional Matematika dan Terapan pada tanggal 28-29 November 2011 di Universitas Almuslim, Bireun-Aceh. ISBN: 978-602-17004-0-2.
Yusuf, Mariska., Zulkardi, dkk. 2009. Pengembangan Soal-Soal Open-Ended Pada Pokok Bahasan Segitiga dan Segiempat di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika. Volume: 3 No. 2.
Zuhanisasi, Virlina., dan Sumardi. 2013. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Pecahan Dengan Media Alat Peraga Matematika Bagi Siswa Kelas VIIB SMP Negeri 2 Gatak Tahun Ajaran 2012/2013. Makalah diseminarkan pada Seminar Nasional Pendidikan Matematika pada tanggal 15 Mei 2013 di Surakarta.