Pengaruh Pendekatan Berdiferensiasi Terhadap Keterampilan Smash Permainan Bola Voli Kelas X Pemasaran 3 Di SMK Negeri 2 Semarang
Keywords:
Pendekatan , Diferensiasi, Keterampilan , Smash, Permainan , Bola VoliAbstract
Pengaruh pendekatan berdiferensiasi terhadap keterampilan smash permainan bola voli kelas X pemasaran 3 di smk negeri 2 semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pendekatan berdiferensiasi terhadap smash permainan bola voli kelas x di smk negeri 2 semarang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan penelitian Tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X 3 ppemasaran 3 smk negeri 2 semarang yang berjumlah 36 siswa. Instrument pengumpulan data dengan cara tes dan pengukuran olahraga melalui rubrik penelitian. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian adalah analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh pendekatan berdiferensiasi terhadap keterampilan smash bola vol kelas x pemasaran 3 smk negeri 2 semarang dengan melihat kenaikan persentase dari siklus I siklus II.
References
Adhi Putra, Y., & Sistiasih, V. S. (2021). Modifikasi Pembelajaran Permainan Bola Voli. Jurnal Porkes, 4(2), 126–133. https://doi.org/10.29408/porkes.v4i2.4705
Akhmad, I., Suharjo, Hariadi, Dewi, R., & Supriadi, A. (2022). The Effects of Learning Strategies on Senior High School Students’ Motivation and Learning Outcomes of Overhead Passing in Volleyball. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 10(2), 458–476. https://doi.org/10.46328/ijemst.2291
Arikunto, S. (2016). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.
Bargas, Y., Arifin, Z., & Permadi, A. A. (2024). Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe TGT ( Team Game Tournament ) terhadap hasil belajar service bawah permainan bola voli. Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia (JOPI), 4(1), 1–13.
Destriana, D., Elrosa, D., & Syamsuramel, S. (2022). Kebugaran Jasmani Dan Hasil Belajar Siswa. Jambura Health and Sport Journal, 4(2), 69–77. https://doi.org/10.37311/jhsj.v4i2.14490
Endriani, D., Sitompul, H., Mursid, R., & Dewi, R. (2022). Development of a Lower Passing Model for Volleyball Based Umbrella Learning Approach. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 10(3), 681–694. https://doi.org/10.46328/ijemst.2508
Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Murid Dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175–182. https://doi.org/10.21009/pip.352.10
Mabrur, M., Setiawan, A., & Mubarok, M. Z. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Guling Depan Senam Lantai. Physical Activity Journal, 2(2), 193. https://doi.org/10.20884/1.paju.2021.2.2.4014
Mustafa, P. S., & Winarno, M. E. (2020). Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Aktivitas Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di SMK Negeri 4 Malang. Jurnal Penjakora, 7(2), 78–92. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/PENJAKORA/article/view/25633
Neviantoko, G. Y., Mintarto, E., & Wiriawan, O. (2020). Pengaruh Latihan Five Cone Snake Drill, V-Drill Dan Lateral Two in the Hole, in Out Shuffle Terhadap Kelincahan Dan Kecepatan. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 19(2), 154. https://doi.org/10.20527/multilateral.v19i2.9039
Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran. In Nizmania Learning Center. Nizamia Learning Center.
Ranti, S., Maidarman, M., Hermanzoni, H., & Mardela, R. (2020). Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. Jurnal Patriot, 2(4), 1019–1035.
Riyanto, S., & Andhita, A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif. Cv Budi Utama.
Rohmah, L., & Muhammad, H. N. (2021). Tingkat Kebugaran Jasmani Dan Aktivitas Fisik Siswa Sekolah. Jurnal Universitas Negeri Surabaya, 09(01), 511–519.
Samsudin. (2019). Model Pembelajaran Atletik. Program Studi Pendidikan Jasmani Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Jakarta.
Soemaryoto, & Nopembri, S. (2018). Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (Kelas XII). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Utomo, B., Hartati, & Yuli, S. C. (2015). Upaya meningkatkan partisipasi aktif Siswa dalam pembelajaran pjok melalui modifikasi bermainan Softball. Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 6(2), 469–471.