233. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning pada Materi Bangun Datar Kelas 1

Authors

  • Sikky Rokhayah Universitas PGRI Semarang
  • Bagus Ardi Saputro Universitas PGRI Semarang
  • Ika Setyowati SD Negeri Angkatan Lor 03

Keywords:

Hasil Belajar Siswa, Media Papan Tempel, Problem Based Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan mengajar guru dan meningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika melalui penerapan model problem based learning berbantuan media papan tempel di kelas I SDN Angkatan Lor 03. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing tiap siklusnya terdiri dari 1 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas I SDN Angkatan Lor 03 yang terdiri dari 15 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan terdapat peningkatan hasil belajar matematika siswa. Di peroleh hasil pada siklus I sebesar 63% menjadi 100% pada siklus II. Keterampilan guru dalam mengelola kelas menglami peningkatan pada siklus I sebesar 77% menjadi 91% pada siklus II. Kesimpulannya penerapan model Problem Based Learning dengan media papan tempel dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas I SDN Angkatan Lor 03 dan keterampilan mengajar guru.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Rokhayah, S., Saputro, B. A., & Setyowati, I. (2023). 233. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning pada Materi Bangun Datar Kelas 1. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 2075–2083. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4281

Issue

Section

Prosiding 2023