Penerapan Pembelajaran Model PBL Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMKN H. Moenadi

Authors

  • Diana Siskadewi Universitas PGRI Semarang
  • Rivanna Citraning Rachmawati Universitas PGRI Semarang
  • Ipah Budi Minarti Universitas PGRI Semarang
  • Sri Yuni Rochmawati SMKN H. Moenadi Ungaran

Keywords:

Kearifan Lokal, Bepikir Kritis, Problem Based learning

Abstract

Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik pada proses pembelajaran di kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik setelah diterapkannya model Problem Based Learning berbasis kearifan lokal. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X ATN 4 SMKN H. Moenadi Ungaran. Pengumpulan data dilakukan melalui tes uraian berbasis soal pemikiran tingkat tinggi yang dirancang berdasarkan indikator kemampuan berpikir kritis, yaitu focus, reason, inference, situation, calrity, dan overview. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus pertama sebagian besar peserta didik berada pada kategori cukup hingga kurang, sedangkan pada siklus kedua terjadi peningkatan yang signifikan, terutama pada indikator situation. Penerapan model PBL berbasis kearifan lokal membuat peserta didik lebih aktif, terlibat langsung dengan konteks lingkungan sekitar, serta mampu membangun pemahaman yang lebih mendalam melalui diskusi dan praktik nyata. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran PBL berbasis kearifan lokal efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Peningkatan terjadi sebanyak 34% pada siklus II. Pembelajaran memberikan pengalaman belajar yang bermakna dan relevan dengan kehidupan mereka.

References

Adrillian, H., & Noriza, D. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Kontruktivisme Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Pendekatan Kontruktivisme Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik, 57–65. https://proceeding.unnes.ac.id/prisma

Aliyyah, R. R., Amini, A., Subasman, I., Herawati, E., & Febiantina, S. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Melalui Penggunaan Media Video Pembelajaran. Jurnal Sosial Humaniora, 12(1), 54–70. https://ojs.unida.ac.id/JSH/article/view/4034/2813

Anesa Surya. (2016). Learning Trajectory Pada Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar (SD). Pendidikan Ilmiah, 22.

Budiarti, I., & Airlanda, G. S. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Riser Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 2(1), 167–183.

Manik, P. S. S., & Ngurah, G. S. A. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat TinggiDalam Menyelesaikan Soal HOTSMata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 258–269. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/view/25336/15392

Mokoginta, M. M., & Indrianti, M. A. (2020). EKSISTENSI KEARIFAN LOKAL BERCOCOK TANAM DALAM MEMPERTAHANKAN KETAHANAN PANGAN LOKAL (Studi Masyarakat Desa Bilalang 1). SENASTER" Seminar Nasional …, October, 1–9. https://jurnal.untidar.ac.id/index.php/senaster/article/view/2627

Naela Khusna Faela Shufa, & Tito Pangesti Adji. (2024). Pembelajaran Terintegrasi STEAM berbasis Kearifan Lokal: Strategi Signifikan dalam Meningkatkan 4 Cs di Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Pendidikan, 1(2), 55–67. https://doi.org/10.62951/prosemnasipi.v1i2.30

Octavyanti, N. P. L., & Wulandari, I. G. A. A. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 66–74. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32223

Parlindungan, D. P., Mahardika, G. P., & Yulinar, D. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Video Pembelajaran dalam Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ ) di SD Islam An-Nuriyah. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1–8.

Pratama, F. W. (2023). Profil Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Matematika dalam Menyelesaikan Soal Geometri Datar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1946–1962. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.1717

Rachmawati, R. C., Mulyaningrum, E. R., Roshayanti, F., & Biologi, J. P. (2014). Pengembangan karakter dan penguasaan konsep dengan pendekatan inquiry laboratory materi identifikasi algae. 3, 94–106.

Rizqi, N. R., & Dewi, I. (2022). Mathematics Learning in the Era of Society 5.0 in Terms of the Objectives and Ideology Of Mathematics Education. EDUTEC : Journal of Education And Technology, 6(2), 403–412. https://doi.org/10.29062/edu.v6i2.487

Rohani. (2016). 1889-4053-1-Sm. 1(2), 173–184.

Saputri, M. A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 92–98. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.602

Setiawan, T., Sumilat, J. M., Paruntu, N. M., & Monigir, N. N. (2022). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dan Problem Based Learning pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9736–9744. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4161

Susanti, S., Pomalao, S., Resmawan, R., & Hulukati, E. (2023). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menggunakan Multimedia Interaktif. Differential: Journal on Mathematics Education, 1(1), 37–46.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Siskadewi, D., Citraning Rachmawati, R., Budi Minarti, I., & Yuni Rochmawati, S. (2024). Penerapan Pembelajaran Model PBL Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMKN H. Moenadi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 2503020377. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7238

Issue

Section

Agri Bisnis dan Tanaman

Similar Articles

<< < 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.