Peningkatan Kreativitas Menggambar Objek Daun Prinsip Ritme dengan Penerapan Outdoor Learning Kelas V SD

Authors

  • Aisyah Nurhidaya Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Peningkatan, kreativitas, objek daun, prinsip ritme, outdoor learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas menggambar objek daun prinsip ritme dengan
penerapan outdoor learning kelas V C di SD Islam Al Madina, Semarang. Rancangan penelitian yang
digunakan adalah rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur pelaksanaan dalam penelitian
ini melalui tahapan-tahapan yang meliputi : perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan
(observing), dan refleksi (reflectig). Jenis data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data kualitatif
dan data kuantitatif. Data kualitatif berasal dari hasil wawancara terhadap guru, observasi terhadap
siswa, sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil karya siswa. Berdasarkan hasil penelitian
pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran seni rupa materi menggambar objek daun prinsip ritme
menggunakan penerapan outdoor learning di kelas V C SD Islam Al Madina terdapat peningkatan.
Dilihat dari siklus I hasil observasi memperoleh rata-rata 2 masuk dalam katergori sedang dan hasil
karya memeproleh ketuntasan klasikal 37% dan tidak tuntas 63%. Sedangkan pada siklus II terdapat
peningkatan dalam observasi terhadap siswa yang memperoleh rata-rata 3 masuk dalam kategori kreatif
dan hasil karya siswa dengan ketuntasan 93% dan tidak tuntas sebesar 7%. Berdasarkan hasil penelitian
adanya peningkatan dalam menggambar objek daun prinsip ritme dengan penerapan outdoor learning
kelas V SD..

References

Anik Pamilu. (2007). Mengembangkan

Kreativitas dan Kecerdasan Anak.

Yogyakarta: Citra Media.

Aqib, Zainal. 2013. Model-model, Media,

dan Strategi Pembelajaran

Kontekstual (Inovatif).

Bandung:Yrama Widya.

Arikunto, Suharsimi. Manajemen

Penelitian. (Jakarta : Rineka cipta,

Departemen Pendidikan Nasional. (2008).

Pengembangan Model

Pembelajaran di Taman Kanak-

kanak. Jakarta: Departemen

Pendidikan Nasional, Direktorat

Jenderal Manajemen Pendidikan

Dasar dan Menengah, Direktorat

Pembinaan Taman aanak-kanak

dan Sekolah Dasar.

Depdiknas .2003. Undang-undang RI

No.20 tahun 2003.tentang sistem

pendidikan nasional

Ekawarna. (2013). Penelitian Tindakan

kelas. Jakarta selatan : Referensi

(GP press. Group).

Heryanti, S. (2010). Upaya meningkatkan

kreativitas menggambar ilustrasi

melalui model pembelajaran

kontekstual pada siswa kelas V SD

Negeri 02 Sikasur Tahun 2010.

Kartono, G., Mesra, M., & Azis, A. C. K.

(2020) Pengembangan Media Ajar

Grafis Komputer Materi WPAP

dalam Bentuk E-book dan Video

Tutorial Bagi Mahasiswa Seni

Rupa. Gorga: Jurnal Seni Rupa,

(1), 127132.

Khaeruddin, & Mahfud Junaedi dkk.

Kurikulum Tingkat Satuan

Pendidikan.(Yogyakarta: Nuansa

Aksara. 2007)

Lubis, N. A. (2022). Meningkatkan

Kreativitas Siswa Sekolah Dasar

melalui Karya Seni Rupa

Menggambar

Imajinatif. Mahaguru: Jurnal

Pendidikan Guru Sekolah

Dasar, 3(2), 15-25.

Nainggolan, M., Silaban, B., & Azis, A. C. K.

(2018). Analisis Karya Gambar

Bentuk Siswa KelasVII SMP Negeri

Simangumban Berdasarkan

Prinsip-Prinsip Seni Rupa. Gorga:

Jurnal Seni Rupa, 7(2), 212-217.

Pamadhi, Hajar, dan Sukardi. 2010. Seni

Keterampilan Anak.

Jakarta:Universitas Terbuka.

Rosyid, M. (2016). Peningkatan

Kreativitas Menggambar Ilustrasi

Menggunakan Metode Inkuiri

Terbimbing Pada Siswa Kelas IV

SDN Ngancar. BASIC

EDUCATION, 5(27), 2-614.

Soehardjo, A.J. (2012). Pendidikan Seni.

Malang: bayumedia Publishing.

Soehendro, B. (2006). Panduan

penyusunan kurikulum tingkat

satuan pendidikan jenjang

pendidikan dasar dan

menengah. Jakarta: Badan

Standar Nasional Pendidikan.

Suhaya. (2016). Pendidikan Seni Sebagai

Penunjang Kreativitas. Jurnal

Pendidikan dan Kajian Seni, 1-15.

Sukamto, S., & Wardani, A. K. (2016).

Pembelajaran matematika

menggunakan cd interaktif amt

berbasis lectora inspire untuk siswa

sd. Mimbar Sekolah Dasar, 3(1), 19-

Sumanto. (2006). Pengembangan

Kreativitas Seni Rupa Anak

Sekolah Dasar. Jakarta:

Departemen Pendidikan Nasional.

Suparlan, Menjadi Guru Efektif, (Jakarta:

Hikayat Publishing, 2008)

Tim Penyusun Kamus Besar Bahasa

Indonesia. (1990). Kamus Besar

Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai

Pustaka.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Nurhidayah, A. (2023). Peningkatan Kreativitas Menggambar Objek Daun Prinsip Ritme dengan Penerapan Outdoor Learning Kelas V SD. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 1628–1636. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5298

Issue

Section

Prosiding 2023