Peningkatan Kreativitas Menggambar Objek Daun Prinsip Ritme dengan Penerapan Outdoor Learning Kelas V SD
Keywords:
Peningkatan, kreativitas, objek daun, prinsip ritme, outdoor learningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas menggambar objek daun prinsip ritme dengan
penerapan outdoor learning kelas V C di SD Islam Al Madina, Semarang. Rancangan penelitian yang
digunakan adalah rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur pelaksanaan dalam penelitian
ini melalui tahapan-tahapan yang meliputi : perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan
(observing), dan refleksi (reflectig). Jenis data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data kualitatif
dan data kuantitatif. Data kualitatif berasal dari hasil wawancara terhadap guru, observasi terhadap
siswa, sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil karya siswa. Berdasarkan hasil penelitian
pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran seni rupa materi menggambar objek daun prinsip ritme
menggunakan penerapan outdoor learning di kelas V C SD Islam Al Madina terdapat peningkatan.
Dilihat dari siklus I hasil observasi memperoleh rata-rata 2 masuk dalam katergori sedang dan hasil
karya memeproleh ketuntasan klasikal 37% dan tidak tuntas 63%. Sedangkan pada siklus II terdapat
peningkatan dalam observasi terhadap siswa yang memperoleh rata-rata 3 masuk dalam kategori kreatif
dan hasil karya siswa dengan ketuntasan 93% dan tidak tuntas sebesar 7%. Berdasarkan hasil penelitian
adanya peningkatan dalam menggambar objek daun prinsip ritme dengan penerapan outdoor learning
kelas V SD..
References
Anik Pamilu. (2007). Mengembangkan
Kreativitas dan Kecerdasan Anak.
Yogyakarta: Citra Media.
Aqib, Zainal. 2013. Model-model, Media,
dan Strategi Pembelajaran
Kontekstual (Inovatif).
Bandung:Yrama Widya.
Arikunto, Suharsimi. Manajemen
Penelitian. (Jakarta : Rineka cipta,
Departemen Pendidikan Nasional. (2008).
Pengembangan Model
Pembelajaran di Taman Kanak-
kanak. Jakarta: Departemen
Pendidikan Nasional, Direktorat
Jenderal Manajemen Pendidikan
Dasar dan Menengah, Direktorat
Pembinaan Taman aanak-kanak
dan Sekolah Dasar.
Depdiknas .2003. Undang-undang RI
No.20 tahun 2003.tentang sistem
pendidikan nasional
Ekawarna. (2013). Penelitian Tindakan
kelas. Jakarta selatan : Referensi
(GP press. Group).
Heryanti, S. (2010). Upaya meningkatkan
kreativitas menggambar ilustrasi
melalui model pembelajaran
kontekstual pada siswa kelas V SD
Negeri 02 Sikasur Tahun 2010.
Kartono, G., Mesra, M., & Azis, A. C. K.
(2020) Pengembangan Media Ajar
Grafis Komputer Materi WPAP
dalam Bentuk E-book dan Video
Tutorial Bagi Mahasiswa Seni
Rupa. Gorga: Jurnal Seni Rupa,
(1), 127132.
Khaeruddin, & Mahfud Junaedi dkk.
Kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan.(Yogyakarta: Nuansa
Aksara. 2007)
Lubis, N. A. (2022). Meningkatkan
Kreativitas Siswa Sekolah Dasar
melalui Karya Seni Rupa
Menggambar
Imajinatif. Mahaguru: Jurnal
Pendidikan Guru Sekolah
Dasar, 3(2), 15-25.
Nainggolan, M., Silaban, B., & Azis, A. C. K.
(2018). Analisis Karya Gambar
Bentuk Siswa KelasVII SMP Negeri
Simangumban Berdasarkan
Prinsip-Prinsip Seni Rupa. Gorga:
Jurnal Seni Rupa, 7(2), 212-217.
Pamadhi, Hajar, dan Sukardi. 2010. Seni
Keterampilan Anak.
Jakarta:Universitas Terbuka.
Rosyid, M. (2016). Peningkatan
Kreativitas Menggambar Ilustrasi
Menggunakan Metode Inkuiri
Terbimbing Pada Siswa Kelas IV
SDN Ngancar. BASIC
EDUCATION, 5(27), 2-614.
Soehardjo, A.J. (2012). Pendidikan Seni.
Malang: bayumedia Publishing.
Soehendro, B. (2006). Panduan
penyusunan kurikulum tingkat
satuan pendidikan jenjang
pendidikan dasar dan
menengah. Jakarta: Badan
Standar Nasional Pendidikan.
Suhaya. (2016). Pendidikan Seni Sebagai
Penunjang Kreativitas. Jurnal
Pendidikan dan Kajian Seni, 1-15.
Sukamto, S., & Wardani, A. K. (2016).
Pembelajaran matematika
menggunakan cd interaktif amt
berbasis lectora inspire untuk siswa
sd. Mimbar Sekolah Dasar, 3(1), 19-
Sumanto. (2006). Pengembangan
Kreativitas Seni Rupa Anak
Sekolah Dasar. Jakarta:
Departemen Pendidikan Nasional.
Suparlan, Menjadi Guru Efektif, (Jakarta:
Hikayat Publishing, 2008)
Tim Penyusun Kamus Besar Bahasa
Indonesia. (1990). Kamus Besar
Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai
Pustaka.