Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Model Project-Based Learning Berbantuan Google SpreadSheet
Keywords:
Kemampuan Pemecahan Masalah, PjBL, Google SpreadsheetAbstract
Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan salah satu keterampilan yang diperlukan
untuk pendidikan pada abad ke-21. Kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dapat
mencapai hasil yang maksimal, guru diharapkan dapat memberikan kegiatan pembelajaran yang
memfasilitasi peserta didik dalam menyelesaikan permasalahan matematika dengan pembelajaran yang
berpusat pada peserta didik, yaitu model Project-Based Learning (PjBL) berbantuan google
spreadsheet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan peserta
didik menggunakan model project-based learning berbantuan google spreadsheet. Penelitian ini
merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari 2 siklus yang masing-masing
menggunakan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan
yaitu tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan lembar observasi. Populasi pada penelitian
yang dilakukan adalah peserta didik kelas XI di salah satu sekolah menengah kejuruan Kota Semarang.
Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah meningkatnya ketuntasan hasil belajar pada
kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada pembelajaran model project-based
learning dengan berbantuan google spreadsheet pada siklus 1 dan siklus 2 mencapai ketuntasan belajar
secara klasikal. Adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik di mana
pada siklus 1 diperoleh ketuntasan peserta didik 69% dan peserta didik yang belum tuntas 31%. Rata-
rata nilai pada siklus 1 diperoleh 78,56. Pada siklus 2 diperoleh ketuntasan belajar mencapai 100% dan
rata-rata nilainya pada siklus 2 adalah 84,67.
References
Difinubun, F. A., Makmuri, & Hidajat, F. A.
(2022). Analisis kebutuhan modul
ajar matematika untuk meningkatkan
kemampuan pemecahan masalah
siswa SMK kelas X. Journal of
Nusantara Education, 2(4), 853–864.
https://doi.org/10.57176/jn.v2i1.38
Komarudin, K., Puspita, L., Suherman, S.,
& Fauziyyah, I. (2020). Analisis
Pemahaman Konsep Matematis
Peserta Didik Sekolah Dasar: Dampak
Model Project Based Learning Model.
DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1),
https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.189
Mabruri, M. I. (2022). Simulasi Rasio dan
Proporsi Menggunakan Google
Spreadsheet. Jurnal Didaktika
Pendidikan Dasar, 6(1), 347–368.
https://doi.org/10.26811/didaktika.v
i1.643
Muyassaroh, I., Mukhlis, S., & Ramadhani,
A. (2022). Model Project Based
Learning melalui Pendekatan STEM
untuk Meningkatkan Kemampuan
Pemecahan Masalah Siswa SD. 8(4),
–1616.
https://doi.org/10.31949/educatio.v8
i4.4056
Nurfitriyanti, M. (2016). Model
Pembelajaran Project Based Learning
Terhadap Kemampuan Pemecahan
Masalah Matematika. Formatif:
Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA,
(2), 149–160.
https://doi.org/10.30998/formatif.v6
i2.950
Octaviyani, I., Kusumah, Y. S., & Hasanah,
A. (2020). Peningkatan Kemampuan
Berpikir Kreatif Matematis Siswa
Melalui Model Pembelajaran Inquiri.
AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan
Matematika,
(2), 124.
https://doi.org/10.30821/axiom.v9i2
.7208
Safithri, R., Syaiful, S., & Huda, N. (2021).
Pengaruh Penerapan Problem Based
Learning (PBL) dan Project Based
Learning (PjBL) Terhadap
Kemampuan Pemecahan Masalah
Berdasarkan Self Efficacy Siswa.
Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan
Matematika,
(1), 335
–346.
https://doi.org/10.31004/cendekia.v
i1.539
Shoimah, R. N., & Syafi’aturrosyidah, M.
(2021). Penggunaan Media
Pembelajaran Konkrit Untuk
Meningkatkan Aktifitas Belajar
dan
Pemahaman Konsep Pecahan Mata
Pelajaran Matematika Siswa Kelas III MI Ma’arif NU Sukodadi-Lamongan. 4(2), 1–18.
Sriwahyuni, K., & Maryati, I. (2022).
Kemampuan Pemecahan Masalah
Matematis Siswa pada Materi
Statistika. Inomatika,
(2), 335
–344.
https://doi.org/10.35438/inomatika
.
v4i1.279
Suryani, M., Heriyanti, L., & Artia, T.
(2020). Analisis Kemampuan
Pemecahan Masalah Siswa
Berdasarkan Kemampuan Awal
Matematika Mosharafa. Jurnal
Pendidikan Matematika.
, 119
–130.
Widyaningrum, F. C., Sulistyowati, C. A., &
Feriady, M. (2021). Model Project
Based Learning Berbantuan Google
Spreadsheet
dalam Meningkatkan
Hasil Belajar
dan Keterampilan 4
C
Siswa. 04(01), 72
–81.