Penerapan Problem Based Learning Berbantu LKPD untuk Meningkatkan Hasil Belajar di SMK Negeri 1 Bawen

Authors

  • Zaenab Zakiyyatun Qalbi Universitas PGRI Semarang
  • Muhammad Syaipul Hayat Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Semarang
  • Rivanna Citraning Rahmawati Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Semarang
  • Susilo Wardani

Keywords:

Hasil Belajar, LKPD, SMK

Abstract

Hasil belajar menjadi salahsatu indikator penting Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dalam menghasilkan lulusan berdaya saing, hasil belajar yang rendah yang dimiliki kelas XI ATPH B SMK Negeri 1 Bawen dapat mempengaruhi kualitas lulusan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar melalui penerapan Problem Based Learning berbantu LKPD. Siklus dalam penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus dengan subjek penelitian kelas XI ATPH B dengan jumlah 36. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar wawancara, rubrik, lembar observasi dan tes kognitif dengan teknik analisis data menggunakan rumus persentase hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan persentase ketuntasan pada aspek afektif 58,3%, aspek psikomotorik 58,3 % serta aspek kognitif 69,4 % pada siklus I dan siklus II pada aspek afektif 88,9 %, psikomotorik 80,6% dan kognitif 88,9% yang sudah memenuhi kriteria lebih dari 80 % ketuntasan yang ditetapkan. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Problem Based Learning berbantu LKPD dapat meningkatkan hasil belajar secara keseluruhan.

References

Anggelia, D., Puspitasari, I., & Arifin, S. (2022). Penerapan Model Project-based Learning ditinjau dari Kurikulum Merdeka dalam Mengembangkan Kreativitas Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(2), 398-408. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(2).11377

Anisah, A., Kurniati, N., Triutami, T. W., & Azmi, S. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 11 Mataram Tahun Ajaran 2024/2025. Jurnal Pendas, 9(4). https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.21125

Anggraini, R. D., Murni, A., & Gunawan, T. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Problem Based Learning Pada Materi SPLTV Untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Cendikia, 6(3), 3136-3147. https://www.academia.edu/download/100130530/765.pdf

Amanda, G., Maya, R., & Amelia, R. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Peserta Didik Melalui LKPD Berbasis Live Worksheets Pada Materi Himpunan Dengan Pendekatan Berbasis Masalah. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(5), 1331-1340. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i5.10852

Aprina, E. A., Fatmawati, E., & Suhardi, A. (2024). Penerapan model problem based learning untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis pada muatan IPA sekolah dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 981-990. https://doi.org/10.58230/27454312.496

Arifah, N. A., Mushafanah, Q., Listyarini, I., & Wakhyuni, T. (2023). Analisis Problem Based Learning Berbantu Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran Kelas III. EDU SOCIETY: JURNAL PENDIDIKAN, ILMU SOSIAL DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 3(3), 1113-1120. https://www.jurnal.permapendis-sumut.org/index.php/edusociety/article/view/392

Bloom, B. S. (1956). Taxonomy of Educational Objectives: The Classification of Educational Goals. Handbook I: Cognitive Domain. New York: David McKay Company. https://cir.nii.ac.jp/crid/1571698599627195904

Dinata, S., Dinata, S. A. D. A., Saputra, D., & Ismawanti, A. N. (2024). ANALISIS FAKTOR–FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA KEAKTIFAN PESERTA DIDIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN IPA. Jurnal Tunas Pendidikan, 7(1), 139-147. DOI: https://doi.org/10.52060/pgsd.v7i1.1985

Eva, E. N. H., Saputro, B. A., & Purnamasari, I. (2023). MENINGKATKAN ASPEK KOGNITIF MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS III SEKOLAH DASAR. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 4693-4707. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1162

Hanita, I. R., & Lathifah, I. (2021). Inovasi Model Pembelajaran PAUD Dimasa Pandemic COVID-19 di TK Aisiyah 1 Kesugihan. Jurnal Warna, 5(1), 29-39. https://doi.org/10.52802/warna.v5i1.282

Harahap, N. F. (2023). Pengembangan E-LKPD Berbasis QR-Code Melalui Model Problem Based Learning pada Materi Bangun Datar di Kelas IV Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Medan). https://doi.org/10.24114/jh.v14i2.47398

Hayat, M. S., Rustaman, N. Y., Rahmat, A., & Redjeki, S. (2019, February). Profile of life-long learning of prospective teacher in learning biology. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1157, No. 2, p. 022083). IOP Publishing. DOI 10.1088/1742-6596/1157/2/022083

Irsyad, W., Putra, V. S., Yusri, F., & Yarni, L. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Peserta didik dan Upaya Mengatasinya (Studi Kasus Di MTs. Nurul Ilmi Salimpat). Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 9(1), 97-105. https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/BKA/article/view/11074

Krathwohl, D.R., Bloom, B.S., & Masia, B.B. (1964). Taxonomy of Educational Objectives: The Classification of Educational Goals. Handbook II: Affective Domain. New York: David McKay Company.

Minarti, I. B., Rachmawati, R. C., & Aulia, W. (2022). Analisis kesiapan guru dalam implementasi asesmen autentik pembelajaran biologi pada Kurikulum Merdeka di SMA Negeri se-Kabupaten Kebumen. Journal on Education, 4(4), 2029-2039.

Mudhori, B., & Maulana, A. (2020). Penerapan metode demonstrasi dalam menumbuhkan keaktifan peserta didik pada pembelajaran fikih kelas X SMA Muhammadiyah 08 Cerme. Tamaddun: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keislaman, 20(2), 147–159. https://journal.umg.ac.id/index.php/tamaddun/article/download/1374/1009

Rahayu, N. P., Damayani, A. T., Rofiqoh, K., & Sugiyanti, S. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas III SD Negeri Sendangguwo 01. Journal of Education and Counseling, 7(1), 5508–5518. https://doi.org/10.31004/joe.v7i1.7136

Salahuddin, S. (2022). Penggunaan Sumber Belajar Beragam untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta didik Mata Pelajaran Ekonomi pada Materi Pelaku Ekonomi dalam Kegiatan Ekonomi di Kelas X-1 Semester I SMAN 2 Bolo Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 2(1), 67-80.https://doi.org/10.53299/jppi.v2i1.170

Saputra, N. (2021). Penelitian tindakan kelas. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini. https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=zeM3EAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=Saputra,+N.+(2021).+Penelitian+tindakan+kelas.+Yayasan+Penerbit+Muhammad+Zaini.&ots=BEeERzD2U1&sig=3ihalpC14P2Uv-gPzljmRmwZ54c

Sari, N. D., Megawanti, P., & Setiawan, J. (2024). Tantangan dan Model Pembelajaran Pasca Pandemi COVID-19 di Perguruan Tinggi. Journal of Education Research, 5(3), 2671-2677. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.337

Simpson, E. J. (1972). The classification of educational objectives in the psychomotor domain. Washington, DC: Gryphon House.

Syahrul, S., Nasir, M., & Nurfathurrahmah, N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Kelas XI SMAN 1 Lambitu. Jurnal Oryza Pendidikan Biologi, 11(2). https://doi.org/10.33627/oz.v11i2.938

Siyamuningsih, L. A., Khoiri, N., Nuroso, H., & Hayat, M. S. (2024). ANALISIS STRATEGI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERBASIS ESD (EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT) DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMAN 1 SEMARANG. Jurnal Kajian Pendidikan, 6(3). https://journalpedia.com/1/index.php/jkp/article/view/2630

Susilowati, D. (2018). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran. Edunomika, 2(1), 36–46. https://doi.org/10.29040/jie.v2i01.175

Taher, T. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik SMP Negeri 2 Mangoli Tengah. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(24), 776–781. https://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/download/4014/2918/

Utami, W. A. (2023). Penggunaan metode demonstrasi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar. Elementary Journal of Education, 7(1), 12–20. https://publication.umsu.ac.id/index.php/eji/article/download/3496/338

Yualfian, R. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 3(1). https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/16457

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Zaenab Zakiyyatun Qalbi, Muhammad Syaipul Hayat, Rivanna Citraning Rahmawati, & Susilo Wardani. (2024). Penerapan Problem Based Learning Berbantu LKPD untuk Meningkatkan Hasil Belajar di SMK Negeri 1 Bawen. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 2503020370. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7307

Issue

Section

Agri Bisnis dan Tanaman

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.