Peningkatan Hasil Belajar Materi Teks Laporan Hasil Observasi dengan Menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantukan Media Quizizz Pada Siswa Kelas X TO 1 SMK Negeri 7 Semarang

Authors

  • Rachma Nurul Aini Universitas PGRI Semarang

Keywords:

hasil belajar, teks laporan hasil observasi, model PBL, media quizizz

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik kelas X TO 1 dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi Teks Laporan Hasil Observasi dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning dan media quizizz sebagai perantara peningkatan hasil belajar siswa kelas X TO 1. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan selama 2 siklus. Siklus pertama dilakukan selama 2 pertemuan yang terdiri dari satu kali pembelajaran dan satu kali melakukan evaluasi. Pada siklus kedua juga sama, dilakukan 2 kali pertemuan dengan rincian satu kali pembelajaran dan satu kali tes evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran bebasis problem dan media quizizz digunakan sebagai perantara tes evaluasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar teks laporan hasil observasi dapat dilihat dari hasil tes yang diberikan. Pada siklus I persentasenya 35%, sedangkan siklus II persentasenya meningkat menjadi 95%.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Aini, R. N. . (2023). Peningkatan Hasil Belajar Materi Teks Laporan Hasil Observasi dengan Menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantukan Media Quizizz Pada Siswa Kelas X TO 1 SMK Negeri 7 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 192–196. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4789

Issue

Section

Prosiding 2023