IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS XI 2 DI SMA KESATRIAN 2 SEMARANG

Authors

  • Surya Fuji Rahayu Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Hasil Belajar kognitif, Problem Based Learning, Video

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik yang rendah pada mata pelajaran biologi di kelas XI 2 SMA Kesatrian 2 Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik dengan model pembelajaran Problem Based Learning berbantu Video. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus di mana masing-masing siklus dilaksanakan dengan empat tahapan, yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi dengan teknik pengumpulan data meliputi hasil belajar kognitif dengan pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran dengan penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan video dapat meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik setiap siklus. Peningkatan dapat dilihat dari rata-rata peningkatan hasil belajar peserta didik sebelum mengikuti pembelajaran sebesar 7,5 % dan setelah mengikuti pembelajaran meningkat menjadi 23% dan ketuntasan hasil nilai siswa dimana pada siklus 1 dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 78,3% hal ini menunjukan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan video dapat meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik.

References

Aminah, S. (2018). Efektivitas Metode Eksperimen Dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar. Jurnal Indragiri, 1-(4), 114-121.

Dewi, W., Shanta, R., & Suryati. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas V SDN 3 Wonokromo. Artikel telah dipresentasikan pada Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. (pp. 102-106)

Fauzan, M., Gani, A., & Syukri, M. (2017). Penerapan model Problem Based Learning pada pembelajaran materi sistem tata surya untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(1), 27-35.

Febriani, C. (2017). Pengaruh media video terhadap motivasi belajar dan hasil belajar kognitif pembelajaran IPA kelas V sekolah dasar. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 11-21.

Hatimah, H., Wahyudi, W., Verawati, N. N. S. P., & Gunawan, G. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Problem Based Learning Berbantuan Video untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Pada Materi Gerak Lurus. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2c), 741-746.

Hidayat & Eka, Cahaya M. 2016. Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Kegiatan Membilang Benda Sekitar. Jurnal Pendidikan Anak, 5(2), 790-797.

Irfan, M. (2019). Pengaruh Penerapan Metode Resitasi terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa SMA. Bioma, 1(01), 47-55

Janah, F. N. M., Sulasmono, B. S., & Setyaningtyas, E. W. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Video Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1), 63-73.

Kusuma, W., 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Indeks

Lestari, D.G., & Irawati, H. (2020). Literature Review: Peningkatan Hasil Belajar Kognitif dan Motivasi Siswa pada Materi Biologi melalui Model Pembelajaran Guided Inquiry. Bioma, 02(2), 51-59

Majid, A. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya

Prastiyo, S., Ulfah, M., Mulyaningrum, E. R., & Rianto, S. (2023). Problem Based Learning Berbantuan Media Video Untuk Meningkatkan Ketuntasan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Pada Materi Sistem Pernafasan Manusia. Journal on Education, 6(1), 5982-5992.

Situmorang, R. M., Muhibbuddin, M., & Khairil, K. (2015). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem Supardi, U. S. (2015). Peran berpikir kreatif dalam proses pembelajaran matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(3), 51-97.

Suryani, N., & Fadilah, S. S. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Video untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMP Tahun Pelajaran 2016/2017. Prosiding Seminar Pendidikan Nasional Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Video Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di SMP Tahun Pelajaran 2016 / 2017 Prosiding Seminar, 41–51.

Wabula, M., Papilaya, P. M., & Rumahlatu, D. (2020). Pengaruh model pembelajaran Discovery Learning berbantuan video dan problem based learning terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Edubiotik: Jurnal Pendidikan, Biologi Dan Terapan, 5(01), 29-41.

Yuanta, F. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Trapsila : Jurnal Pendidikan Dasar 1(2), 91–100.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Rahayu, S. F. . (2023). IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS XI 2 DI SMA KESATRIAN 2 SEMARANG. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 3737–3743. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5704

Issue

Section

Prosiding 2023