PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MENGANALISIS KAIDAH KEBAHASAAN TEKS LHO PADA KELAS X SMK NEGERI 2 SEMARANG.

Authors

  • Nuris Sya’adah Universitas PGRI Semarang

Keywords:

hasil belajar, kemampuan menganalisis, keaktifan, peningkatan, two stay two stray

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray dalam upaya meningkatkan keaktifan dan hasil belajar menganalisis kaidah kebahasaan teks LHO pada kelas X SMK Negeri 2 Semarang semester gasal tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan metode kuantitatif dan kualitatif. Sumber data Sumber data dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMK Negeri 2 Semarang. Berdasarkan sumber data, terdapat jumlah populasi sebanyak 12 kelas. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dalam pengambilan sampel sehingga diperoleh satu sampel kelas yang dipilih berdasarkan kelas yang digunakan untuk kegitan PPL 2. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X AKL 2 SMK Negeri 2 Semarang. Data penelitian diambil dari hasil belajar peserta didik kelas X AKL 2. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan observasi. Data kuantitatif dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dengan mencari nilai rata-rata, nilai tertinggi, nilai terendah, dan persentase untuk mengetahui peningkatan kemampuan menganalisis kaidah teks laporan hasil onservasi dan keaktifan peserta didik. Nilai rata-rata keaktifan belajar peserta didik pada siklus I sebesar 59,68 dan mengalami peningkatan menjadi 84,98 pada siklus II. Nilai rata-rata hasil belajar peserta didik pada siklus I sebesar 83 dan mengalami peningkatan kembali pada siklus II menjadi 89. Berdasarkan pemerolehan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Two Stay Two Stray mampu meningkatkan kemampuan menganalisis kaidah kebahasaan teks laporan hasil observasi kelas X SMK Negeri 2 Semarang.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Sya’adah, N. . (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MENGANALISIS KAIDAH KEBAHASAAN TEKS LHO PADA KELAS X SMK NEGERI 2 SEMARANG. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 182–191. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4788

Issue

Section

Prosiding 2023