Strategi Pembelajaran dengan Media Interaktif untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik SMK Negeri 1 Bawen

Authors

  • Anik Fitri Astuti Anik Fitri Astuti Universitas PGRI Semarang
  • Muhammad Syaiful Hayat
  • Atip Nurwahyunani
  • Zubaidah Gesit Cahyati

Keywords:

Motivasi Belajar, Media Interaktif, Quizizz, Zep Quiz

Abstract

Rendahnya motivasi belajar siswa kelas XI ATPH C SMKN 1 Bawen menjadi tantangan dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan meningkatkan motivasi belajar melalui strategi berbasis media interaktif. Penelitian dilakukan sebagai Penelitian Tindakan Kelas (PTK) selama dua siklus dengan 36 siswa sebagai subjek. Instrumen yang digunakan meliputi angket, observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil menunjukkan peningkatan motivasi belajar dari 67,2% (siklus I) menjadi 79,4% (siklus II), dengan peningkatan tertinggi pada aspek presentasi kelompok. Media interaktif seperti diagram alur, flash card, Quizizz, dan Zep Quiz terbukti efektif dalam meningkatkan partisipasi dan antusiasme siswa. Disimpulkan bahwa penggunaan media interaktif mampu menciptakan pembelajaran yang lebih aktif, menyenangkan, dan bermakna.

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik (Revisi ed.). Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2015). Media pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Kustandi, C. dan B. Sutjipto. (2011). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Ghalia Indonesia

Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Konsep Dan Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran Bagi Pendidik Di Sekolah Dan Masyarakat. Jakarta: Prenada Media Group.

Mayer, R. E. (2009). Multimedia learning (2nd ed.). New York: Cambridge University Press. Minarti, I. B., Nurwahyunani, A., Anisa, L. N., Widodo, D. K., Kusumaningtyas, R. C., Septiani,

F. D., & Savitri, S. A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran PBL dalam Mengembangkan Berpikir Kritis, Keaktifan, dan Hasil Belajar Siswa. NUMBERS: Jurnal Pendidikan Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam, 1(3), 56-63.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi penelitian kualitatif (Revisi ed.). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Munawir, M., Rofiqoh, A., & Khairani, I. (2024). Peran media interaktif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran SKI di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 9(1), 63–71.

Nisa K., & Aryanti, L. D. (2024). Penggunaan media interaktif terhadap motivasi belajar siswa.

Jurnal Manajemen Pendidikan dan Keislaman, n.n(n.n), 31–37.

Nurwahyunani, A., & Artharina, F. P. (2014). Pembelajaran Berbasis Bioedutainment pada Mata Kuliah Pengetahuan Lingkungan. Bioma: Jurnal Ilmiah Biologi Vol. 3, No. 2, Oktober 2014, Hal. 38-49.

Pramana, A., Yeremia, Y., Fernando, R., & Simatupang, D. N. (2025). Implementasi Project Based Learning untuk meningkatkan minat belajar siswa di SD 12 Langkai Palangka Raya. Jurnal Teologi Injili dan Pendidikan Agama, 3(1), 45–50.

Purwanti, P., Hayat, M. S., Sulistya Dewi, E. R., & Roshayanti, F. (2024). Analisis keterampilan berpikir kreatif siswa kelas VIII SMPN 1 Jumo dalam pembelajaran IPA. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 16(1), 17–24.

Rachmawati, R. C., & Diningsih, E. (2021). Pengenalan Sosio Scientific Issue secara Daring terhadap Kemampuan Penalaran Siswa. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, Vol. 15, No. 1, Juni 2021, pp. 31-36.

Rahman, H., Faisal, M., & Syamsuddin, A. F. (2024). Meningkatkan motivasi belajar peserta didik melalui model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan multimedia interaktif. Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan, 9(1), 12–24.

Riduwan. (2013). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta. Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2017). Organizational behavior (17th ed.). Boston, MA:

Pearson.

Sardiman, A. M. (2012). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Schunk, D. H. (2012). Learning theories: An educational perspective (6th ed.). Boston: Pearson. Sudjana, N., & Rivai, A. (2005). Media pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D.

Bandung: Alfabeta.

Uno, H. B. (2011). Teori motivasi dan pengukurannya: Analisis di bidang pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Warti, E. (2016). Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa di SD Angkasa 10 Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 177-185.

Winkel, W. S. (2009). Psikologi pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.

Wulandari, R. M., Widyaningrum, L., & Arini, L. D. D. (2021). Pengaruh Inovasi Cerdas Pada Sistem Muskuloskeletal Melalui Media Pembelajaran Interaktif Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5)

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Anik Fitri Astuti, A. F. A., Muhammad Syaiful Hayat, Atip Nurwahyunani, & Zubaidah Gesit Cahyati. (2024). Strategi Pembelajaran dengan Media Interaktif untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik SMK Negeri 1 Bawen. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 2503020364. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7324

Issue

Section

Agri Bisnis dan Tanaman

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.