Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Diferensiasi Kelas IV SDN Pandeanlamper 03

Authors

  • Devy Anggraini Universitas PGRI Semarang
  • Ngurah Ayu Nyoman Murniati Universitas PGRI Semarang
  • Martatik SDN Pandeanlamper 03

Keywords:

Hasil belajar, PBL, Diferensiasi

Abstract

Rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika disebabkan oleh kurang fokusnya peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran, Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 4 B pada mata pelajaran Matematika dengan menggunakan model problem based learning (PBL) berbasis pembelajaran diferensiasi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang melibatkan 26 peserta didik dengan variable terikat motivasi belajar dan variable bebas penggunaan model PBL berbasis Diferensiasi. Instrument dalam penelitian ini adalah observasi dan tes evaluasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif yang menunjukkan bahwa peserta didik mengalamai kenaikan pada hasil belajar peserta didik persentase keberhasilan dari pra siklus 38%, siklus I 65 % dan siklus II 92%. Dengan prasiklus 10 peserta didik tuntas, Siklus I 17 Peserta didik tuntas dan Siklus II 24 Peserta didik tuntas. artinya terjadi peningkatan hasil belajar belajar peserta didik kelas 4 B SDN Pandeanlamper 03 pada mata pelajaran Matematika materi bangun datar dengan menggunakan model PBL berbasis diferensiasi.

References

Azizahanisatul. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Dalam Pembelajaran. Auladuna. Prodi Pendidikan Guru Mi, 3(1), 15-22.

Dina Aprianitahir, Irma Suryani Rizkimuhammad.(2023). Penerapan Problem Based Learning Untuk meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Di Kelas Iv Sdn 19 Mataram 2022/2023. Journal Of Science Instruction And Technology, Vol. 3 No. 1. 2023: 24-30.

Kholil, Mohammad. (2020). Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Matematika Siswa Madrasah Ibtidaiyah Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi. Journal of Prymary Education, vol1, no 2, Juni 2020:151-168.

Marlina, (2019). Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. Padang: PLB FIP UNP.

Septyana, Elsa, Nika Dewi Indriyanti, dkk. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Boga 1 SMK di Semarang pada Materi Program Linear. Jurnal Sains dan edukasi Sains, Vol.6, No.2, Agustus 2023: 88.

Siregarsafa’atasep. (2019). Problematika Dan Tantangan Pendidikan Kita. Indonesia: Guepedia.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Jakarta: Alfabeta.

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia Oleh. April, 29–39.

Suseno, Wawan, dkk (2017) Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa kelas VIII Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Dengan Pembelajaran Kooperatif TGT. Journal Pendidikan, Vol 2, 1298-1307.

Susila, Komang Dedik, Gusti Ayu Istri Aryasuari.(2023) Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada ESP Dalam Kemerdekaan Belajar. Jurnal Widya Balina Vol 8 No. 1 585-592.

Suwartiningsih, S. (2021). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan di Kelas IXb Semester Genap SMPN 4 Monta Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 80–94. https://doi.org/10.53299/jppi.v1i2.39

Widiasworo, E. (2018). Strategi pembelajaran edu tainment berbasis karakter (1st ed.). Yogyakarta, Indonesia: Ar-Ruzz Media

Downloads

Published

2025-01-06

How to Cite

Anggraini, D., Murniati, N. A. N., & Martatik. (2025). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Diferensiasi Kelas IV SDN Pandeanlamper 03. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 59–66. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/6372

Issue

Section

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Most read articles by the same author(s)