23. Penerapan Media Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 1 di SD Negeri Pati Lor 03

Authors

  • Erik Mukminin Universitas PGRI Semarang
  • Qoriati Mushafanah Universitas PGRI Semarang
  • Ngarisih SDN Pati Lor 03

Keywords:

media, visual, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada fakta bahwa masih banyak siswa kelas I di SD Negeri Pati Lor 03 tidak mengerti materi Bahasa Indonesia yang telah dijelaskan oleh guru. Masalah dari penelitian ini adalah “apakah penerapan media visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas 1 di SD Negeri Pati Lor 03?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas I di SD Negeri Pati Lor 03 dengan menggunakan media visual. Penelitian ini dilakukan antara bulan maret-juni 2023 dengan menggunakan penelitian Tindakan kelas(PTK) dengan 2 siklus. Subjek dari penelitian adalah siswa kelas I dengan jumal 25 siswa, 14 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan.Penelitian ini membuat jumlah siswa yang mencapai nilai KKM mengalami peningkatan yang amna dari pra siklus jumalh siswa mencapai KKM adalah 10, pada siklus I mengalami peningkatan total 19 siswa yang berhasil mencapai nilai KKM hingga siklus II berhasil membuat 23 siswa dari total 25 siswa mendapatkan nilai KKM. Selain itu rata-rata hasil belajarpun mengalami peningkatan dari pra siklus hanya 66,6 mengalami peningkatan siklus I menjadi rata-rata 77,4. Pada siklus II juga mengalami peningkatan dari siklu sI 77,4 menjadi rata-rata 87 di siklus II. Data tersebut adalah bukti bahwa media visual berhasil meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas I di SD Negeri Pati Lor 03.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Mukminin, E., Mushafanah, Q., & Ngarisih. (2023). 23. Penerapan Media Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 1 di SD Negeri Pati Lor 03. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 189–198. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/3965

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)