Penerapan Model Problem Base Learning Berbantuan Padi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV

Authors

  • wiwit listiyoningrum UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

Keywords:

Hasil Belajar, PBL, Padi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Tambakrejo 01 Semarang melalui penerapan model Problem-Based Learning (PBL) berbantuan media PADI. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa setelah penerapan model PBL berbantuan PADI. Siswa lebih aktif terlibat dalam proses belajar dan pemahaman mereka terhadap materi pelajaran meningkat. Faktor-faktor yang mendukung keberhasilan ini meliputi keterlibatan aktif siswa dalam pembelajaran, penggunaan media yang menarik, dan relevansi konteks pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari. Disarankan agar model PBL berbantuan media PADI diterapkan secara lebih luas di sekolah-sekolah lain untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian lanjutan dengan cakupan yang lebih luas dan waktu yang lebih panjang diperlukan untuk mendapatkan hasil yang lebih komprehensif

References

Aisy, A.R., & Hakim, D.L. (2023). Kemampuan Berfikir Komputasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Pola Bilangan. Didactical Mathematics.

Dede Anggiana, A. (2019). IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA. 2.

Diyas, S.D. (2012). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS VIII SMP NEGERI 5 SLEMAN.

Esema, D., Susari, E., & Kurniawan, D. (2012). PROBLEM-BASED LEARNING. Sprachwissenschaft, 28, 167-174.

Giri, Y. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (Penelitian Tindakan Kelas Di Kelas IX SMP Negeri 20 Bandung). Educatif Journal of Education Research.

Hasan, H. (2023). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Materi Mengenal Satuan Kecepatan, Jarak, dan Waktu melalui Pembelajaran Matematika Realistik di Sekolah Dasar Negeri Kedungcaluk I Kecamatan Krejengan. Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP).

Indriani, N., Aisyah, A.N., & Elok, F.N. (2021). Pembelajaran Satu Arah Menyebabkan Pembelajaran Matematika Tidak Bermakna. Jurnal Amal Pendidikan.

Kuswandari, M. (2013). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA SMA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI PENGUKURAN BESARAN FISIKA.

Lestari, D., Malik, M.N., & Rahman, E.S. (2020). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PADA MATA KULIAH PERANGKAT KERAS PRODI PTIK JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. Jurnal Media Elektrik.

Lubis, N.A., & Umar, A. (2022). Pengenalan Konsep Matematika pada Anak Usia Dini. Seulanga : Jurnal Pendidikan Anak.

Martono (2012). Strategi Pembelajaran (Pengantar Kajian Pembelajaran Efektif).

Nabillah, T., & Abadi, A.P. (2019). FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA HASIL BELAJAR SISWA.

Nainggolan, D.H., Sidabalok, N., & Aritonang, E. (2022). Pengaruh Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Elektriese: Jurnal Sains dan Teknologi Elektro.

Nisa, A.F., & Asmarani, D. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika: Studi pada Siswa Kelas VIII pada Materi Relasi dan Fungsi. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika.

Nurhidayat, W., & Nana (2021). MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL): KAJIAN LITERATUR.

Rohmatika, A., Puput Arianto, & Putra, R.M. (2020). STUDI PENGGUNAAN APLIKASI PADLET PADA KELAS MENULIS. NIVEDANA : Jurnal Komunikasi dan Bahasa.

Sukmawarti, & Pulungan, A.J. (2020). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA SD BERNUANSA RUMAH ADAT MELAYU.

Supriadi, S., & Arisetyawan, A. (2020). Pembelajaran Etnomatematika Sunda melalui Permainan Endog-endogan dan Engklek untuk Siswa Sekolah Dasar dalam Materi Pecahan.

Syamsinar, S., K, G., Asmawati, A., & Ahmad, A.K. (2023). MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education.

Tuhuteru.docx, H.F., Kandori, I., & Lempas, J.D. (2023). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMP NEGERI 4 KAIRATU DESA HATUSUA KECAMATAN KAIRATU KABUPATEN SERAM BAGIAN BARAT. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi.

Wilianggi, P., Riwayati, S., Jumri, R., Ramadianti, W., Ariani, N.M., Risnanosanti, & Syofiana, M. (2023). PENGGUNAAN ALAT PERAGA BANGUN DATAR SEGIEMPAT PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI SDN 190 BENGKULU UTARA. Setawar Abdimas.

Yustianingsih, R., Syarifuddin, H., & Yerizon, Y. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas VIII.

Downloads

Published

2025-01-10

How to Cite

listiyoningrum, wiwit. (2025). Penerapan Model Problem Base Learning Berbantuan Padi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 440–447. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/6237

Issue

Section

Pendidikan Guru Sekolah Dasar